Share

Hari Sial

Kini Ana sudah siap dengan kemeja putih, jeans hitam, dan sepatu converse abu-abu andalannya, tapi kali ini sepatu yang dipakainya sudah dicuci dengan bersih. Di saat seperti ini Ana sedikit kecewa dengan gaya berpakaiannya yang sulit berbaur dengan suasana kantor. Baru satu langkah keluar dari kosnya, Ana mengingat sesuatu. Dia belum menghubungi Davin terlebih dahulu. Ana tidak ingin kejadian kemarin terulang kembali. Dengan cepat dia mengambil ponsel sakti milik Ally dan kartu nama Davin yang berada di tasnya. Ibu jarinya bergerak dengan lincah mengetikkan pesan untuk pria itu.

Siang, Pak. Saya mau ke kantor sekarang. Bapak di kantor kan? Saya udah buat janji ya pak, jangan diusir lagi hehe. Makasih.

Suara notifikasi pesan terdengar dan Ana dengan cepat membukanya. Melihat betapa cepatnya pria itu membalas artinya Davin tidak terlalu sibuk bukan?

Saya di kantor. Kalau ke kantor bawakan saya makan siang.

Ana terdiam seperti orang bodoh. Dia yakin jika pria itu mempunyai cukup banyak uang untuk sekedar membeli makan siang. Ingin rasanya Ana menuliskan pesan umpatan untuk Davin. Kali ini dia benar-benar kesal. Bahkan ketampanan Davin pun tidak membuat rasa kesalnya menurun. Tuhan memang adil dalam menciptakan sesuatu.

Maaf, Pak. Saya nggak bisa masak. Pak Davin bisa makan di luar.

Hanya itu balasan yang Ana kirim dan dia berharap Davin tidak serius dengan permintaannya.

Kalau begitu kamu nggak perlu ke kantor, saya mau keluar makan siang.

Ana memukul udara dengan kepalan tangannya. Saat ini dia sangat bernafsu untuk membuat wajah Davin menjadi babak belur. Entah kenapa Ana juga merasa sangat sensitif akhir-akhir ini. Segala hal yang dilakukan Davin selalu membuatnya naik darah. Meskipun hal kecil sekalipun.

Ana membuka dompetnya lemas. Hanya tersisa uang 20 ribu di sana. Ana tidak tahu harus membeli makan siang apa untuk Davin. Bukan rahasia lagi jika akhir bulan adalah hari krisis nasional untuk para pejuang kos sepertinya. Lagipula Davin adalah seorang pengusaha, tidak mungkin jika harga makan siangnya hanya berkisar 20 ribu saja.

Akhirnya Ana memutuskan untuk kembali masuk ke dalam kos dan melihat isi kulkasnya. Dia berharap masih ada sisa belanjanya kemarin yang bisa diolah. Ana terduduk di depan kulkas dengan kecewa saat hanya menemukan bakso, sosis, dan telur. Saat akan menutup pintu kulkas, matanya tidak sengaja melihat sawi segar di rak bawah. Ana mengambil sawi itu dan melihat tag nama di plastiknya.

"Mbak Amel! Aku minta sawinya dikit ya?!" teriak Ana saat mengetahui jika sawi itu adalah milik Amel, tetangga kamarnya.

"Iya!" balas Amel ikut berteriak.

Ana mengeluarkan semua bahan-bahan yang ada dan mulai memasak. Sebelum itu dia juga mengambil nasi yang ada di kamarnya. Sepertinya nasi goreng tidaklah buruk, uangnya benar-benar menipis sekarang dan mau tidak mau Ana memutuskan untuk memasak sendiri, selain itu dia juga berharap jika Davin akan merasa jera setelah mencicipi rasa makanannya.

***

Suara klakson yang saling bersahutan dan asap kendaraan yang menyesakkan dada membuat Ana mendengkus kesal. Ditepuknya punggungnya dengan pelan untuk mengurangi rasa nyeri karena terlalu lama duduk dan menunggu di tengah jalan. Seharusnya Ana sudah sampai 15 menit yang lalu, tapi karena macet akhirnya dia harus menunggu lebih lama.

Jakarta oh Jakarta...

Ana mengusap peluh yang menetes di dahinya dengan pelan. Hari ini cuaca sangat mendung tapi entah kenapa udaranya terasa begitu panas. Dia berdecak saat mobil di depannya tidak kunjung jalan. Demi Tuhan! Jika bukan karena ponsel baru, Ana tidak akan mau melakukan ini.

Rintik air hujan mulai turun. Ingin rasanya Ana menangis saat ini juga. Entah kenapa hari ini begitu menyebalkan untuknya. Ingin menepi juga sulit mengingat dia sudah terjebak macet di tengah jalan. Pada saat-saat seperti ini Ana menyesal karena sudah meninggalkan jas hujannya di kos. Seolah tidak peduli, Ana memutuskan untuk menerobos hujan. Badannya sudah mulai basah jadi tidak ada gunanya lagi untuk berteduh.

Saat akan melewati pertigaan, tiba-tiba motor Ana terasa aneh. Dia menepi di pinggir jalan dan melihat apa yang terjadi. Entah ujian apa lagi ini, tapi ban motor bagian depannya bocor. Ana mengerang dan menyandarkan kepalanya di setir motor. Dia kembali menegakkan tubuhnya dan bersyukur saat menemukan bengkel di ujung jalan, tapi bengkel itu juga terlihat cukup ramai. Ditambah dengan hujan deras seperti ini, mungkin kerusakan motor bisa saja terjadi pada siapapun. Tidak ada pilihan lain, Ana pun menuntun motornya untuk sampai ke bengkel. Badannya sudah benar-benar basah sekarang. Dia hanya bisa berdoa supaya tidak sakit nanti.

