Share

PART 2

“Mau kemana, Dan? Kok rapi banget malam ini?” tanya Stella Syaqila, ibu dari Saidan Pratama Putra.

“Mama kepo aja deh. Emangnya Idan nggak boleh rapi kalau di rumah?” sahut Saidan, balik bertanya.

Tentu saja Stella geregetan dengan sang putra, “Kamu tuh selalu begitu. Kalau Mama tanya, pasti balik tanya lagi. Mama ini tanya serius kali, Mas. Nggak lagi becanda soalnya Tante Tyas mau datang sama anak ceweknya ke sini,” lalu menjelaskan alasan mengapa ia menghampiri Saidan di kamar.

Saidan pun terkejut dengan apa yang ibunya katakan, lalu ia mencoba mencari tahu apa maksud dari omongan ibunya barusan, “Emangnya Tante Tyas itu siapa, Ma? Terus apa hubungannya sama Idan? Itu ‘kan acara para perempuan. Jadi ya Mama sama Nasha aja yang temenin itu Tante Tyas ngobrol. Biar pas, kan? Ibu-ibu sama anak ceweknya ngumpul gitu deh,” sebab ia sudah memiliki janji untuk kopi darat dengan Julia Malika Kuncoro, gadis yang tak sengaja ia kenal saat sedang bekerja tadi siang.

Sayangnya Stella Syaqila adalah sosok ibu yang selalu dituruti kemauannya, namun ia juga merupakan sosok perempuan yang sedikit ceroboh “Aduh, Idan. Papamu itu udah jodohin kamu sama anaknya Om Bambang dari masih kecil. Jadi kamu har—”

“Apa?! Dijodohkan sama aku? Nggak mau, Maaa...! Aku ini udah bukan anak kecil lagi. Aku udah kerja dan bakalan menikah sama wanita yang aku cintai, Ma. Ogah!” sehingga ucapan ceplas ceplos itu, sukses membuat Saidan terkejut.

Pria itu menolak mentah-mentah hal yang selalu ia anggap super terburuk dalam hidupnya mentah-mentah.

Akan tetapi Stella berusaha menjadikan Angga Pratama Putra sebagai bahan pertimbangan untuk putranya, “Tapi kasihan Tante Tyas, Idan. Om Bambang itu baru meninggal dunia sebulan yang lalu dan sempat tanya ke Papa soal perjodohan kalian berdua itu. Jadi amanat ini pasti bakalan dilaksanakan Papamu. Tahu ‘kan seperti apa Papa? Mama aja nggak berani ngelawan kalau Papa udah ngomong apa. Takut masuk neraka kalau nggak menurut apa kata suami, Nak,” lalu Saidan pun mengeluarkan nafas panjang dari mulutnya.

“Ya udah terserah Mama sama Papa aja deh. Idan mau ngomong apa juga nanti sama kayak yang Mama bilang tadi. Dulu Idan mau masuk sekolah musik, Papa nggak setuju sampai ambil segala ATM sama mobil. Idan kerja di tempat yang sekarang, sampai hari ini dipaksa keluar buat ngurusin truk-truknya Papa,” kemudian ia mulai berkata panjang lebar, “Jadi karena aku belum siap ngurusin usaha yang Papa rintis itu, maka biar deh jodohku dipilihkan aja. Nggak sempet juga aku pacaran lagi, Ma. Kerjaan di kantor kadang bikin aku pulang malam. Cumaaa...” namun di ujuang kalimat, ia sedikit menggantungkan ucapannya dan membuat ibunya menjadi penasaran.

Mereka lantas terlibat pembicaraan serius dengan sejumlah bumbu kelucuannya, “Cuma apaan, Nak? Cuma harus yang cantik dan seksi kayak Jesika Iskandar? Aduh, Idannn... Kamu tenang aja deh ya? Ini cewek lebih seksi dari si Jesika Iskandar pokoknya mah. Rambutnya hitam panjang lagi sampai ke pantatnya. Dia—”

“Apa?! Hitam panjang sampai ke pantat? Itu cewek beneran apa kuntilanak, sih, Ma? Aduh, Idan tiba-tiba jadi merinding gila dengernya. Mama yang bener aja kalau ngomong? Manusia atau bukan dia, Ma?”

