Share

PART 4

Saidan kini tengah berada di kos-kosan Heru, teman seprofesinya. Sekitar dua jam lalu ia datang membawa beberapa bungkus kacang kulit dan juga bir kaleng dingin, karena pikirannya sedang kusut.

Heru menerima kedatangan Saidan dengan senang hati, sebab ia juga sebenarnya sejak seminggu yang lalu memiliki modus untuk bertanya tentang Nasha Pratama Putra, adik kandung teman gilanya itu.

Akan tetapi sepertinya Heru belum bisa melancarkan rencananya itu saat ini, karena Saidan ternyata datang membawa masalahnya juga, “Lo denger nggak apa yang gue bilang tadi? Dia menghina kerjaan kita, Bro! Dia bilang kerja jadi Customer Service di Provider gitu gajinya pasti nggak bakalan cukup buat ngebahagiain dia sama calon anak-anak kami nanti. Yang bener aja! Sialan!”

Alhasil Heru Sudi Hutomo pun berusaha sebisa menjadi pendengar yang baik dengan memberinya semangat dan masukan panjang lebar, “Hahaha... Sabar, Bro. Lo yang anak orang mampu aja dikatain begitu sama cewek! Apalagi gue? Udah sering banget gue ditolak cewek gara-gara cuma kerja di restoran aja dulu tuh sebelum diterima jadi CS. Jadi mendingan nggak usah lo tanggepin omongannya. Mendingan juga lo nikmatin aja hubungan yang udah dirancang sama orang tua lo berdua. Lagian kan itu cewek yang lo taksir tadi siang kan ya di telepon? Udah saling video call lagi gue lihat kemarin sore. Jadi tugas lo ya cuma buat dia bucin sama lo, habis itu deh beres. Pasti nanti kalau udah nikah, bakalan nurut dia sama lo. Apalagi kalau sampai kalian punya anak. Rata-rata udah nggak mikir itu lagi lah. Percaya deh sama gueee...!”

“Ck! Lo ngomong apaan daritadi, sih, Her? Udah kayak Nyokap gue aja! Panjang amat persis kereta api! Bingung gue mikirnya ini!” Namun Saidan malah meledek semua ocehan Heru tersebut, karena ia tak menyangka jika teman gilanya tersebut bisa berbicara sebijak itu.

Ledakan tawa pun pada akhirnya Heru keluarkan dari mulutnya sebelum mengumpat serta mengejek, “Hahaha... Sialan! Sana gih pulang aja lo mendingan! Orang ngomong baik-baik malah diketawain. Mendingan lo angkat dulu tuh hape lo deh. Berisik tau nggak, sih, daritadi bap bip bap bip getar-getar di atas lemari gue. Taruh di lantai aja kenapa juga harus lo simpen di situ?”

Mereka berdua lantas terlibat obrolan hangat, namun tiba-tiba saja ponsel Saidan tak berhenti bergetar di atas lemari pakaian Heru, dan mimik wajah laki-laki itu pun kini berubah sedikit serius, “Itu karena yang telepon pasti dari orang rumah kali, Her. Lha gue ke sini kan buat menghindari dari tuh cewek. Makanya gue simpan di situ. Males gue liat layarnya nyala melulu!”

Tawa di bibir Saidan seketika lenyap bersama dengan tangannya yang sudah membuka satu buah bir kaleng, sehingga Heru yang melihatnya pun mencoba kembali mencairkan suasana hati temannya, “Kalo gitu kan lo tinggal matiin aja hapenya kan? Daripada lo kepikiran gini. Atau lo mendingan kita kelabing aja yuk? Udah lama gue nggak mabok sambil ngeliatin cewek-cewek bugil, Bro. Tapi ya itu. Gue nggak punya duit buat masuknya. Di Malioboro mahal bangettt...! Apalagi King Cross. Bisa nggak makan tiga bulan ntar gue. HAHAHA...!”

Saidan yang merupakan tipe pria humoris, pada akhirnya kembali terbawa suasana lucu dari Heru, “Ck! Jijik lo dasar! Mesum aja dalam otak lo. Padahal kemarin kata si Fajar lo ada niatan buat ngebet adek gue ya? Ampun dahhh... Mendingan jauh-jauh deh ya? Baru lihat muka omes lo aja, Bokap gue pasti udah rusuh huru hara sana sini di rumah. Apalagi si Nasha? Nggak bakalan deh diterimaaa... HAHAHA...” Namun tanggapan yang ia berikan untuk Heru, nyatanya seperti satu ember air es untuk pria asal Jember itu.

