Share

PART 5

Matahari kembali bersinar seiring dengan perputaran bumi pada porosnya. Heru yang terkena sinar matahari dari celah ventilasi kamar kosnya pun akhirnya terbangun dari tidur lelapnya, kemudian kehebohan terjadi di sana, setelah ia selesai melihat ke arah jam dinding, “Astaga! Udah jam berapa in— Eh buset! Jam setengah tujuh! Ya ampun! Heh, Dan! Cepetan bangun. Kita bisa telat ngantor ini. Hadeh, semua gara-gara begadang nggak jelas sama lo ini kan. Saidan, bangunnn...!”

“Aduh apaan, Ma? Idan masih ngan—”

Heru membangunkan Saidan dengan maksud agar teman gilanya itu segera pulang ke rumahnya lalu tidak terlambat ke tempat kerja mereka, “Mama mama! Gue bukan Emak lo, Saidan Pratama Putra! Gue Heru Sudi Hutomo temen gila lo yang punya kosan iniii...! Lo buka mata dulu sekarang biar bisa liat tuh di dinding udah jam berapa? Udah setengah tujuh pagi, Dan! Kita kan dapat shift pagi. Lo masuk kerja nggak nih?!”

“Hah?! Aduh duh! Seriusan ini udah jam setengah tujuh, Bro?!”

“Hooh. Tuh liat di sono.”

“Ya, gimana dong ini? Gue pinjem seragam lo aja ya satu? Sama celana lo juga kalau muat. Biar kita berangkat bareng aja dari sini, oke?” Namun Saidan sendiri lebih memilih untuk meminjam pakaian kerja Heru, karena ia sendiri belum siap bertemu dengan ibunya.

Tentu saja Heru menolak keras permintaan Saidan itu, “Ck! Seragam gue yang satunya kan udah dipakai kemarin. Ya bau keringat lha, Dan! Gue cuma punya dua biji aja yang buat dipakai hari ini. Gimana, sih. Lo pulang dul—”

“Aduh, ini udah nggak sempat lagi, Her. Lagian kan kosan lo ini dekat dari kantor. Jadi kita nggak bakalan telatlah!” Tetapi Saidan tetap pada pendiriannya, karena menurutnya hal tersebut sangat tidak efisien.

Jarak antara rumah Saidan dan kantor provider tempat mereka bekerja cukup jauh, walau ditempuh dengan menggunakan sepeda motor sekalipun. Jalanan kota Jakarta yang sudah pasti macet di pagi hari adalah maksud dari penolakan Saidan.

Pria itu juga mencoba membandingkan jarak antara kos-kosan Heru yang menurutnya masih lebih dekat daripada rumahnya, namun Heru tampaknya masih belum mengerti maksud dari ocehan Saidan, “Apaan dekat. Kemarin sore gue naik Trans jauh kali, Dan! Muter dia lewat blok M segala sebelum nyampe sini.”

Pria asal Jember itu sibuk membalas komentar temannya dengan sejumlah kata-kata, sehingga obrolan panjang pun terjadi di antara keduanya, “Ya kan karena motor butut lo rusak kemarin belom sempat diganti businya tadi malam, Dodol! Makanya semalam beli nasi padangnya pakai motor gue! Udah deh gue pinjem sini seragam lo satu, tapi yang belom dipakai ya? Lo semprot aja parfum banyak-banyak di seragam lo yang kemarin, terus beres deh bisa dipakai lagi.”

“Ogah! Lo aja yang pakai seragam gue kemar—”

“Gue kasih duit merah nih buat beli busi motor. Mau nggak lo?”

“Kurang! Tambahin lagi satu lembar yang biru sebagai ongkos lo nginep di sini sampai gue bangun telat terus lupa sholat subuh tadi!”

“Waduhhh... Sholat subuh yes, Bro?”

“Iyalah! Emang gue kayak lo! Udah mana sini duitnya kasih deh. Tuh lo cari deh sono seragamnya di dalam lemari ya? Gue mau mandi duluan, karena air dalam bak mandi gue udah tinggal setengah kayaknya. Kalo lo yang masuk duluan, bakalan apes gue nggak kebagian air. Lo kan borosnya kebangetan! Cepetan siniin duitnya?!”

“Ya ampun, Heruuu...! Lo udah kayak lintah darat aja tahu nggak? Sabar kenapa, sih!”

“Nggak bisa, Idannn... Lo itu udah berapa kali ngibulin gue! Jadi cepetan kasih duitnya. Janji adalah utang lho ya? Dan hutang harus di—”

“Dibayar! Nih, duitnya! Awas lo ya? Nggak bakalan gue kasih restu lu pacaran sama adek gue!”

“Bodo amat deh sama adek lo itu. Gue sadar diri kali, Bro. Mana mungkinlah anak orang kaya mau sama gue yang kagak punya apa-apa gini. Emang dia mau tinggal di kosan petak kayak gini, terus kemana-mana cuma pakai motor bebek. Hahaha... Udah gue mandi dulu! Ntar telat kita berdua.” Kemudian obrolan tersebut terhenti, setelah Saidan menyodorkan dua lembar uang kertas berwarna merah dan biru ke tangan Heru.

“Cepetan mandinya! Gue juga mau mandi, Bro!”

“Ashiappp...!” Heru melangkah masuk ke dalam kamar mandi sembari terkekeh keras, sementara Saidan, bergerak menuju ke kasur dan melemparkan tubuhnya di sana.