“Kuntilanak? Hahaha... Yang enggaklah, Nak. Mama udah lihat kok fotonya tadi dari WA-nya Tante Tyas. Kalau nggak percaya, nih Mama kasih liat. Tuh itu tuh.”

“Astagaaa...! Ini—”

“Iya, Saidanku sayanggg... Ini anak perempuannya Om Bambang Kuncoro dan Tante Tyas Larasati. Namanya lengkapnya Julia Malika Kuncoro, umurnya udah dua mau masuk dua puluh lima tahun dan sekarang dia kerja jadi guru honorer di SD gitu. Gimana? Cantik kan anaknya?”

“Cantik bangettt... Dia ini cewek yang mau Idan ajak kopdar sekarang kali, Ma. Kok bisa kebetulan kayak gini, sih? Aduh, Mamaaa... Makasih ya, Maaa... Makasih bangettt...”

“Apa? Kamu serius, Nak? Kok bisa kebetulan gitu? Wahhh... Mama harus cepet-cepet kasih tahu Papa sama Nasha nih. Kamu siap-siap, gih. Mama mau ke bawah juga sekalian. Takut kalau masakan Mama ada yang kurang. Soalnya ini pasti bakalan beneran heboh banget nih. Mama udah nggak sabar pengen nimang cucu!”

“Cucu? Astaga, Maaa... Baru belum juga ketemuan, Ma. Mama udah ngebet aja. Ya udah sana Mama turun deh. Idan mau telepon Julia deh. Mau kasih tahu soal—”

“Eh, jangannn... Kok malah dikasih tahu? Ntar nggak bakalan heboh dan surprise dong, Idannn... Mendingan kamu teleponnya buat ngebatalin janji kopi daratmu itu aja sama Nak Julia. Kali aja dia belum tahu kalau cowok yang orang tuanya jodohin dari kecil itu kamu, terus ada niatan buat milih menolak. Sama kayak kamu tadi tuh sebelum Mama kasih lihat fotonya Nak Julia. Bener nggak tuh?”

“Bisa jadi juga gitu. Ya udah deh ntar Idan telepon bulang gitu aja. Intinya Mama cepetan keluar dari sini, supaya Idan nggak grogi ngomong sama Julia di telepon. Gih, sana. Mama keluar ya? Bilangin sama Papa kalau Idan setuju. Titik!”

“Ciye ciyeee... Ada yang kebelet kawin nih kayaknyaaa...”

“Mama, udah ah...”

Brughhh...

“Hahaha... Cepetan teleponnya ya, Dannn... Mama juga sama kebeletnya. HAHAHA...” Lalu berakhir dengan kedua pipi Saidan yang terasa panas akibat ejekan demi ejekan frontal dari bibir cerewet Stella.

Lima belas detik Saidan berusaha menetralisir degupan jantungnya yang entah mengapa malam ini bekerja dua kali lebih cepat dari sebelumnya, lalu di detik berikutnya ia benar-benar merasa organ tubuh paling penting itu hampir melompat keluar, setelah mendengar suara Julia, “Halo, Dan? Udah sampai ya di sana? Tungguin ya? Gue masih atur damai sama Nyokap gue nih. Soalnya nggak tahu kenapa tiba-tiba aja dia malah maksa gue buat ikutan ke rumah temennya Almarhum Bokap. Padahal kan gue lagi ada janji sama lo. Tunggu sebentar nggak papah kan, Dan?”

“Eh, anu, Jul... Em, aku...” Kegugupan menghampiri Saidan dan membuatnya terbata-bata.

“Anu kenapa, Dan? Kamu ada acara mendadak juga ya? Wah, jangan gitu dong... Aku kan penasaran sama kamu. Tungguin bentar aja ya? Kamu pesan minum kek makan kek gitu dulu. Gue usahain kok bakalan samperin lo ke sana. Please, tungguin gue ya, Dan?” 

“Jul, kita ketemuannya di rumah gue aja ya? Em, soalnya co..cowok yang mau dijodohin sama Almarhum Om Bambang itu gue, Jul. Nggak papah kan ya?”

“Hah, yang bener lo? Astaga, Idannn... Jadi yang Nyokap gue maksud itu elo? Kenapa nggak ngomong dari tadi pas kita lagi chat di WA, sih, Dannn... Gue kan jadi nggak perlu bete kayak gini. Ya udah gue terima deh kalo emang elo calon suaminya. Cuma gue nggak setuju lo kerja jadi Customer Service di sono, Dan. Mendingan lo terusin deh usaha Om Angga. Kan gue kalau udah jadi istri pengennya di rumah aja ngurus suami dan anak-anak kita. Emangnya gaji CS cukup buat hidup kita nanti? Mau ya, Dan?”