Heru melemparinya dengan kacang kulit yang ada di depan matanya, ketika nama Nasha Pratama Putra ia dengar dari ejekan Saidan, “Sialan lo! Berisik tahu nggak? Udah deh sono mendingan lo balik. Nyebelin aja lama-lama ih!”

“Hahaha... Jangan dilemparin kali kacangnya, Oncom. Ntar makin kotor aja kosan lo ini. Hahaha!” Sehingga Saidan pun semakin terbawa suasana, apalagi jika bukan tertawa terbahak-bahak karena roman wajah Heru yang tampak memucat seketika.

Saidan yang kembali mendengar ocehan Heru, pun sempat menghentikan tawanya seketika, “Biarin aja kotor. Cepetan deh lo cabut dari sini. Gue udah nggak mood sama lo lagi. Kesel gue!”

“Idih, kesel! Hahaha... Kenapa lo kesel, Bro? Gara-gara si Nasha? Emang beneran ya apa yang si Fajar bilang di kantor kemarin? Emang lo kenal Adek gue dari mana? Kalian udah pernah ketemu apa bagaimana, sih, Her? Gue ketinggalan berita nih kayaknya.” Akan tetapi lagi-lagi ia tak dapat menahan tawanya, dan sungguh bertemu dengan Heru Sudi Hutomo, memang adalah obat terampuh untuk Saidan Pratama Putra.

Heru yang jujur menceritakan perihal Nasha pada sang Kakak, membuat Saidan pun terbawa suasana untuk bercerita sedikit tentang rumahnya, “Gue kenal Nasha gara-gara elo kali. Kan tempo hari gue jemput pas motor gede lo tiba-tiba nggak bisa hidup. Lo sendiri yang suruh. Nah pas datang itu, gue sempat pinjam kamar mandi kan efek kebelet boker, ya pas itulah kejadiannya gue hampir aja tabrakan sama adek lo. Buset dah dia masih pake handuk di badan sama rambutnya waktu itu. Jadi deh si udin gue di bawah langsung nga—”

“Kampret! Tapi lo nggak ngapa-ngapain adek gue kan, Her?!”

“Ya enggaklah. Orang pas itu gue langsung angkat dua tangan gitu ke atas. Habis dia langsung teriakin gue di situ. Gue jawablah kalo gue ini temen elo. Eh, habis itu dia langsung ngacir gitu aja.”

“Gue di mana?”

“Mana gue tahu? Di lantai atas rumah lo kali. Orang waktu itu gue datang elonya aja masih pake kolor sama singlet. Jadi ya pasti mandi kali atau apa gitu.”

“Oh, iya bener gue lupa. Kamar mandi Nasha di dalam kamarnya waktu itu tersumbat air pembuangannya, Bro. Dia, sih, malam sebelumnya sempat suruh gue perbaiki. Tapi ya lo tahu sendiri kan tempo hari kita dapat shift malam?”

“Ya iyalah. Kan agak sorean itu gue jemput lo.”

“Nah, itulah makanya dia mandi di kamar mandi luar. Buset dahhh... Pasti lo langsung tegang kan ngeliat adek gue? Orang kakaknya aja ganteng parah gini, apalagi adeknya. Ya kan ya kannn...? HAHAHA.”

“Dasar narsis lo! Udah gih sono cepetan lo pulang aja. Tuh getar-getar lagi hape lo di atas lemari gue. Ada yang penting banget kali, Dan. Mendingan lo angkat deh. Kasihan ibu atau bapak lo di rumah nungguin tuh.”

“Astaga, Heruuu...! Gue deg-degan asli deh ah! Gue nginep di sini aja deh ya?”

“Hah? Nginep lo kata? Mau tidur di mana? Kasur gue aja kecil gini.”

“Udah aman gue tidur di lantai ini aja nggak papah. Ntar kita nyari karpet kecil yang harganya lima puluh ribuan itu deh deket-deket kosan lo ini buat alas tidur gue. Gimana?”

