Share

Dua : Rindu Soto dan Suasananya

Jika surga di telapak kaki ibu, bagaimana kalau dibalik neraka di tangan mantan? Agar Neta bisa menghanguskan mantannya yang rese ini. 

"Ehem. Maaf kamu tidak sopan, saya dosen di sini." Neta langsung mendorong Darris. Kenapa harus kampus ini? Padahal ayahnya bisa memilih kampus lain, memang sia-sia saja. Padahal, padahal Neta sudah melupakan si tengil ini. Tapi kembali berdiri di hadapannya dengan senyum andalan yang sangat menyebalkan seperti ini. 

"Aku udah tahu kok sayang. Itu suatu kebanggaan buat aku, selamat ya." Mata Neta hampir lepas dari sarangnya saat Darris mencium pipinya. Ya Tuhan anak ini benar-benar. Bagaimana memukul kepala Darris agar laki-laki ini sadar? 

"Aku teriak nih, pelecehan." ancam Neta. Darris makin terkekeh. Tak menyangka mantan pacar akan semakin bening dan dewasa seperti ini. Mana wanginya bisa-bisa bikin khilaf. Jujur, Darris pernah berciuman. Karena bundanya selalu memberi wejangan. 

"Kamu boleh pacaran, tapi jangan sampai cium bibir. Kalau nggak mau, bunda sunat bibirnya pakai sengatan lebah." ancam Bunda Darris. Si bungsu di keluarga raja hutan langsung bergidik ngeri. Bundanya masih saja kolot. Apa salahnya ciuman? Walau ciuman bisa menyebarkan penyakit, tapi jika dilakukan atas cinta suka sama suka maka akan semakin membuat ketagihan. Ya, Darris hanya tahu sebatas teori. 

"Bunda aku sering nanyain kamu." 

"Aku aja tak kenal bunda kamu." jawab Neta sengit. Darris makin terkekeh. Benar juga, mungkin setelah ini ia bisa mengenalkan calon istrinya pada calon mertua. Ia yakin, bundanya pasti jatuh cinta dengan kecantikan Neta apalagi ia terlihat begitu dewasa sekarang. 

"Ciee... Kode minta dihalalin. Sabar dong, abang kan belum lulus. Entar lulus kerja, ngumpulin uang dulu. Baru kita nikah." Neta memadang lawannya. Bahkan jika detik ini ia meminta orang tuanya menikah tentu mereka akan mengabulkan tapi dengan banyak syarat. Siapa orangnya? Kaya tidak? Turunan siapa? Keluar kayu jati juga? Atau sudah bangun berapa perusahaan? Bukan seperti ini yang bahkan belum lulus kuliah. 

Neta menggeleng, kenapa ia harus memikirkan si tengil ini? Darris takkan pernah masuk daftar calon menantu potensial. Bukan mau meremehkan, tapi Neta yakin keluarga Darris hanya keluarga yang ingin sesuatu harus menabung dulu. Bukan seperti dirinya. 

Wanita itu mendorong Darris dan berlalu pergi ke ruangannya. Tak ada hal yang menyenangkan di dunia ini. Selalu berjalan monoton. 

Neta mulai membuka laptop, mungkin ia bisa reschedule kehidupan sehari-hari yang akan ia jalani. Satu hal yang Neta syukuri dari orang tuanya adalah, mereka tidak menuntut dirinya untuk bekerja di perusahaan malah sebagai tenaga pengajar yang artinya orang tuanya sangat peduli pada lingkungan. 

Mungkin saat ada waktu luang, Neta bisa mengunjungi tempat terpenci dengan fasilitas pendidikan yang sangat menyedihkan dan bisa ia sumbang untuk kemajuan pendidikan yang lebih baik. Mungkin bisa ia mulai tahun depan. Walau ia yakin, orang tuanya takkan mengizinkan dirinya berada di pelosok daerah. Orang tuanya pasti khawatir ia tak bisa menyesuaikan keadaan. Hidup serba ada dan ia sekarang ia tak bisa berbuat apa-apa. Seperti tidak ada pasukan ienternet, atau kurangnya air bersih yang membuat kulitnya yang terawat langsung rusak dalam satu hari. Belum banyak nyamuk, binatang kecil, binatang melata. 

Keluarga Neta sangat aktif membantu yayasan sosial, yayasan peduli kasih pada orang yang berkebutuhan khusus atau yang terkena penyakit. Ia tahu, orang tuanya rutin memberi donasi setiap bulan. Walau donasi setiap hari juga mereka tidak akan jatuh miskin dalam hal sekejap mata, kecuali makin kaya uangnya makin melimpah. 

