Share

Chapter 13

    "Puteri Pertama, Puteri Kedua dan Puteri Ketiga, telah tiba!"

    Seruan sang pengumandang lah yang mampu mengalihkan perhatian seluruh aula dari Yu Shi. Mereka segera memutar tubuh seraya menghaturkan hormat pada ketiga puteri yang kini berdiri di singgasana kerajaan.

    "Hormat kepada Yang Mulia Puteri. Semoga Yang Mulia sekalian diberkati Langit dan panjang umur sampai sepuluh ribu tahun!"

    Yu Shi pula ikut menghaturkan hormat pada ketiga puteri tersebut, seraya memandangi mereka dengan seksama. Ia sudah tahu, Kaisar Liang tidak memiliki putera seorangpun walaupun ia telah bercinta dengan sebanyak mungkin wanita yang diinginkannya, Langit hanya berkenan memberikannya tiga puteri mahkota.

      Puteri pertama Liang Ying Lan persis seperti desas-desus yang beredar, sangat cantik dan menawan. Ia pula terkenal pintar, handal, dan berkharisma. Semua orang - pria dan wanita senantiasa bersedia tunduk mengikuti perintahnya. Seorang puteri yang memang telah ditakdirkan menjadi seorang penguasa sejak lahir.

    Puteri yang tidak kalah populer dengan Puteri Ying Lan adalah Puteri Ketiga Liang Xiu Lan. Semua orang tahu Puteri Xiu Lan sangat manja dan egois, betapapun dialah puteri yang paling disayangi oleh kaisar, dikarenakan setelah kelahirannya sang kaisar senantiasa dilimpahi keberuntungan dan nasib baik. Makanya kaisar selalu akan menuruti permintaan Xiu Lan sekalipun yang diminta sang puteri sangat irasional. Yu Shi dapat melihat bahwa Puteri Xiu Lan bukanlah seorang gadis penyabar; kakinya menghentak-hentak tiada henti dan tangannya selalu bergerak ke sana kemari, sementara bola matanya menyiratkan kebosanan yang amat sangat.

    Malas memandangi si Puteri Ketiga, Yu Shi berpindah mengamati Puteri Kedua, Liang Feng Lan. Dibandingkan kedua saudaranya, Puteri Feng Lan nampak paling sederhana dan pendiam. Ia memang terkenal tidak suka berbicara. Namun, sudah jadi rahasia umum bahwa dialah puteri yang paling pandai di antara ketiga puteri tersebut. Ia sering mempelajari berbagai ilmu, bahkan tak jarang ia ikut terlibat dalam kasus-kasus kenegaraan juga menyumbangkan ide-idenya.

    Ia pendiam dan menutup diri, jelas pamornya kalah dibandingkan kakak dan adiknya. Ia juga tampil sangat sederhana bila dibandingkan kedua saudaranya yang memakai riasan mewah, sudah pasti ia dicap sebagai puteri paling jelek di antara mereka bertiga. Padahal dialah puteri yang terpandai, sungguhpun demikian ia akan selalu menjadi bayang-bayang saudari-saudarinya. Sungguh kasihan, Yu Shi berujar iba dalam hati.

    "Langit memberkati Liang Yang Agung! Tuan-Tuan sekalian berhasil mempersembahkan kemenangan bagi negeri yang kita cintai ini!" Puteri Ying Lan memulai pidatonya. "Tidak ada lagi kata-kata yang dapat kami berikan pada kalian selain... Terima Kasih Banyak!" Ia menekankan kata-kata terakhir sedemikian rupa sehingga seluruh aula tergerak untuk bersorak-sorai secara otomatis. "Liang tidak akan melupakan jasa kalian selamanya, begitu juga dengan kami, Keluarga Kerajaan. Kini, kami mengadakan pesta kemenangan bagi kalian. Minum dan makanlah sepuasnya, bersukacita lah sepuasnya! Malam ini milik kalian! Milik kita semua!"

