Share

Chapter 8

    "Berangkat!"

    Yu Shi duduk di atas kuda putihnya, menyerukan aba-aba pada pasukannya yang langsung berderap maju. Saat itu masih pagi buta dan para prajurit belum terjaga sepenuhnya, bagaimanapun instruksi yang datang dari atas mengharuskan mereka bergerak di saat musuh masih terlelap. Yu Shi mengamati pasukannya tidak dengan sepenuh hati mengikuti aba-abanya. Mereka berjalan dengan langkah berat dan gontai. Yu Shi mendesah. Timnya terdiri dari pasukan yang seluruhnya berasal dari kaum awam dan tidak memiliki pengalaman perang sama sekali, tentu saja mereka tidak bisa diharapkan memiliki mental selayaknya seorang prajurit. 

    Memang Panglima Liu selaku panglima tertinggi dapat memaklumi keadaan mereka sehingga mengizinkan mereka berada di barisan belakang, tetapi bagaimanapun ini adalah perang. Segalanya menjadi tidak pasti. Bisa saja mereka tahu-tahu diinstruksikan maju ke barisan paling depan. Betapapun, Yu Shi masih bisa sedikit bernafas lega melihat Cao Xun ikut bergabung dalam tim mereka. Walaupun Cao Xun - sama seperti dirinya - tidak memiliki pengalaman bertempur, namun semangatnya telah digembleng berkat hasil latihan yang keras. Yu Shi menoleh ke arah Cao Xun, Cao Xun sendiri membalas tatapan Yu Shi, kemudian melempar senyum untuk menyemangatinya.

    Mereka tiba di pelataran terbuka. Di sana telah berkumpul pasukan dari tim lain. Dan berdiri di depan, Panglima Liu selaku panglima tertinggi memperhatikan seluruh anak buahnya sampai selesai menata barisan masing-masing, kemudian mulai menjabarkan instruksinya.

    "Pemberontakan Cheng Xi Bo sama sekali tidak boleh kita pandang remeh, apalagi sekarang di mana mereka telah mendapatkan banyak taktikus dan prajurit yang andal. Kita harus menganggap ini sama tinggi tingkatannya dengan perang! Jadi, kuulangi sekali lagi, ini sama berbahayanya dengan perang ganas! Risiko kegagalannya sangat tinggi! Berbicara pahitnya, sangat mudah bagi kita untuk mati sekarang juga!"

    Para prajurit yang berasal dari kaum awam tidak dapat menahan diri untuk tidak mengerang ketakutan.

    "Tapi bila kalian mematuhi segala instruksi dengan baik, kita akan mampu mengalahkan mereka dengan jumlah  korban sesedikit mungkin, aku jamin itu! Karena kita juga memiliki banyak taktikus yang tak kalah andal. Namun sehebat apapun taktik yang kita jalankan, bila tidak didukung kerjasama dari prajurit, tetap saja akan gagal! Karenanya..." Ia mengedarkan pandangan ke arah tim amatir yang dipimpin Yu Shi, "...kalian harus melakukan seluruh instruksi dengan mentalitas seorang prajurit sejati. Dan barang siapa yang tidak mematuhi instruksi dengan benar akan langsung dijatuhi hukuman militer! Termasuk kalian yang ogah-ogahan dan tidak profesional!"

    Tim pasukan Yu Shi sontak merinding ketakutan. Hukuman militer banyak kali merupakan hukuman mati di tempat. Kini mereka semua langsung membuka mata lebar-lebar dan tidak ada lagi yang berani berdiri dengan gontai.

    Panglima Liu mengangkat tombak kebesarannya tinggi-tinggi, lalu menudingkannya ke arah selatan, lokasi yang diduga sebagai markas utama pemberontak. "Berangkat!"

    Seluruh pasukan segera menderapkan langkah. Panglima Liu memandangi pasukannya dengan saksama. Prajuritnya berjumlah sekitar seratus ribu orang, masih lebih banyak bila dibandingkan prajurit Cheng Xi Bo yang hanya berjumlah enam puluh ribu. Tetapi itu hanya dari segi kuantitas, dari segi kualitas, menurut kabar burung yang beredar Cheng Xi Bo masih lebih unggul. Dan yang paling seru adalah kabar itu; bahwa Cheng Xi Bo sekarang  didukung oleh An Dao Dui - Pasukan Jalan Kegelapan. Entah kabar itu benar atau tidak, namun yang pasti efeknya telah berhasil membuat ketakutan para prajuritnya.

    Terutama pasukan tim Yu Shi. Terdengar mereka sibuk berbisik-bisik. "Memang benar kabar burung itu, kalau An Dao Dui bisa langsung membunuh orang hanya lewat tatapan mata saja?"

    "Memang menurut kabar yang kudengar An Dao Dui itu sekumpulan orang-orang berilmu tinggi. Kalian tahu pemimpinnya, Song Qiu? Dia bisa membunuh banyak orang hanya dalam sekali tebas!"

    "Kalau Song Qiu aku tahu, dia memang terkenal dengan Golok Kobaran Api-nya... Hei, kenapa kau? Apa kau baik-baik saja?"

    "Aku... tidak apa-apa... hanya mual sedikit..."

    "Aku juga merinding! Lawan kita adalah Song Qiu, bagaimana kita tidak takut... Ya Tuhan, padahal aku masih belum menikah..."