“Astagaaa... Itu pakai seprai gue aja. Ntar lo lapis dua deh. Gitu aja kok repot. Ya udah deh gue keluar sebentar deh beli lauk. Lo belum makan kan ini? Minum bir kaleng belum makan nasi gue jadi mules tiba-tiba. HAHAHA... Maklum siang tadi gue belum makan, sih. Diet biasaaa... Biar nggak gendutan ini perut.”

“Hahaha... Parah banget lo. Ya udah deh nih gue kasih duit. Beli aja nasi padang ya, Her. Pake motor gue aja nggak papah. Tuh kuncinya di atas kasur lo. Gue tiduran dikit soalnya ini kepala nggak tahu kenapa tiba-tiba pusing sebelah.”

“Maag kali tuh, Bro. Ya udah gue cabut dulu. Tapi ya, saran gue nih. Mendingan lo angkat deh tuh telepon. Gue ini udah nggak punya ibu sama bapak lagi. Jadi kalo lo masih punya orang tua lengkap, mendingan nurut deh apa kata mereka. Penyesalan itu datangnya dari belakang, bukan dari belakang. Dengerin apa yang gue bilang ini. Ngerti nggak lo, Dan?”

“Iya iya ntar gue angkat tuh telepon. Resek deh lo. Udah cepetan sana lo pergiii...”

“Hahaha... Siap siap. Thanks ya duitnya. Malam ini gue jadi kagak makan mie instan malah makan nasi padang. Sering-sering aja begini ya, Bro. Hahaha... Gue cabut!”

“Ck! Iya, Heruuu... Iyaaa...!” Dan obrolan tersebut pun berakhir, ketika Heru pergi dari kamar kosnya untuk membeli makanan.

Selepas kepergian Heru, Saidan tentu saja mencoba memejamkan matanya karena saat itu kepalanya terasa berdenyut hebat.

Drttt... Drttt... Drttt...

“Astaga nagaaa...! Kenapa, sih, itu hape di atas sana main bergetar terusss...! Siapa lagi yang dari tadi nggak habis-habisnya gangguin gue kayak gini nih!” Tetapi ia benar-benar terganggu tatkala ponselnya kembali bergetar.

“Gue ini udah nggak punya ibu sama bapak lagi. Jadi kalo lo masih punya orang tua lengkap, mendingan nurut deh apa kata mereka.” Omongan Heru beberapa menit lalu pun ikut menjadi salah satu faktor dari sejumlah gangguan yang Saidan rasakan.

“Sialannn...! Awas ya itu telepon pas dijawab bakalan bergetar lagi ntar? Gue masukin ke dalam kamar mandinya si Heru aja ini mendingan nan— Aduh Mamaaa...! Gimana nih gue? Nggak jadi deh dijawabnya!” Namun sialnya Saidan tidak memiliki cukup keberanian, saat menatap langsung ke arah layar ponselnya.

Kata ‘Mamaku Sayang’ tertera jelas di sana lengkap dengan fotonya, sehingga yang bisa Saidan lakukan adalah secepat kilat membuka lemari pakaian Heru, dan menyelipkan benda pipih miliknya itu di antara tumpukan pakaian.

Saidan lantas bergumam setelah ia sudah menutup pintu lemari tersebut, “Maafin, Maaa... Maaf banget ini terpaksa Idan lakukan demi keluarga kita. Cewek itu aslinya matre banget! Jadi, Mama sama Papa nggak seharusnya menjodoh-jodohkan Idan sama dia.” Lalu berbaring sembari memeluk guling milik Heru adalah hal yang ia lakukan berikutnya.

Saat memejamkan mata, entah mengapa tiba-tiba bayangan saat ia melakukan video call dengan Julia kembali melintas di dalam pikirannya  begitu saja, “Maaf ya, Om Bambang. Saya nggak bisa jadi suaminya anak Om. Saya bukan orang yang suka bergantung di ketek Papa, jadi ya karena itu saya terpaksa menolak keinginan Om untuk bisa berbesan dengan Papa. Semoga Om di atas sana mengerti, dan semoga juga Julia nanti dapat suami yang kaya raya supaya dia bisa bahagia sepanjang hidupnya. Amin...” Sehingga yang dapat Saidan lakukan, tentu saja kembali bergumam. Namun kali ini suara kecilnya itu lebih tepat disebut dengan nama berdoa.

Ya, Saidan berdoa. Ia berharap semoga mendiang ayah Julia dapat mengerti dengan sikap yang menurutnya kurang ajar, karena menolak perjodohan tersebut.


Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status