    Orang-orang kembali bersorak-sorai. Yu Shi harus mengakui bahwa Puteri Ying Lan ini memang pandai berpidato. Namun ia lebih tertarik mengamati Puteri Feng Lan. Gerak-gerik sang puteri sangat menarik perhatiannya. Entah mengapa, rasanya ia pernah melihat gerak-gerik tersebut di suatu tempat entah di mana...

    Seluruh undangan mulai bersantap sembari melontarkan percakapan riuh rendah. Suara tawa terdengar di mana-mana. Yu Shi masih tetap menjadi bintang utama - para dayang membawakan hidangan terbanyak dan terenak untuknya, namun pemuda itu justru ingin sekali menghindar. Sejujurnya malah, ia ingin sekali menghampiri seseorang, tapi ia sangsi apakah ia mampu melakukannya dalam pesta yang hingar bingar. Apalagi dalam kondisi sekarang, ia semakin harus berhati-hati menjaga nama baiknya.

    Betapapun, Yu Shi akhirnya berhasil juga menghindari keramaian. Hidangan yang disajikan para dayang istana amat menggugah selera, begitu juga dengan anggur-anggurnya. Para tamu dengan segera larut dalam hingar bingar pesta hingga mereka tak menyadari bahwa Yu Shi telah menyelinap pergi, dan kini tengah duduk di salah satu bangku taman istana, menengadah mengamati langit malam.

    "Kukira kau adalah bintang utama pesta kali ini," sebuah suara halus dan lembut menegurnya.

    Yu Shi terperangah. Puteri Feng Lan telah berdiri tepat di hadapannya. Ia pun buru-buru bangkit menghaturkan hormat, "Yang Mulia Puteri..."

    Puteri Feng Lan tersenyum, dan saat melihat bola matanya yang menyipit, Yu Shi pun yakin ia telah menemukan si orang bercadar penolongnya yang menghilang tiba-tiba itu.

    "Yang Mulia Puteri... Saya benar-benar mengucapkan terima kasih setulus-tulusnya kepada Anda. Kalau bukan karena pertolongan Anda memanggil pawang-pawang itu, saya tak akan dapat memenangkan perang ini."

    Puteri Feng Lan tampak terkejut.

    "Jadi... kau sudah tahu..." bisiknya lirih.

    Yu Shi tersenyum. "Walaupun cadar dapat menutupi kecantikan wajah Anda, namun tetap tak bisa menyembunyikan gerak-gerik seorang Puteri Sejati."

    Sanjungan Yu Shi membuat wajah sang puteri bersemu merah, namun demikian ia berusaha untuk terlihat tidak peduli. "Kau benar-benar membuatku salut, karena kau bukan hanya tampan, namun juga sangat pandai." Ia kini menatap Yu Shi, sangat tajam. "Sangat mirip dengan seseorang."

    Yu Shi merasakan dadanya mendadak tercekat. "Maksud Anda, Tuan Puteri..."

    Pandangan Feng Lan menerawang. "Benar juga, kau sangat mirip dengan seseorang... tapi siapa dia, aku sendiri juga lupa... Yang pasti, kau sama sekali tidak mirip dengan Tuan Li. Kau mirip dengan seorang tokoh terkenal yang pernah kulihat potretnya entah di mana..."

    Feng Lan kini sibuk memeras memorinya, sementara Yu Shi dilanda rasa panik yang luar biasa. Ia juga sibuk memeras otak untuk mengalihkan pembicaraan. "Maaf, Tuan Puteri, kalau boleh saya tahu, darimana Anda mendapatkan pawang-pawang itu? Mereka sangatlah ahli, pasti tidak mudah mendapatkan mereka..."

    Pertanyaan Yu Shi berhasil mengalihkan perhatian Feng Lan kembali terarah padanya. "Ah, itu... Mereka semua dulunya adalah pemain sirkus yang pernah datang memberikan hiburan ke istana, makanya aku mengenal mereka"

    "Feng Lan! Ternyata kau ada di sini!"

