Share

PART 6

“Udah belom, Dan? Lama banget, sih, lo mandinya? Kita bisa terlambat nih!” teriak Heru sembari memasang kancing seragam kerjanya.

Saat ini jarum jam dinding sudah hampir mengarah ke angka tujuh. Padahal tepat pukul delapan adalah batas maksimum untuk masuk kerja, tanpa kata terlambat di kantor mereka.

Hal tersebutlah yang membuat Heru sedikit terburu-buru dengan aktivitasnya, namun bagi Saidan, kehebohan itu terlalu berlebihan.

Ia keluar dari dalam kamar mandi sembari merepeti Heru pula, "Sabar dikit napa, Her. Gue kan kudu nyiduk air dulu di kamar mandi lo pake gayung. Memang ada shower? Bikin kesel aja. Capek tahu!”

Tentu saja setelahnya ocehan demi ocehan terjadi di sana dengan gaya bicaranya masing-masing.

Sejak keduanya mendeklarasikan status sebagai teman, kejadian itu tak pernah berhenti mereka lakukan, “Gue ini orang miskin yang udah nggak punya orang tua lagi, Saidan. Kalo sampai gue kena pecat, siapa yang kasih mau kasih makan gue sama bayarin kosan? Mikir dong ah mikirrr...!”

“Astaga, Her. Jangan ngomong kayak gitu terus kenapa, sih? Kan masih ada gue. Anggap aja gue ini sodara lo, bukan hanya sekedar teman doang. Ngerti nggak lo?”

“Kalo gue anggap lo sebagai calon kakak ipar gimana? Boleh ng—”

“Dasar modus! Ya udah mana deodoran lo sini gue minta dikit.”

“Ih, ogah. Masa deodoran minta? Kan bekas ketek gue. Ntar kalo habis lo pake ada kumannya gimana?”

“Kuman? Lo nggak lihat gue barusan habis mandi tadi? Pelit lo ya? Cepetan lo belikan gue deodoran deh sono di kios deket sini. Gue kagak bisa kalo habis mandi nggak pake itu. Ntar malah banjir nih ketek bukan burket lagi.”

“Ya udah mana duitnya.”

“Lha itu tadi yang gue kasih apaan? Masa lo minta lagi.”

“Yang tadi itu nggak termasuk untuk beliin lo deodoran, Bro. Itu untuk benerin motor gue biar nggak nebeng sama lo lagi.”

“Sialan lo! Beliin yang sachet aja, Heru! Harganya paling cuma goceng doang. Duit gue gede nih. Yang ada ntar malah lo palakin lagi. Udah gih cepetan sono pergi. Kalo nggak gue pake nih punya—”

“Eh, jangan! Iya nih gue pergi sekarang.”

“Ya udah sana cepetan!” Saidan maupun Heru sendiri tak pernah menampik bahwa kadang kala di antara mereka sampai terjadi perdebatan sengit, namun entah mengapa kata maaf itu akan selalu pula menyertai keduanya.

Heru lebih banyak mengalah ketika Saidan tetap pada pendiriannya, dan begitu pula sebaliknya seperti saat ini.

Saidan dengan sabar menunggu kedatangan Heru membeli sebuah deodoran untuknya, sembari sibuk memindahkan ikat pinggang ke celana baru yang ia pinjam tadi.

Tak berapa lama, Saidan kini sudah selesai memakai celana tersebut. Ia pun bersiap mengenakan seragam kerjanya. Kancing kemeja itu sudah berada di jari dan siap dimasukkan ke dalam lubangnya, namun Saidan baru ingat jika saat ini dirinya belum memakai deodoran.