    "Semua diam!" Yu Shi membentak para pasukannya yang segera tutup mulut. Namun walaupun mereka sekarang telah diam seribu bahasa, tetap saja rasa takut masih bersarang dalam benak mereka, bahkan diperbesar dengan keheningan. Yu Shi mengatupkan bibirnya. Padahal mereka masih belum bertatap muka dengan musuh, tetapi mental pasukannya belum apa-apa sudah jatuh duluan. Justru ini yang diinginkan musuh, kalau begini keadaannya, walaupun An Dao Dui bahkan lebih payah darinya tetap saja pasukannya sudah kalah pamor dan karenanya bisa kalah betulan.

    Terdengar genderang perang dibunyikan. Para prajurit mulai berseru-seru dan mereka lantas berlari kencang. Dugaan Panglima Liu benar, pasukan Cheng Xi Bo masih dalam keadaan terlelap. Kini mereka mendapat serangan mendadak, mereka tidak bisa dengan cepat balas menyerang. Beberapa jam kemudian mereka telah berhasil menguasai pos pertama.

    "Lihat, itu hanya kabar burung belaka. Mana An Dao Dui-nya? Tidak ada! Itu hanya usaha musuh belaka untuk menciutkan nyali kalian agar kita kalah sebelum bertempur!" Yu Shi bersorak gembira, yang segera disambut pasukannya dengan seruan  gegap gempita. Mereka semua sangat senang sekaligus lega, lega karena nyawa mereka masih tetap melekat pada tubuh masing-masing.

    Panglima Liu berdiri naik ke mimbar, memecah keramaian para pasukannya yang tengah berpesta, "Kita telah menang! Namun ini hanya kemenangan pertama, masih ada pertempuran lagi sampai kita berhasil menangkap si pemberontak Cheng Xi Bo! Jadi hentikan sekarang juga pesta ini dan pergi tidur! Kita akan kembali memulai peperangan pagi-pagi, dengan tujuan Area Chong Shan!"

    Para pasukan segera mematuhi perintah sang atasan dan pergi tidur. Tapi tidak begitu halnya dengan Yu Shi. Ia merasa ada yang tidak beres dengan. perintah Panglima Liu. Area Chong Shan bukan basis utama pemberontak, begitu juga dengan Area Shun Shang yang barusan mereka menangkan. Mengapa mereka tidak langsung menyerang saja ke kamp pusat musuh dan malah membuang-buang waktu begini? Atau Panglima Liu ingin menghancurkan dari yang terkecil dahulu, baru terakhir menyerbu yang besar?

    "Tapi seharusnya itu tak perlu, menurutku," ujarnya saat berdiskusi dengan Cao Xun. "Kita tetap akan bisa menang, bukankah kita menang jumlah?"

    Cao Xun terpekur. "Kurasa mereka termakan dengan desas-desus itu. Bahwa Cheng Xi Bo didukung oleh An Dao Dui yang kemampuannya bisa disamakan dengan pasukan neraka."

    "Kau percaya bahwa An Dao Dui itu benar-benar ada?"

    "Sepertinya memang benar... Kalau tidak, mana mungkin mereka ketakutan sampai seperti itu..."

    "Membuat yang jauh kelihatan dekat, dan membuat yang dekat kelihatan jauh... Itu adalah salah satu strategi tipu daya seperti yang dikatakan Sun Tzu. Cheng Xi Bo sengaja menyebarkan gosip yang tidak benar untuk melemahkan nyali pasukan kita."

    "Kau mau bilang, kalau sebetulnya An Dao Dui itu tidak ada, dan kalaupun ada, mereka tidak memiliki ilmu mengerikan seperti yang digosipkan?"

    Yu Shi mengangguk. "Ini adalah perangkap psikologis yang diciptakan Cheng Xi Bo untuk mengalahkan kita."

    "Kalau begitu kenapa kau tidak mengatakannya saja pada Panglima Liu?"

    "Ya... aku juga berencana demikian..." Yu Shi bangkit berdiri dan segera keluar dari kemahnya, menuju kemah Panglima Liu.

    Panglima Liu sendiri tidak begitu menyetujui pendapat Yu Shi. "Kau bisa berkata begitu karena kau belum pernah berhadapan langsung dengan An Dao Dui, Anak muda."

    "Tapi bagaimanapun, gosip-gosip seperti inilah yang justru menjadi faktor utama yang akan melemahkan pasukan kita," Yu Shi tetap teguh pada argumennya.

    Seorang penasihat ikut berujar, "Cheng Xi Bo didukung An Dao Dui, kenyataan itu telah diketahui seluruh dunia, bukan gosip buatan mereka sendiri." Ia memandang Yu Shi, mengamati wajah mudanya yang nampak tidak terima dan masih ingin memprotes, kemudian menambahkan, "Aku mengerti kau menginginkan keadaan psikologis yang bagus bagi prajurit kita. Tetapi kau juga harus tahu, merupakan sebuah kenyataan Cheng Xi Bo didukung oleh pasukan An Dao Dui yang telah terkenal akan kehebatannya. Kami juga berusaha keras untuk mengalahkan musuh, kami berusaha mengalahkan mereka dengan taktik yang kami buat. Dan, taktik ini pasti akan berhasil,  walaupun memang sedikit lambat tetapi inilah taktik ampuh, juga untuk meredakan ketakutan psikologis para prajurit."

    Yu Shi menggeleng kuat-kuat, "Tidak, Jenderal, ketakutan itu justru semakin lama malah semakin kuat..."

    "Sudahlah!" Tiba-tiba Panglima Liu membentak, sangat keras. "Kembali ke kemahmu!"

    Yu Shi terpana, "Jenderal..."

    "Kau tidak dengar apa yang tadi kuperintahkan! Cepat kembali! Atau kau harus diseret dengan paksa baru mau keluar?!"

    Tidak punya pilihan lain, Yu Shi terpaksa mengundurkan diri.

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status