“Jul, kamu itu niat mau nikah sama aku karena duit ya? Kita bahkan belum ketemu secara langsung lho, Jul? Kok yang dibahas usaha Bokap aku, sih? Aku kaget banget dengernya.”

“Eh, iya kan soalnya gueee...”

“Kamu apa? Kamu nggak mau hidup susah? Aku sendiri bahkan sama sekali nggak pernah ngerti sama kerjaannya Bokap lho, Jul. Jadi aku nggak bisa menjanjikan kamu kemewahan kalo seandainya kamu maksa aku buat terusin usaha truknya Bokap. Apa sebaiknya kamu cari calon suami yang lain aja kali ya, Jul? Mumpung kita belum ketemu beneran ya kan? Ntar kalo dipaksa malah lebih sakit daripada sekarang. Gimana? Bisa nggak?” Tetapi kemudian rasa berdebar lainnya lah yang kini menghinggapi diri Saidan, hingga membuatnya tiba-tiba saja berubah seperti seorang wanita cerewet ketika membalas ocehan Julia di ujung telepon.

“Dan, kamu marah ya? Tapi kan aku ngomong apa adanya, Dannn... Realistis kalau aku—”

Klik

Saidan bahkan dengan teganya menutup panggilan teleponnya tanpa pamit terlebih dahulu, “Nggak Nayla. Nggak Julia. Semuanya sama aja! Apa-apa yang dipikir duit. Apa-apa yang diomongin harta benda. Hadehhh... Cape deh. Gue kira dia beda sama si Nayla. Ternyata lebih parah. Belom ketemu aja udah ngomongin masalah kerjaan gue yang cuma jadi Customer Service. Apa dia nggak tahu gimana susahnya gue dapetin kerjaan itu? Gue harus diseleksi dulu, Coy! Udah sebelas dua belas kali kayak ikutan tes CPNS. Eh, seenak jidatnya aja dia bilang apa gaji gue bakalan cukup buat hidupin dia? Cewek sialan! Mendingan gue lembur deh tadi. Parahhh...!” Sebelum kembali merepet sejumlah kekesalan berikut dengan umpatan-umpatan khasnya di sana.

Kakinya lantas bergerak mondar mandir tidak jelas di depan tempat tidur besarnya sembari masih memegang ponsel di tangan kiri, 📲🔇Bip bip bip bip...📲🔇 “Etdah! Kenapa tuh cewek masih telepon aja? Nggak malu apa dia? Heh, aneh! Ogah ah. Gue ilfil beneran. Sorry ya, Sayang. Lain kali aja kita kenalannya. Biar kata lo jodoh gue juga mulut lo bikin sakit kuping. Ntar gue bilang deh sama Bokap. Biar lo bisa bebas dari perjodohan sialan ini. Kasihan orang tua gue entar. Ya kan?” Tapi tak sampai semenit kemudian Saidan harus kembali berbicara panjang lebar, setelah ponselnya bergetar menampilkan nama Julia di sana.

Saidan dengan cepat menolak panggilan telepon tersebut, dan entah mengapa hatinya terus saja membatu, untuk menentang perjodohan yang sudah direncanakan oleh kedua orang tuanya dengan orang tua Julia. 

Laki-laki itu tahu pasti hal ini akan membuat ayahnya murka kepadanya, namun harga dirinya terasa seperti diinjak-injak, jika ia harus meneruskannya.

Alhasil dengan cepat ia mengambil jaket denimnya dari gantungan pakaian yang berada tepat di belakang pintu kamarnya, lalu pergi dari kamarnya setelah meraih kunci motor sport kesayangannya juga.

Pikiran Saidan tak tentu arah untuk saat ini, dan ia mencoba untuk memperbaiki suasana hatinya dengan keluar rumah saja. Membeli sebungkus rokok di kios Mang Badrun adalah alasan yang sudah ia siapkan saat ibunya bertanya nanti, karena dirinya belum siap mengatakan yang sebenarnya, bahwa Julia tidak ingin memiliki calon suami dengan pekerjaan sebagai seorang Customer Service di sebuah Provider seperti dirinya.

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status