Tak ayal dari mulut Saidan kembali terdengar gerutuan kecil tentang Heru yang belum juga kembali, “Ck! Tungguin dia kelamaan ih. Mendingan gue pake aja deh udah ini deodoran. Ntar malah beneran telat lagi. Kasihan juga kalo sampai si Heru dapat SP gara-gara gue. Egepelah dia mau marah apa gimana. Ntar pulang kerja aja baru gue beliin dia deodoran yang model lain. Biar nggak ketukar sama punya gue yang in—”

Akan tetapi sepuluh detik kemudian, suara Heru kembali terdengar di sana.

Isinya tentu saja adalah omelan panjang, akibat Saidan yang ternyata ingkar janji, untuk tidak memakai deodoran miliknya, “Eh, stop! Kan gue udah bilang lo kagak boleh pake yang itu. Ini nih punya lo udah gue belikan yang model roll kayak gitu juga. Lagian lo bakalan nginep di sini lagi emangnya? Nggak pulang ke rumah?”

“Nggak! Gue mau ngekos bareng sama lo—”

“Apa?! Enak aja lo. Nggak boleh!” Namun karena tadi Heru juga sempat mendengar isi gumaman Saidan, maka obrolan tersebut pun semakin panjang, dengan topik pembicaraan tinggal bersama.

Ya, Saidan memutuskan untuk ikut tinggal di dalam kos tersebut bersama Heru, karena entah mengapa ia mulai merasa nyaman menjalani hidup seperti itu.

Alhasil ia pun harus terlebih dahulu meminta izin pada Heru sebagai si penyewa kamar yang akan ia tempati, “Kenapa? Takut gue gangguin privasi lo? Emang lo udah punya cewek? Ya kali kita berdua nggak ada bedanya. HQJ alias High Quality Jomblo. Jadi, nggak akan ada masalah ya kan kalo gue mau tinggal satu kosan sama lo?”

“Kenapa lo nggak ngekos kamar sendiri aja, sih, Dan? Kan di atas masih banyak yang kosong.” Namun Heru belum juga memberikan persetujuannya saat itu. Pria asal jember itu terus saja bertanya sejumlah pertanyaan pada Saidan.

Sementara Saidan sendiri, pun dengan enteng menjawab pertanyaan tersebut, sembari sibuk memakai deodoran berbentuk roll on yang Heru belikan untuknya, “Gue males kalo harus naik sampai ke lantai tiga, Her. Lagian juga tujuan gue ngekos ya supaya elo bisa hibur gue terus.”

“Menghibur lo terus? Emangnya gue badut!”

“Hahaha... Tuh kan lucu lo banget. Maka itu juga mau tinggal di sini sama lo.”

“Dan, lo sehat? Gue masih normal ya, Bro. Gue sukanya sama cewek, bukan sama cowok! Ngerti lo?”

Sesekali Saidan tertawa keras setelah mendengar ocehan yang Heru katakan padanya, tapi ada satu hal yang membuat tawa tersebut hilang seketika, dan itu tentu saja karena seorang gadis bernama Julia Malika Kuncoro, “Hahaha... Lebay banget, sih. Gue juga nafsunya sama cewek kali. Tapi untuk kali ini gue emang perlu elo biar bisa move on dari bayangan cewek yang namanya Julia itu, Her. Tolongin gue sekali ini aja ya?”

Heru yang sadar dengan perubahan mimik wajah teman gilanya itu, dengan cepat menjawab ocehan tersebut tanpa berniat untuk menyinggung nama sang gadis, “Sekali ini lo bilang? Gue itu udah sering nolongin elo kali. Termasuk ini nih. Beliin deodoran buat lo, tapi elonya malah mau pake punya gue. Padahal kan udah gue bilang ntar kuman. Gimana, sih?”

“Ya maaf, Her. Habis lo perginya lama. Tapi kan belum sempat gue pake juga ini. So, jadi gimana? Gue boleh nggak tinggal bareng lo di sini?”

“Duit kosannya gimana? Patungan apa gue semua yang harus bayar?”

“Ya patungan dong, apalagi? Masa gue yang harus bayar semuanya mentang-mentang anak baru.”

