Share

Chapter 12

     Dengan berhasil dikalahkannya An Dao Dui, maka kekuatan Cheng Xi Bo secara drastis berkurang jauh. Hanya dibutuhkan beberapa hari untuk menumpas habis pemberontakan itu. Cheng Xi Bo sendiri  terlalu malu untuk mengakui kekalahannya  bunuh diri dengan menebas lehernya sendiri, dan mayatnya ditemukan tak jauh di tepi sungai Jiang Chang.

    Panglima Liu menepuk pundak Yu Shi dengan bangga. "Kaulah penentu kemenangan ini, Li Run Fang! Bila kau tidak mendapatkan ide tersebut, malah mungkin  kita yang akan dibunuh oleh Cheng Xi Bo!"

    Yu Shi menundukkan kepalanya, menjawab dengan nada penuh kerendah hatian. "Jenderal terlalu memuji Ide itu pula bisa saya laksanakan berkat bantuan seseorang"

    Namun ia tak berhasil menemukan penolong misteriusnya. Para pawang menolak untuk memberitahukan identitas si cadar, dan kudanya tiba-tiba saja telah terikat di samping kemahnya.

    "Kita akan segera kembali ke ibukota. Dan tatalah penampilanmu serapi mungkin, karena kita akan menghadap Baginda Kaisar."

      Yu Shi kontan merasakan jantungnya berdegup kencang. "Kita akan menghadap Kaisar?"

    "Tentu saja! Kita semua adalah pahlawan bagi Liang, mana mungkin Kaisar tidak memberikan kita penghargaan. Terutama kau, Nak. Kaisar sangat ingin bertemu denganmu karena beliau tahu kaulah pahlawan dalam pertempuran kali ini."

    Yu Shi membisu. Perlahan-lahan, ia memasukkan genggaman tangannya yang basah oleh keringat dingin ke dalam saku bajunya. Nanti, sebentar lagi, ia akan bertemu dengan Kaisar Liang  musuh yang paling dibencinya. Perasaannya kini campur aduk. Amarah, kebencian, dendam dan juga rasa takut, semuanya menumpuk jadi satu menguasai pikirannya.

    Tidak aku tak boleh ketakutan begini. Justru kalau aku kacau begini, kaisar pasti akan mengetahui identitasku dan aku tak punya kesempatan untuk mewujudkan misi kami. Lagipula belum tentu pula ia masih mengenaliku. Terakhir kali ia melihatku adalah saat aku masih sembilan tahun, dan sekarang aku sudah dua puluh dua tahun. Dia tidak akan mengenaliku.

    Tanpa membuang-buang waktu, pasukan kekaisaran segera bertolak kembali ke Ibukota An Chang.

    Mereka sudah diperlakukan bak pahlawan besar semenjak memasuki gerbang ibukota. Seluruh penduduk An Chang berdiri di pinggir kiri dan kanan, menyerukan pekik-pekik kemenangan. Dari atas kudanya, Yu Shi memandang para penduduk kota yang sibuk mengelu-elukannya. Lamat-lamat, perasaan bangga menguar dan menjalari dadanya. Ia yang selama ini selalu dihina, diremehkan dan disiksa bagai binatang, kini dielu-elukan bak pahlawan besar oleh seluruh penduduk An Chang. Bola matanya menegang, tangannya menggenggam pelananya  semakin erat. Bila saja ia hanya seorang diri, ia pasti telah meneriakkan kalimat itu sekeras-kerasnya, "Ayahanda! Ibunda! Kakek... Aku telah berhasil maju selangkah dalam mewujudkan misi suci ini!"

    Tetapi justru dialah pusat perhatian seluruh An Chang sekarang. Mereka semua telah mengetahui Yu Shi-lah yang mendapat ide "Hewan Langit" untuk mengalahkan An Dao Dui. Ia dapat mendengar seseorang memulai, kemudian seruannya diikuti oleh yang lain, dan pada akhirnya seluruh An Chang mengumandangkan pekikan tersebut.

    "Hidup Kapten Li Run Fang! Hidup Kapten Li Run Fang! HIDUP KAPTEN LI RUN FANG!"

    Suatu hari, Yu Shi membatin. Suatu hari nanti, aku akan bebas untuk membuka identitasku yang sebenarnya, dan namaku yang sesungguhnyalah yang akan mereka kumandangkan.

    Mereka akhirnya tiba di Istana. Yu Shi memandangi bangunan mewah itu, lekat-lekat. Kegetiran yang amat sangat segera memenuhi batinnya. Bangunan yang dulunya adalah milik keluarganya, dibangun oleh leluhurnya, dan diperindah oleh kakeknya sehingga menjadi Istana Terindah di seluruh dunia, kini jatuh ke tangan pihak lain yang dengan kejamnya membuang mereka sekeluarga ke jurang kematian.

    Suatu hari nanti, pasti... Ia kembali membatin. Pasti akan kurebut segalanya yang seharusnya menjadi milik keluarga Han!

    Pintu Istana berderik membuka. Dari baliknya, muncullah keluarga kekaisaran dengan Kaisar Liang berdiri paling depan, datang menyambut mereka semua.