"Ini bocor, Mbak. Ada paku gede gini. Bisa di tambal tapi antri, lagi rame soalnya," ucap petugas bengkel sambil memeriksa motor Ana.

"Nggak papa, Pak. Saya tunggu," putus Ana akhirnya. Dia bisa menunggu sambil berteduh dari hujan yang semakin deras ini.

***

"Ana, ngapain kamu di sini?" Ana membuyarkan lamunannya dan beralih pada pria yang ada di depannya.

"Loh, Bang Alex ngapain di sini?" tanya Ana berdiri dari duduknya.

"Kebetulan aku lewat dan liat kamu. Ada apa?" Alex bertanya sambil melirik motor Ana.

"Bocor, Bang. Jadi ditambal dulu."

"Kayanya masih lama, kamu mau ke mana? Ayo aku anter."

"Ke Rahardian Corp. Bang Alex beneran bisa anter?" tanya Ana tidak yakin.

"Ya udah ayo, tapi masih hujan ini. Jas hujannya cuma satu."

"Terobos aja, udah basah juga." Alex hanya mengangguk dan mulai menyalakan motornya.

Ana berbicara sebentar pada petugas bengkel dan setelah selesai, dia menghampiri Alex yang sudah siap di atas motor besarnya. Tidak ada percakapan selama perjalanan. Sepuluh menit kemudian Ana sudah sampai di depan kantor Davin.

"Aku tunggu di sini ya?" ucap Alex sambil melepas helmnya.

"Nggak usah, Bang. Ditinggal aja. Lama juga paling nanti urusannya."

"Udah masuk sana. Aku tungguin." Akhirnya Ana hanya bisa mengangguk pasrah. Dia juga tidak punya cukup uang untuk pulang nanti.

Ana memasuki kantor Davin dengan kotak bekal di tangannya. Saat akan masuk, tiba-tiba satpam memanggilnya dan menghalangi langkahnya, "Eh Mbak, jangan masuk dulu, bajunya basah gitu, nanti lantainya kotor." Ana melirik bajunya yang basah. Benar juga, kasihan OB yang akan kerja dua kali nanti.

"Saya mau ketemu Pak Davin, Pak. Panggilin ya suruh keluar," ucap Ana begitu tidak ada pilihan lain selain menunggu di luar.

"Duh, nggak berani saya suruh-suruh Pak bos, Mbak."

"Lah terus gimana? Bapak kan nggak ngebolehin saya masuk." Satpam itu hanya menyarankan menunggu dan kembali bekerja.

Ana berdecak kesal dan berlalu pergi. Kemarin dia dilarang masuk oleh resepsionis dan sekarang dia kembali dilarang oleh satpam, besok siapa lagi? Tidak, Ana harap ini terakhir kalinya dia mengunjungi kantor Davin.

Langkah Ana membawanya untuk kembali menghampiri Alex yang masih menunggu di parkiran. Dia bercerita pada Alex bahwa satpam tidak memperbolehkannya masuk. Ana berpikir dan mencari cara lain agar bisa masuk untuk menemui Davin, kemudian pemikiran untuk menghubungi pria itu terlintas di otaknya.

Pak saya udah di bawah tapi nggak dibolehin satpam masuk. Gimana?

Tidak butuh waktu lama Davin segera membalas pesan dari Ana.

Tunggu saya.

Ana menggosok kedua tangannya yang terasa dingin. Hujan sudah mulai reda tapi angin dingin masih menerpa tubuhnya. Perlahan Alex meraih tangan Ana hingga menimbulkan rasa hangat. Ana tidak menolaknya, karena memang ini yang dia butuhkan.

"Ana!" Davin berjalan dengan cepat. Entah kenapa lagi-lagi jantung Ana berdetak dengan kencang.

Ketika sudah dekat, Ana bisa melihat mata Davin terarah pada tangannya yang digenggam oleh Alex. Dengan reflek Ana menarik tangannya gugup.

"Kenapa nggak langsung masuk?" tanya Davin saat sudah berada di depannya.

"Nggak dibolehin satpam," kata Ana jujur.

Davin beralih menatap Alex yang membuat pria itu tersenyum canggung.

"Selamat siang, Pak."

Davin hanya mengangguk dan beralih pada Ana. Dia menatapnya dari atas ke bawah dan mulai melepaskan jasnya. Ana menatap jas pemberian Davin dengan bingung.

"Nggak usah protes, kamu kedinginan,” ucap Davin menjelaskan, "Ayo masuk." Lanjutnya dan menarik tangan Ana untuk masuk ke dalam kantor.

Saat baru satu langkah berjalan, Davin kembali berhenti dan berbalik menatap Alex, "Kamu langsung pulang, nanti Ana saya yang antar."

Langkah Davin terhenti saat melewati satpam yang sempat melarang Ana masuk tadi. Satpam itu terlihat gugup melihat kedekatan Ana dengan bosnya. "Mulai besok kamu nggak perlu datang lagi, cari kerja di tempat lain.”

Ana terpaku mendegar itu semua. Apa tadi? Ana dapat mendengar nada kesombongan yang Davin gunakan. Tidak! seharusnya ini tidak terjadi. Ana ingin membantah tapi sepertinya Davin lebih menginginkannya untuk diam dan menurut saat ini.

***

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status