“Bukan gitu maksud gue kali, Dan. Gue nanya aja tadi. Eh, tapi. Ntar lo tidur di mana? Kan kasur gue kecil.” Sehingga pada akhirnya Saidan pun kembali larut dalam perbincangan tentang rencana kepindahannya di tempat kos itu.

Mereka lantas membahas mengenai tempat tidur dan beberapa barang lain yang tidak memadai di sana, “Kalo itu lo tenang aja. Di rumah gue ada tuh kasur gede yang masih bagus. Dulu gue beli efek temen-temen SMA pada suka nginep di rumah. Gimana? Mantap kan?”

“Tapi lo beneran mau tinggal bareng gue di sini, Dan? Bokap nyokap lo nanti gimana?”

“Udah lo tenang aja. Gue bilang aja pulang pergi dari kantor ke rumah jaraknya jauh banget. Terus gue bilang juga duit gaji kita kecil. Kan nggak seru kalo udah kerja masih minta sama orang tua. Jadi, bokap gue pasti setuju tuh nanti sama keputusan ini. Gimana? Lo nggak keberatan kan berdua sama gue di sini?”

“Nggak, sih. Gue malah senang kalo lo mau tinggal di sini. Cuma, gue kasihan aja sama lo.”

“Kasihan gimana?”

“Kasihan kalo duit lo bakalan gue porotin nanti. Hahaha...”

“Sialan lo! Gue juga bakalan bawa kompor, panci dan peralatan dapur lainnya kali ke sini!”

“Bah! Aneh-aneh aja lo. Itu mah nggak usah lo bawa kali, Dan. Tuh, di dapur semua peralatan masaknya boleh dipake asal habis itu lo cuci bersih plus ntar kita harus tambah lima puluh ribuan pas mau bayar kosan, karena kata ibu kos duitnya buat tambah-tambah beli gas gitu.”

“Oh, gitu? Kenapa lo nggak ngomong dari kemarin. Itu lebih hemat kali, Her. Kita jadi nggak perlu beli makanan dari luar. Palingan cuma colok nasi aja pake magic com apa rice cooker gitu.”

“Gue juga maunya gitu kali, Dan. Tapi gue kagak tahu masak nasi pake alat begituan. Yang gue tahu, masak nasi pake panci. Kan ribet tuh. Mana ibu kos dulu suka ngomel lagi kalo pancinya gue pinjem buat masak nasi dengan cara begitu. Katanya ntar item semua.”

“Hahaha... Ya iyalah, Oncom. Lo yang bener aja. Dasar katrok lo. Ntar gue bawa deh magic com dari rumah. Kayaknya Mama punya lebih tuh yang ukurannya agak kecilan. Nanti gue ajarin juga lo biar tahu gimana cara masak pake itu. Cuma ya, Her. Ini dispenser lo emang gini ya modelnya? Lama banget airnya panas.”

“Udah lama ya gini, Dan. Lo kata gue anak orang kayak jadi bisa beli baru sesuka hati? Kebutuhan lain lebih penting kali daripada buat beli dispenser baru.”

“Ya udah. Ntar biar gue yang beli deh. Berarti gue boleh kan tinggal di sini sama lo, Her?” Lalu setelahnya Saidan kembali mencoba mengonfirmasi, apakah Heru benar-benar menerimanya untuk tinggal satu kamar kos dengannya atau tidak.

Heru pun secepat kilat mengganggukkan kepala seraya memberi keputusannya, namun jangan berharap jika ia akan berhenti berceloteh, “Iya, boleh. Yang penting lo nggak resek aja ntar. Soalnya ibu kos sini suka negor orang-orang yang nyetel musik terlalu keras tuh. Jadi ya kalo misalnya besok-besok lo ada niat buat bawa speaker aktif ke sini, gue saranin mendingan lo beli sekalian sama earphone deh. Biar aman nggak kena damprat sama tuh emak-emak. Bisa kan?”