Neta meyandarkan kepalanya di kursi empuk tersebut sambil berpikir, langkah apa yang akan ia ambil. Ia belum yakin untuk mengajar ini, tapi ia harus jadi wanita mandiri yang tak boleh bergantung pada orang lain, ada juga saatnya ia akan hidup tanpa campur tangan orang tuanya. 

Neta langsung mengalihkan pandangannya saat ada yang mengentuk pintunya. Bu Nina—ketua jurusan. Neta berusaha tersenyum sopan karena mereka orang tua. 

"Kamu ya. Tadi pak Dekan langsung turun tangan dan saya langsung kesini." Neta terseyum canggung. Model-model manusia penjilat! Neta yakin, jika ia bukan berasal dari keluarga jati boro-boro disambut seperti ini, bahkan ia bisa diludahi hanya karena latar belakangnya miskin. Neta menggeleng dengan kenyataan kejam ini. Bagaimana mungkin manusia bisa melakukan hal ini? 

"Begini, mungkin kamu sudah dengar ya dari Pak Dekan kalau Bu Cut sedang cuti mau melahirkan dan beliau banyak anak bimbingan, mungkin bisa ditransfer ke kamu." Neta diam. Bahkan mengajar saja belum ia sudah diwajibkan untuk membimbing skripsi anak orang. Bagaimana kalau ia gagal? Ough, sistem pendidikan macam apa ini? Bisa-bisa Neta membuat mahasiswanya bunuh diri karena terlalu banyak ia menyuruh mereka membaca jurnal. Neta sudah terbiasa membaca jurnal bahkan sekarang ia masih memiliki akses jurnal mungkin ia bisa membagi sedikit tips untuk mahasiswa bimbingannya. Walau jurnal yang begitu berat. 

"Saya tidak masalah, maksud saya apa tidak dibagi yang berkompeten para senior. Saya bahkan belum mengajar." 

"Alah gampang. Kamu sudah tahu metodenya bagaimana, tinggal memberi arahan coret kalau tidak sesuai hati biar mereka belajar. Suruh cari jurnal yang asli. Ibu tahu, lulusan luar negri itu bagus." Diam-diam Neta tak percaya dengan pemikiran kolot manusia ini, bagaimana bisa mereka mendewakan lulusan luar negri, walau saat sekolah di negri Neta bisa merasakan kesenjangan guru mengajar di luar dan dalam. Yang Neta suka dari sistem di luar negri adalah, dosen sangat mengerti mahasiswa dalam artian setiap masukan yang mereka diskusikan selalu dihargai. Dosen di sana tidak berlagak superior yang selalu gila hormat, mereka bisa berteman dengan mahasiswa dan saat diskusi mereka mengajak semuanya dan menerima semua masukan, bukan masukan yang tidak sesuai dengan hatinya lantas mahasiswa tersebut langsung dicela. 

Mungkin Neta harus merubah pradigma ini. Walau ia juga harus mengikuti sistem mengajar disini. 

"Ini pakai jadwal juga?" 

"Pakai jadwal. Lihat hari mengajar kamu, dan cocokan dengan dan suruh mahasiswa mengikuti. Ingat, jika perempuan selalu benar, maka dosen maha benar." kata Bu Nia dengan songong. Neta hanya tersenyum kikuk, mungkinkah ia harus seperti ini juga? Memperlakukan mahasiswa seenak jidatnya? 

"Baik Bu." Neta mengambil spidol di atas mejanya dan pura-pura melingkar di kalender. Padahal ia ingat, itu adalah jadwal makan malam di rumah omanya dan masing-masing orang tua membanggakan anak mereka. Siapa yang berprestasi, siapa yang punya perusahaan sendiri. Dan Neta membenci pertemuan seperti itu tapi ia juga tak bisa menghindar. Neta yakin, pertemuan nanti ia akan dijodohkan dengan kolega keluarganya yang juga juga berasal dari keluarga kayu jati. Neta benci perjodohan! 

Bu Nia sudah keluar. Dan Neta merasa semakin muak dengan hidupnya yang penuh kepalsuan ini. Saat kamu hidup dengan sendok emas di mulutmu maka kamu juga akan banyak menjumpai manusia penjilat di sekeliling kamu. Tak ada yang benar-benar tulus. 