Hal itu tentu saja karena Saidan rasa kantuk masih menyelimuti dirinya, sebab semalam ia belum bisa tidur hingga dini hari lamanya. Belum lagi lantai beralas kain seprai yang ia jadikan sebagai tempat tidur, nyatanya benar-benar membuat tubuhnya sedikit kesakitan.

Jadi amat sangat wajar jika saat ini ia memilih untuk masih bergelayut manja di dunia kapuk, namun di tempat lain ada seorang wanita melakukan hal yang berbeda darinya, sejak beberapa jam lalu.

Ia membereskan beberapa potong pakaiannya ke dalam tas berukuran sedang miliknya, lalu bersiap untuk pergi dari rumah orang tuanya.

Orang itu tak lain adalah sang guru honorer bernama Julia Malika Kuncoro, “Lho, Mba? Mau ke mana?”

Gadis cantik itu sudah membuka pintu rumah dan ingin menutupnya, tetapi adiknya tiba-tiba saja bersuara, hingga membuat ia sedikit terlonjak sembari menggosok-gosok dada dengan telapak tangannya.

Lima detik Julia masih diam tanpa suara, memerhatikan pria yang sudah berpakaian rapi di depannya, sehingga Hadi yang tak sabar pun kembali bertanya, “Mba Lika mau ke mana, sih? Udah pamit sama Mama belum?”

Julia lantas menjawabnya dengan tujuan agar sang adik berhenti bertanya dan membiarkan ia pergi, “Belum. Mama masih tidur kayaknya. Mba mau balik ke kosan. Kapan-kapan aja pergi kerja dari rumah lagi. Soalnya Mba lagi kere. Jadi ya berat di ongkos kalo harus pergi pulang dari sini!” Namun ternyata apa yang gadis itu inginkan belum terwujud juga.

Hadi masih saja bertanya di sana, hingga membuat obrolan pun semakin panjang terjadi, “Kan mengajarnya bisa pinjam mobilnya Papa, Mba. Nanti aku bilang sama—”

“Nyindir nyindirrr... Emangnya kapan aku bisa nyetir mobil, hem? Gaya lo mentang-mentang bisa bawa mobil. Dasar!”

“Eh, lupa. Hehe... Kirain pas Papa masih hidup, Mba sempat diajari nyetir mobil.”

“Kalo itu emang pernah, Di. Cuma baru coba belajar dua kali aja. Habisnya kan Mba sibuk bikin tesis. Terus nggak lama pas udah lulus kuliah, pindah ke kosan deh. Jadi ya gitu. Belum mahir plus belum punya SIM.”

“Kalo motor matic gimana? Bisa nggak, Mba?”

“Bisalah.”

“SIM-nya? Udah ada?”

“Udah dong. Cuma untuk sekarang ini, Mba emang lagi nggak mood ke Sekolahan dari sini, Hadiii... Please, ngertiin Mba kali ini aja ya?”

“Tapi, Mba—”

Sejujurnya, Julia berusaha untuk tetap pergi meninggalkan rumah orang tuanya, tanpa harus bertengkar seperti tadi malam, “Hadi, tolong! Jangan halangi Mba atau apapun itu. Tempatkan diri lo di posisi gue duluan, oke? Udah gitu, baru deh lo pikir deh tuh gimana rasanya terus-terusan dipaksa sama Mama, untuk ketemuan sama cowok yang udah menolak lo. Sampai di sini udah jelas belum? Telat nih gue nanti. Minggir!”

Hadi pun mau tidak mau memilih untuk mengalah pada keinginan sang kakak, hingga ia pun mencoba mengusulkan hal lain, yang menurutnya dapat membuatnya masih bisa mencari sedikit informasi, “Oke-oke. Kalo itu yang menurut Mba Lika baik, aku bakalan bantuin supaya Mama nggak sinis lagi. Jadi sekarang aku udah dapat kesempatan buat nganterin Mba ke kosan kan? Nanti bakalan ku tungguin juga deh biar sekalian bisa anterin Mba ke Sekolahan. Mumpung aku nggak ada jadwal kuliah pagi nih, Mba. Mau kan?”

Alhasil karena memang posisi Julia saat ini sudah pasti akan terlambat menuju ke tempatnya mengajar, dengan berat hati ia meloloskan permintaan adiknya, “Ya udah deh boleh. Tapi pake motor aja. Soalnya kalo pakai mobil jam segini, pasti ntar macet parah. Lagian juga nggak bisa kita lewat jalan tikus gitu sembarangan ya kan, Di? Jadi sekarang lo ambil helm yang lainnya, karena gue maunya pake yang itu.”

“Lha itukan punyaku, Mba.”

“Ya udah kalo gue nggak boleh pake yang itu. Mendingan gue pesan Grab aj—”

“Iya deh. Tunggu sini dulu aku ambil helm sama kunci motornya. Awas aja kalo sampe Mba berani pergi duluan! Aku bakalan mogok bicara sama Mba Lika titik!”

“Widihhh... Serem juga tuh ancamannya. Hahaha...”

“Banget! Lebih seram dari omelannya Mama, Mba. Hahaha... Tungguin pokoknya. Aku sekalian mau ambil jaket di kamar.”

“Hooh. Cepetan gue udah telat!”

“Beres!” Setelah bersenda gurau beberapa menit, keduanya lantas pergi dari rumah tersebut menggunakan sepeda motor, dan kejadian tersebut sungguh membuat kerinduan Hadi terobati, sebab beberapa bulan mereka memang sedang sibuk dengan urusan masing-masing.

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status