Heru bercerita sedikit tentang kebiasaan ibu kos yang suka memarahi anak kos akibat memutar musik terlalu keras, sehingga Saidan pun berusaha menenangkannya, “Beres itu mah. Lagian juga gue lebih suka main mobile legend kali daripada dengerin musik. Jadi lo tenang aja deh ya?”

Karena saat itu Saidan berbicara sembari mengikat tali sepatu, akhirnya Heru pun sadar seketika jika mereka harus segera pergi bekerja.

Heru berusaha mencegah Saidan untuk tidak berbicara tentang rencana mereka lagi, “Ya udah, oke. Sekarang kita udah bisa goes ke kantor belum nih?”

“Iya, udah. Bawa gih helm lo. Ntar pulang baru kita beresin motor lo dulu, terus lanjut ke rumah buat angkutin kasur sama barang-barang gue yang lainnya ya?” Tapi nampaknya ia sendiri yang kini merasa malu pada Saidan, sebab teman gilanya itu lebih peka daripada dirinya.

“Hooh. Beres itu mah. Yang penting asoi!”

Saidan bahkan sudah rapi dan bersiap untuk turun ke tempat parkir untuk memanaskan motor besarnya, hingga Heru pun mau tak mau segera memasang kaos kakinya, “Hahaha... Dasar, Oncom. Ya udah lo pake sepatu gih. Gue tunggu di bawah sekalian panasin motor.”

“Eh, lo tapi jangan kenceng-kenceng ya ngegasnya, Bro. Inget yang gue bilang soal ibu kos tadi tuh.”

“Astaga! Iya iyaaa... Bawel banget, sih, lo! Udah deh buruan pake tuh sepatu. Udah jam berapa tuh coba lo lihat di dinding?”

“Ya ampun! Udah mau setengah delapan? Sisa setengah jam lagi, Dan?”

“Makanya cepetan! Ngomong aja terus! Gue cabut duluan baru tahu rasa lo! Bye.” Saidan meninggalkan Heru sembari memasang helmnya yang berukuran besar hingga menutupi seluruh wajah, ketika berada di undakan anak tangga.

Ia lantas berjalan turun ke bawah, lalu tak sengaja mencuri dengar sebuah percakapan antara seorang laki-laki dan perempuan, “Cepetan ya, Mba? Aku tunggu di sini aja.”

“Iya, tunggu di situ aja. Nggak lama kok.”

Perempuan itu berjalan sembari memperhatikan anak tangga, namun saat mereka hampir berpapasan, ia kembali mengangkat kepalanya.

Di waktu itulah Saidan merasa kedua kakinya lemas seketika seperti semangkok puding, karena ia sangat mengenal siapa perempuan yang akan naik ke lantai dua tersebut.

Tak urung ia pun bergumam dari balik helm besarnya sembari sibuk menatap ke atas, “ASTAGA! Itu kan cewek yang kata Mama mau dijodohkan sama gue! Kok dia bisa ada di sin—”

“Eh, si cantik udah datang. Selamat pagi, Malika. Mas Heru kira kamu nggak bakalan tinggal di kosan ini lagi.” Namun gumaman Saidan terpotong akibat mendengar suara Heru yang begitu bersemangat.

Teman gilanya itu dengan santai menyapa perempuan yang ia tahu bernama Julia Malika Kuncoro, bahkan mereka berdua terlihat saling melemparkan senyuman, “Eh, Mas Heru. Ya nggaklah, Mas. Aku kemarin balik ke rumah karena ada urusan dikit ko sama Mama. Tapi urusannya udah kelar. Jadi ya gitu deh. Balik lagi tinggal di sini. Mau ngantor tho ini?”

Hal tersebut entah mengapa menyulut sesuatu dari dalam diri Saidan, bahkan kedua kakinya tanpa sadar kembali melangkah naik, ke tempat di mana Heru dan Julia berada.