Daripada begini, Neta lebih baik ikut organisasi kemanusia di Afrika daripada harus terjebak seperti ini. 

"Permisi Bu. Saya ganti pembimbing dan mungkin saya ingin bertanya pada Ibu kapan mulai bimbingan?" Neta menatap lawan bicara. Ia yakin usia mereka hanya berjarak satu tahun, atau malah ada yang seumuran dirinya. 

"Sini." Mahasiswa bernama Naya tersenyum. Kapan lagi ia menjumpai dosen pembimbing yang tak susah seperti ini. 

Naya menyerahkan proposal miliknya. Neta mulia membaca proposal tersebut, konsep mereka lebih sederhana. Ini tak terlalu sulit baginya, mungkin ia juga bisa belerja sama agar mengahasilkan hasil akhir yang memuaskan. 

"Ini kamu sudah yakin dengan objek penelitian?" Naya mengangguk, sambil menaikan kaca matanya. Berada di ruangan ini, serasa berada dalam hotel terasa begitu nyaman dan auranya beda. Apalagi parfum mahal milik Neta membuat ia merasa insecure seketika. 

"Sebenarnya saya benci buang-buang kertas. Tapi memang kalian sudah terbiasa coret-coret bukan?" Neta melirik ke arah printer di sampingnya. Sebenarnya ia mendapatkan fasilitas printer dari kampus tapi mana mau ibunya memakai barang hibah yang sudah turun temurun, ibunya langsung membelikan printer terbaik dengan gambar cetak terbaik. Rasanya Neta ingin menyuruh mahasiswanya print di sini, tapi namanya tidak etis. Etos kerja seorang dosen tidak seperti itu. 

"Cari referensi jurnal yang asli bukan hanya dikutip dari sana sini. Sudah saya tulis alamat jurnal lengkap, semuanya sudah dibayar. Jadi kalian bisa pakai free. Tapi jurnal asli yang pakai bahasa Inggris, kalian bisa terjemahkan sendiri." Naya dengan semangat mengangguk. Memang tugas akhir seperti ini harus banyak membaca jurnal. 

Entah naluri atau apa, Neta selalu bisa melihat seseorang membutuhkan pertolongan atau dia butuh uang. Dan Naya, Neta bisa melihat jika gadis ini membutuhkan uang untuk biaya print tugas dan kebutuhan lainnya. Diam-diam Neta mengambil ambil amplop dan segepok uang ia masukan ke dalam. Dan menyisipkan dalam proposal Naya. Neta bisa menaksir sekitar 5-10 juta. Uang segitu, ia bisa masuk ke kamar orang tuanya dan banyak menjumpai uang berserakan. Walau sekarang, mereka lebih suka uang bentuk digital. Tapi Neta selalu menyiapkan uang cash, jika butuh seperti ini. 

🍯🍯🍯🍯🍯🍯🍯🍯🍯🍯🍯🍯🍯

Neta baru selesai makan siang. Sang sopir yang mengantarkan makanan untuknya, ibunya takkan mengizinkan dirinya makan sembarangan, jadi Neta makan dalam ruangannya. Sebenarnya Neta ingin sekali bergabung bersama dosen lain, tapi saat tahu siapa dirinya ia tahu semuanya akan berubah jadi penjilat. Memang lebih baik hidup sendiri. 

Wanita itu memoleskan lipstik ke bibirnya. Ia harusnya memutuskan jadi dosen atau jadi seorang selebgram. Jika melihat jam siang, ia bahkan belum pulang. Neta menggeleng, jadwalnya kacau. Mungkin ia bisa menyusun saat di rumah nanti dengan secangkir matcha dingin kendengarannya tidak begitu buruk. 

Neta melihat masih ada waktu w5 menit sebelum dosen yang lain mengajar dan ia bisa membimbing mahasiswa yang lain. 

"Sudah kukatakan jodoh tak kemana." 

Neta sangat mengenal suara jelek itu. Wanita itu pura-pura tak melihat. Kenapa manusia ini selalu ada di sekelilingnya? 

"Kamu mau bimbingan?" tanya Neta saat menunjuk pada Darris yang mengendong tas ransel berwarna hitam miliknya. 

"Niatnya mau membimbing rumah tangga bersama. Tapi belum saatnya, aku dibimbing sekarang ada saatnya nanti dibimbing sampai surga." Neta sudah kenal, laki-laki ini adalah tipikal banyak bicara dan aksion nol. Dan manusia seperti ini adalah orang yang tak disukai oleh ayahnya. Jika banyak bicara, maka tak bisa kaya. 