    "Para ksatria pemberani!" Sang Kaisar berseru. "Selamat datang kembali di An Chang, dan terima kasih banyak kalian telah mempersembahkan kemenangan yang begitu berharga bagi kami. Kalian telah menyelamatkan nyawa kekaisaran Liang dari tangan pemberontak, karena itu, saya akan menganugerahi kalian semua dengan penghargaan setinggi langit!"

    Seluruh penduduk An Chang bersorak-sorai. Para prajurit berseru-seru gembira. Namun Yu Shi hanya bisa mematung, memandangi Kaisar Liang dalam kebisuan.

    Ini adalah kala ketiga ia bertatap muka secara langsung dengan musuh bebuyutannya. Kala pertamanya adalah pada saat ia menjumpai pria itu tiba-tiba muncul dalam kamar tidur ayahnya, membunuh sang kaisar dan selanjutnya merebut stempel kekaisaran. Kala keduanya adalah ketika pria itu menarik paksa ia beserta ibu dan saudara-saudaranya yang lain ke Aula Istana. Telinga Yu Shi serasa berdengung. Mendadak, ia kembali dapat melihat adegan dua belas tahun yang lalu terputar balik dalam memorinya.

    "Kaisar Han Shang Xing telah tewas! Kini, akulah sang Penguasa tertinggi! Akulah Kaisar baru negeri ini! Negeri Liang!"

    "Memang aku tidak salah pilih. Panglima Liu, aku benar-benar bangga padamu."

    " mengenai putera-puteri Kaisar lama, akan dikirim untuk bekerja di penambangan di Yitmaiszk Tukhestan!"

    "Li Run Fang!"

    Yu Shi tersentak dari lamunannya, namun ia dapat dengan cepat menghapus kekagetan dari wajahnya. "Ya, Jenderal?" Ia berpaling menghadap Kaisar Liang. Emosi-emosi yang tengah menguasai pikirannya semakin bergejolak. "Yang Mulia… memanggil saya?"

    Panglima Liu kembali mengambil alih pembicaraan, "Dialah pahlawan utama perang ini, Yang Mulia. Walaupun masih muda, namun pemikirannya sangat brilliant dan luar biasa."

    Kaisar Liang kini menatap Yu Shi, lama dan tajam. "Rasa-rasanya aku pernah melihat anak ini sebelumnya..."

    Yu Shi tersentak, rasa takut segera menguasai pikirannya. Pemuda itupun lantas berdoa dalam hati, Langit... tolong berikan keajaiban jangan biarkan kaisar ini mengenaliku sekarang... kumohon...

    "Aku yakin aku pernah melihat anak ini sebelumnya, entah di mana..." Kaisar memandangi Yu Shi dengan lebih saksama. "Siapa namamu, Nak?"

    "Lapor Yang Mulia... Nama saya Li Run Fang!" Sebisa mungkin Yu Shi menekan nada kekhawatiran dalam suaranya.

    Panglima Liu menambahkan, "Dia adalah putera angkat pejabat Li, Yang Mulia."

    Kaisar Liang lantas mengangguk-anggukkan kepalanya. "Oh... begitu rupanya... Pantas saja rasanya aku pernah melihatnya! Jadi kau putera angkat Tuan Li? Mungkin kita pernah bertemu dalam suatu pesta atau upacara kerajaan, hm?"

    Yu Shi terperangah. Kaisar Liang kembali meneruskan, "Sebetulnya, aku sangat kagum dengan ayah angkatmu itu. Siapa yang tidak tahu bahwa dialah yang merupakan salah satu fondasi utama pembangun yang membuat Kekaisaran Han dapat berjaya di seluruh dunia!" Mendengar nama Kekaisaran Han disebut-sebut, jantung Yu Shi tersirap seketika. "Tapi ah... Bukannya aku menghina ayahmu, tapi ayahmu itu memang terlalu keras kepala! Dia terlalu mengutamakan kesetiaan dan segala tetek bengek lainnya, makanya dia tidak bisa maju sampai sekarang!" Ia berhenti sejenak. "Tapi kau berbeda. Kau mau menyumbangkan bakatmu untuk Liang. Benar-benar bagus!" Tiba-tiba sang kaisar bangkit berdiri. "Kita akan merayakan pesta kemenangan besar-besaran malam ini! Terutama untuk menghormati Li Run Fang yang bersedia mengabdikan dirinya demi negara!"

    Kaisar Liang menganugerahi Yu Shi dengan banyak sekali hadiah emas dan permata, bahkan menjanjikan menganugerahinya dengan pangkat tinggi. Penghargaan kaisar yang sedemikian besar menjadikan Yu Shi sorotan utama semua orang. Seluruh kaum bangsawan amat penasaran dengan Yu Shi, yang sebelumnya hanya rakyat awam biasa namun dalam sekejap dianugerahi penghargaan besar dari kaisar. Semua orang - bahkan termasuk Perdana Menteri - berlomba-lomba ingin berbicara dengannya.

    "Puteri Pertama, Puteri Kedua dan Puteri Ketiga, telah tiba!"

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status