Heru yang merasa sedikit aneh, pun dengan cepat menjawab pertanyaan Julia sembari menyebutkan nama Saidan, karena ia pikir temannya itu ingin mengajak perempuan tersebut berkenalan, “Hooh ini sama temenku si Saidan. Udah ken—”

Akan tetapi omongan Heru lebih dulu dipotong oleh Julia, yang saat itu menampakkan ekspresi sangat terkejutnya, “Saidan?”

Ya, Julia dengan jelas memperlihatkan kerutan di kening datarnya sembari menatap lekat ke arah Saidan yang masih mengenakan helmnya.

Karena Heru merasa ada sesuatu di antara mereka berdua, maka ia pun dengan gamblang menyebutkan nama lengkap Saidan sembari menarik ke atas helm yang dikenakan teman gilanya, “Iya, Saidan Pratama Putra namanya orang asli Jakarta juga. Sut, Dan! Lo kenapa diem aja? Itu tuh ada cewek kosan sini mau kenalan sama lo. Sini gue bantuin buka helm mas—”

Dari situlah akhirnya satu persatu teka teki dalam isi kepala Heru mulai terjawab, “Mas Idan? Kok Mas ada di sini?”

“Eh, maaf. Siapa ya?”

“Hah? Aku—”

“Dia cewek yang tinggal di sebelah kosan gue kali, Bro. Lo dari tadi nggak geh ya sama omongan gue? Namanya Mal—”

“Julia Malika Kuncoro nama asliku, Mas Her. Kali aja kemarin ada yang lupa sama itu. Aku duluan ya, Mas? Ntar telat ngajar anak-anaknya. Permisi.” Terlebih saat Julia juga menyebutkan siapa nama lengkapnya.

Heru sejujurnya kaget dengan kenyataan jika Julia yang awal berkenalan menyebutkan namanya adalah Malika itu, adalah perempuan yang dijodohkan oleh kedua orang tua Saidan.

Ia mencoba untuk memastikan pada Saidan dengan bertanya, “Heh? Siapa tadi bilang, Dan? Ju..julia Malika Kuncoro? Kayaknya pernah dengar nama it—”

“Iya, Her. Itu dia cewek yang gue bilang mau dijodohkan bokap nyokap semalem. Ya Tuhannn... Kenapa bisa kayak gini, Bro? Dia ternyata tipe gue banget. Perfect! Gimana dong ini?” Lalu hasilnya pun membuat ia sedikit shock.

Jujur saja, Julia sendiri adalah wanita yang sempat ia dekati sebelum dirinya tak sengaja bertemu dengan Nasha, adik kandung Saidan.

Mulutnya pun tanpa sengaja bergumam sesaat setelah ia mengetahui kenyataan dari bibir Saidan, “Lha, gimana dong? Dulu inceran gue juga tuh cewek sebelum kenal adek lo!”

“Geblek! Jangan coba-coba lo deketin dia lagi ya, Her! Gue cincang lo ntar!” Sehingga Saidan pun dengan cepat berseru, mengatakan ketidaksukaannya.

Ledakan tawa, begitu saja keluar dari pita suara Heru diikuti dengan ejekan khasnya, “Hahaha... Idih, takuttt... Kok malah respek, sih?”

Saidan yang kesal berusaha membalasnya, “Ck! Pokoknya lo nggak bol—”

“Mas Heru, kok masih di sini? Katanya mau kerja? Aku duluan ya, Mas. Adekku si Hadi nungguin soalnya di bawah. Bye, Mas Heru...” Namun Julia memotong kalimat Saidan, dan membuat pria semakin salah tingkah.

Julia dengan penuh percaya diri melontarkan kata perpisahan pada Heru dan bersiap melangkah kembali ke lantai satu, tetapi si tetangga kos tersebut secepat kilat membalas kata-katanya, “Mas Saidan nggak di bye juga nih, Lik?”