"Saya nggak punya banyak waktu." Darris nyegir dan duduk di hadapan dosen baru—pembimbing baru dan juga mantan pacar yang sudah ia klaim jadi ibu dari anak-anaknya. 

"Tenang aja. Semuanya sudah benar dan beres. Tinggal ACC aja nih." Neta masih membaca teori milik Darris dan melirik ke arah sang mantan—yang tak pernah ia anggap, yang terlihat songong dengan memainkan rambutnya, sayangnya Neta tidak terkesan sama sekali malah Darris terlihat norak di hadapannya. 

Diam-diam Neta memuji jika hasil Darris lebih rapi daripada milik Naya. Si tengil ini bisa rapi juga. 

"Kamu berapa tahun kuliah?" tanya Neta. Darris menghitung pura-pura. 

"Lima tahun ke depan anak kita sudah TK." Darris menunjukan lima jari membuat Neta ingin memukul proposal tebal itu ke laki-laki di hadapannya. 

"Saya tak luluskan." ancam Neta. Darris dengan santai bersandar di kursi dengan gaya tangan di dada san menatap lawannya songong. 

"Dan lama lagi kita akan menikah." jawab Darris tak mau kalah. Kedengarannya ia seperti main-main dan sangat kekanakan, tapi percayalah bungsu di keluarga raja hutan diam-diam ingin mempersunting Neta menjadi istrinya. Saat melihat Neta hati dan otaknya selalu berkata 'shes's the one'. 

Neta menarik napas panjang, mungkin saat ia menghadapi Darris ia hanya berpatokan pada 'yang waras ngalah' jika tidak ia juga bisa ikutan gila. 

Wanita itu mulai membaca proposal yang ia lihat sudah benar, tapi karena jengkel dengan sikap tengil Darris sesekali mengerjai tidak masalah bukan? 

"Saya mau kamu mencari jurnal yang asli. Jangan hanya kutipan dari sumber yang tidak jelas. Cari alamat jurnal yang asli, modal sedikit dengan beli." Neta menyodorkan kembali proposal tersebut. Darris mulai mencatat apa saja yang kurang sebelum ia menyerahkan lagi tugasnya. Jika pembimbing sebening ia, ia rela tak lulus sampai lima tahun ke depan. Tapi jika begitu, siapa yang akan melamar Neta jika dirinya tak berkerja secepatnya. 

Neta bisa melihat keseriusan, di mata Darris. Anak ini mengerjakan tugas akhir dengan sungguh-sungguh. 

Neta menarik lagi proposal dan mencatat alamat jurnal mililnya yang ia gunakan saat kuliah di luar negri. 

"Ini alamat jurnalnya. Baca semua theory dan gunakan yang paling medekati dan yang paling mendukung. Jangan hanya karena satu kata kunci sama kamu sudah pakai, padahal itu tidak mendukung sama sekali. Dan ingat, saya tidak toleransi sama sekali terhadap plagiat. Saya benci plagiat! Pikir-pikir lagi kalau mau plagiat karya orang." Darris mengangguk. Selama ini ia berusaha untuk membuat sendiri dengan katanya sendiri. 

"Terima kasih ibu dari masa depan." Darris berkata dengan serius saling memberi hormat. Melihat tingkah konyol sang mantan Neta tersenyum. Ia tahu, dari dulu Darris selalu menghiburnya. 

Darris berdiri sebelum mencapai pintu, laki-laki iti berbalik. 

"Soto?" 

"Hm?" tanya Neta heran tak mengerti maksudnya. 

"Makan soto? Aku traktir." Senyum Neta terbit, ia mengangguk. Benar, Darris selalu mengingatkan dirinya dengan soto dan makanan sederhana.

Sudah berapa tahun Neta tak makan soto. Ia rindu makan soto dan mungkin rindu bersama si tengil itu menghabiskan waktu berdua. 

🍯🍯🍯🍯🍯🍯🍯🍯🍯🍯🍯🍯🍯

Darris kang soto🤣🤣🤣🤣🤣🤣

Comelnya kisah cinta mereka dimulai dari makanan semua. 

Makasih udah baca💋💋💋💋💋. Semoga terhibur 🥰🥰🥰🥰.  

Komen (1)
goodnovel comment avatar
Rizka Ahmed Syukri
asli dari blurb nya aja uda bikin ketawa
LIHAT SEMUA KOMENTAR

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status