Share

TK 12

Immortal dalam keadaan sangat kacau, kerajaan tak mampu memberikan ketenangan bagi masyarakat sebagaimana mestinya. 

Beberapa melakukan demo ditengah kerusakan istana, mereka menuntut bantuan kepada raja. Banyak rumah dan ladang yang hancur, dan tak ada satupun penyuluhan atas semua itu. 

Rakyat merasa diabaikan. Namun apa yang bisa dilakukan? Pihak kerajaan juga tak bisa berbuat apa-apa, terlebih ratu yang sibuk menangisi anaknya.

Dewi Chanda tak sama sekali memperdulikan masyarakat di luar, dia tak ingin meninggalkan anaknya, padahal tabib jelas mengatakan hanya menderita luka ringan.

"Dewi Chanda! Masyarakat terus mengamuk diluar" ujar Arietaeus kembali mengingatkan.

Perempuan itu merasa terpanggil, lantas kepalanya menoleh menatap sosok penasehat kerajaannya sedang berdiri sembari bersidekap tangan depan dada.

"Berani sekali kamu memanggil ku seperti itu" desis dewi Chanda.

"Lalu apa? Kamu ingin aku sebut ratu tak peduli kepada rakyatnya? Oh sungguh agung sebutan itu" timpal Aristaeus sarkas.

"Sekarang kamu berani melawan ku Aristaeus?" ujar dewi Chanda sedikit.

"Ancam ayah ku, atau siapapun. Yang jelas kami tidak akan pernah keluar dari istana ini. Cukup beribu-ribu tahun kamu melakukan kerusakan, kami tak akan diam lagi!" ujar Damon lantang. Lelaki itu tiba-tiba datang.

"Temui dan urus masyarakat dengan baik sekarang! Atau aku bongkar wajah busuk mu didepan mereka semua! Anak mu yang tak berguna dan penindasan lainnya!" teriak Damon tegas.

"Tak ada bedanya ayah dan anak. Sama-sama sialan" ujar dewi Chanda dingin.

"Seharusnya kamu menikah dengan raja iblis. Kalian serasi sekali" ujar Damon tak kalah hina.

"Ingin ku seret dengan halus atau ku tendang terang-terangan ke luar?" imbuhnya ketika perintah yang diberikan tak dilaksanankan.

"Akan aku bilang kepada masyarakat tentang perbuatan buruk kalian pada ku" desis dewi Chanda.

"Dan mari kita membusuk bersama di penjara" timpal Damon tersenyum senang.

Jangan tanya perasaan dewi Chanda sekarang? Perempuan itu sangat kesal sekali, dia pergi meninggalkan kamar kanagara dengan jengkel. Lihat saja nanti dia pasti akan membalas perbuatan Damon si anak sialan itu.

"Salah kah ayah berharap kamu jadi raja?" gumam Aristaeus setelah ratu biadab itu pergi.

"Aku akan menjadi penasehat yang adil dan benar jika pangeran Sabitah menjadi raja ayah" ujar Damon.

Aristaeus tersenyum lembut. Ya, mungkin semua ini tak akan terjadi jika sang pangeran itu ada. Dia juga tak perlu tertekan seperti ini sekarang.

Dewi Chanda terpaksa menemui rakyat yang sedang mengamuk saat ini, seruan-seruan kasar keluar dari mulut mereka menuntut hak dan keadilan raja.

"Raja! Keluar!"

"Kami ini rakyat mu!"

"Kami kesusahan! Tidak kah kerajaan mengirimkan bantuannya!"

"Kembalikan pajak yang selama ini kami bayar!"

"Raja tidak adil!"

"Raja memakan hak rakyat!"

"Raja jahat!"

"Raja membiarkan rakyat menderita!"

Seruan-seruan itu terus berulang sampai dewi Chanda muncul. Perempuan itu memberikan isyarat dengan tangannya agar rakyat tenang sebentar.

"Rakyat ku yang baik hati, sebelumnya aku mengucapkan maaf sebesar-besarnya kepada kalian semua" ujar dewi Chanda.

Namun rakyat tak menyambutnya dengan baik, lantas mereka kembali berseru.

"Huu!"

"Kami tak butuh maaf mu!"

"Kami inginkan keadilan!"

Sekali lagi dewi Chanda memita rakyat tenang dibantu beberapa prajurit.

"Tenang aku mohon. Bisakah kalian lihat bagaimana kerajaan sekarang? Kami juga dilanda serangan yang sama, bahkan lebih besar. Anak ku pangeran Kanagara sampai terluka" ujar dewi Chanda dengan nada sedih.

Namun hal yang terjadi selanjutnya sangat diluar dugaan.