Sejujurnya Heru dengan sengaja melakukan hal itu untuk mengetahui apakah Julia memiliki percikan yang sama seperti Saidan atau tidak, “Ah, iya lupa. Bye, Mas Idan... Hati-hati di jalan. Assalamualaikum, Mas.”

Deg

Jawabannya pun sudah ia ketahui saat Julia selesai berbicara, dan Heru benar-benar tak dapat menahan senyumannya sembari berkata-kata, “Wa'alaikumsalam... Akhirnya terjawab sudah! Satu sama ini sebenarnya, Bro! Dia juga ada rasa lho sama lo. Cuma lo aja yang bego. Cewek kayak si Malika gitu dibiarkan lewat. Kalo gue jadi elo—”

Obrolan pendek pun terjadi di sana bersama degupan jantung Saidan yang masih belum bekerja seperti semula, “Cukup, Her. Kita udah terlambat. Ayo berangkat cepetan!”

“Lha, motornya nggak dipanasin dulu nih?”

“Nggak usah! Ntar gue kehilangan jejak.”

What? Jejak apaan nih, Bro? Jejak cinta? Hahaha... Kita udah telat kali, jangan macam-macam lo. Kalo emang lo mau tahu di mana dia ngajar, gue bisa kasih tahu lo karena itu sekolahan nggak jauh dari sini.”

“Yang bener lo?”

Yang rata-rata isinya adalah guyonan demi guyonan buatan Heru, dengan tujuan untuk mengganggu teman gilanya itu, “Suwer tekewer-kewer, Bray... Yuk ah berangkat. Ntar pulang kerja aja baru lo beraksi, karena gue yakin dia bakalan balik ke kosan setelah habis ngajar. Gimana? Setuju kan sama ide gue?”

Akan tetapi Saidan sama sekali tak terkecoh untuk ikut tersenyum lebar seperti Heru. Pria itu bahkan tiba-tiba merasa sangat menyesal dengan tindakan yang sudah ia lakukan semalam, “Ck! Iya deh. Pusing kepala gue.”

Terlebih lagi saat ini Heru terus saja menertawakan kebodohannya menolak seorang Julia Malika Kuncoro, “Emang gitu kata nenek gue, Dan. Penyesalan itu pasti datangnya belakangan, karena kalo datangnya di depan namanya pendaftaran. Hahaha... Sabar ya, Bro? Gue bantuin kok tenang aja. Hahaha...”

“Sialan! Pasti UUD. Ujung-ujungnya—”

“Duit? Ya iyalah, Cin. Kencing aja bayar dua ribu gitu lho. Mana ada yang gratis di dunia ini. Hahaha...”

Alhasil yang bisa Saidan lakukan adalah secepat kilat naik ke atas motor besarnya, “Kampret! Udah ah, ayo ngantor. Ngakak aja lo terus. Naik Gojek nih ya?”

Tentu saja Heru juga melakukan hal yang sama seperti Saidan, karena motor bebek miliknya masih dalam keadaan rusak, “Ampun, Bro! Ampunnn... Yuk kita came on! Let's go...!”

Mereka berboncengan melewati jalan demi jalan di ibu kota, namun Heru beberapa kali memancing Saidan untuk membahas tentang Julia, “Tenang aja, Bro. Lo nggak usah mikir aneh-aneh deh pokoknya ya? Gue pasti ngeban—”

Saidan yang kesal pun terpaksa mengancam Heru, "Bisa nggak lo berhenti ngoceh, Her?! Gue turunin lo di sini lo ntar!”

“Astaga, Dan. Galak bener jadi or—”

“Gue serius ini! Diem nggak lo?”

“Iya deh iya. Udah diem nih gue.” Sehingga Heru pun pada akhirnya diam, dan tidak lagi berbicara sepatah kata pun.

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status