    Sontak Yu Shi dan Feng Lan menoleh ke arah si pemanggil, yang ternyata adalah Ying Lan. Sang puteri melangkah mendekat, dan pandangannya beralih menatap Yu Shi. "Rupanya Anda juga berada di sini, Tuan Pahlawan Negara."

    Dilihat dari dekat, Ying Lan tampak jauh lebih menawan, pun Yu Shi harus mengakui sang puteri memiliki sebuah daya tarik yang mampu mempesona sekaligus menjerat setiap orang. Senyum halus sang puteri yang merekah indah di bawah sinar rembulan, Yu Shi pula bertanya-tanya berapa banyak sudah pria yang berhasil ia pikat dengan senyum itu. Ia sendiri menghaturkan hormat dan balas tersenyum, "Yang Mulia Puteri."

    "Mengapa Anda tidak berada di dalam? Semua orang mencari Anda, sebaiknya kembalilah ke dalam," Ying Lan berujar halus, kemudian beralih menghadap Feng Lan, "Kau juga. Ayahanda mencarimu. Beliau ingin menanyakan sesuatu yang sangat penting padamu."

    "Baik," Feng Lan ganti menatap Yu Shi, dan walaupun hanya dalam sekejap, tapi Yu Shi cukup yakin pandangan sang puteri kedua menyatakan bahwa ia sangat enggan untuk pergi meninggalkannya. Namun, mereka berdua pergi dengan sangat cepat. Kini tinggalah Yu Shi berdiri di taman istana, seorang diri.

    "Bagaimana pendapatmu?"

    Yu Shi tersentak. Tuan Li telah berdiri di hadapannya. "Guru!.... Apa... maksud Guru tadi?"

    "Bagaimana pendapatmu mengenai para puteri kaisar Liang tersebut?"

    "Oh... rupanya Guru memperhatikan percakapan saya dengan kedua puteri tadi," Yu Shi mengangguk paham. "Kedua puteri itu jauh lebih baik daripada puteri bungsu yang manja dan egois, Puteri Pertama tak dielakkan lagi merupakan seorang yang sangat menawan dan memang ditakdirkan Langit untuk menjadi puteri. Sementara Puteri Kedua, memang tidak secantik kakak dan adiknya, juga sangat pendiam dan tidak seperti kakaknya yang mempesona dan pandai bicara, namun ia memiliki kecerdasan dan kebijaksanaan mendalam. Dia pulalah, Guru, yang telah membantu saya mendapatkan para pawang dan memungkin strategi "Hewan Langit" tersebut berhasil."

    Tuan Li nampak sangat tertarik. "Jadi kau sudah pernah bertemu dengannya sebelumya?"

    Yu Shi lantas mengisahkan pertemuan pertamanya dengan Feng Lan di Goa Kekelaman.

    "Yu Shi... Dengarkan aku." Setelah terdiam beberapa saat, Tuan Li mengujarkan gumaman sangat rendah yang hampir boleh disamakan dengan bisikan. "Kaisar Liang telah melakukan dosa yang amat buruk dengan mengkhianati Han Yang Agung, maka itu Langit menghukumnya dengan tidak memberikannya seorang putera pun. Hanya ketiga puteri itulah keturunannya, dan merekalah yang akan mewarisi takhtanya selanjutnya. Tetapi karena mereka adalah wanita, maka aku sangsi Dewan Pemerintah mau menerima mereka untuk memimpin negeri ini. Pastilah, suami merekalah yang berhak mendapatkan takhta selanjutnya."

    Yu Shi bagai tersambar petir  mendengar ujaran Tuan Li tersebut. "Maksud Guru... Untuk dapat merebut takhta, aku harus menikahi salah satu di antara mereka?!"

    "Pilihlah salah satu di antara mereka. Salah satu yang kauyakini punya potensi paling besar untuk dipercaya kaisar mewarisi takhtanya."

    Yu Shi tercenung. Ia terdiam, sangat lama.

Komen (1)
goodnovel comment avatar
Silalahi Sabam
mantap bah
LIHAT SEMUA KOMENTAR

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status