Duk!

Duk!

Duk!

Rakyat mengambil pecahan bebatuan kerajaan dan melemparkannya kepada sang dewi.

"Aww!" pekik dewi Chanda.

Prajurit yang melihat itu mencoba melindunginya, namun rakyat semakin mendesak masuk. Alhasil mereka membawa dewi Chanda kembali masuk kedalam kerajaan.

"Kenapa?" tanya Aristaeus yang kebetulan keluar.

"Lihat sialan! Ini semua karena ulah mu!" pekik dewi Chanda. Tubuhnya ada yang lebam akibat lemparan batu yang keras.

"Salah ku? Benarkah? Kalau begitu aku ingin melakukannya lebih sering, karena jujur ini sangat menyenangkan" ujar Ariestaeus membuat semua orang yang ada disata melotot kaget. 

Saat keduanya hendak berargumen lagi, dewi Anggraini muncul dengan raut paniknya. Saat kejadian tadi dia bergegas menuju kamar raja dan melindunginya takut-takut musuh berhasil masuk kedalam kerajaan.

"Ada apa?" tanya dewi Anggraini.

"Rakyat mengamuk diluar ratu, dewi Chanda tidak bisa memenangkannya" ujar Aristaues.

"Biar aku saja" ujar dewi Anggraini beranjak pergi.

Dewi Chanda mendelik, bibirnya berdecih tak suka.

"Pergilah. Aku doa kan, lemparan batu rakyat membuat mu mati" ujar dewi Chanda terang-terangan.

Prajurit memperhatikannya dengan seksama, namun dewi Anggraini tak memperdulikan itu. Dia, didampingi Aristaeus pergi mencoba berbicara dengan rakyat.

Saat sang dewi dan penasihat keluar, rakyat masih bersua. Mereka tak lelah menggerutu, sampai akhirnya dewi Anggraini muncul dan tertunduk.

"Rakyat ku.. mohon dengarkan aku berbicara, jangan ada yang menyela, sebagai gantinya, kalian bisa melakukan apapun pada ku setelah semuanya selesai" ujar dewi Anggraini langsung membuat rakyat diam.

Ya, ternyata sampai saat ini. Intensitasnya sebagai ratu tidak hilang dimata rakyat. Mereka tetap memandang dewi Anggraini sebagai ratu immortal yang bersahaja. Meski sekarang penampilannya terlihat lebih lusuh.

"Aku atas nama kerajaan, meminta maaf kepada seluruh rakyat atas kejadian ini. Kami lalai menjaga keamanan sampai pasukan iblis datang menyerang. Juga kami tidak memberikan perhatian kepada kalian dengan cepat, tapi sungguh kalian hanya cukup membalas itu semua kepada ku" ujar dewi Anggraini.

"Raja masih terbaring lemah, pangeran Kanagara terluka bersama beberapa jendral, kerajaan juga hancur sebagian. Rakyat ku menderita, aku tidak ingin hal buruk lain terjadi. Dan jika ada dari kalian keluhan, limpahkanlah itu pada ku. Dengan senang hati aku menerimanya" imbuhnya lembut.

"Dan soal bantuan, tentu ada. Kerajaan memiliki banyak persediaan makanan dari pajak yang kalian kumpulkan, kami pasti akan membagikannya. Namun memerlukan waktu karena anggota kerajaan banyak yang terluka" ujar dewi Anggraini lagi.

"Jika rakyat ku bisa menunggu, silahkan datang besok pagi. Berbarislah dengan rapi, aku akan membagikannya langsung kepada kalian" imbuhnya.

Rakyat bergemuruh, mereka saling berargumen dengan pikirannya masing-masing. Dewi Anggraini menunggu, sampai akhirnya perwakilan rakyat berseru.

"Kami percaya ratu tidak akan bohong, dan kami selalu percaya ratu adalah orang baik. Besok kami akan datang lagi kemari" ujarnya.

"Terimakasih. Aku berjanji kepada kalian, dan mengenai keluhan kalian, aku siap menanggungnya. Jika ada yang ingin melempar batu kepada ku, aku akan menerimanya dengan senang hati" timpal dewi Anggraini lembut.

"Maafkan atas kelakuan buruk kami ratu, tadi semuanya terbawa emosi" 

"Tidak masalah, aku sangat mengerti kesedihan kalian, dan itu sangatlah wajar" ujar dewi Anggraini.

Setelah itu beberapa rakyat mulai mengundurkan diri. Mereka pergi dengan keadaan tenang dan setidaknya pulang membawa kabar baik.

Immortal akan menghadapi banyak tantangan kedepannya.

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status