Share

BAB 7 TUJUH BELAS TAHUN

Saat ini usia Tara sudah genap tujuh belas tahun, setelah lulus sekolah nanti dia bisa langsung ikut pendaftaran militer meski ibu Tara juga sama-sama ragu apa masih bisa putranya lulus dengan sedikit cacat tulang di lengannya itu. Belakangan ini Tara malah jadi lebih sering menceritakan berbagai rencananya yang lain termasuk keinginannya untuk bisa memiliki truk sendiri dan menjadi pedagang antar kota. Menurut Tara profesi itu juga sangat menjanjikan untuk masa depannya. Setelah sering ikut menjadi kernet truk Tara jadi paham seluk beluk perdagangan dan pandai bernegosiasi.

Selain hal positif tentu juga ada hal negatif yang tidak luput dari efek pergaulannya dengan para orang dewasa apa lagi di usianya sekarang. Karena seringnya bergaul dengan para supir truk Tara jadi semakin sering mendengar obrolan pria dewasa mengenai wanita, mulai dari yang bermanfaat sampai ke hal-hal yang kotor pun sudah biasa dia dengar. Tak jarang juga dirinya ikut digoda oleh wanita-wanita di pinggir jalan. Apalagi Tara adalah pemuda yang tampan, di usianya yang ke tujuh belas dia juga sudah memiliki postur tubuh yang sempurna layaknya pria dewasa. Tidak sedikit wanita yang bakal dengan senang hati dan suka rela untuk menyerahkan diri padanya. Tapi Tara hanya akan selalu ingat pesan ibunya tentang apa yang dilarang untuk didekati. Sama halnya minuman keras wanita juga merupakan larangan tegas dari ibunya.

Tapi sebagai pemuda yang norma Tara juga mulai suka melihat wanita yang cantik. Meski sejauh ini menurut Tara tidak ada yang lebih cantik putri Haji Sofyan, juragan mereka di dermaga. Tara  suka diam-diam mencuri pandang pada putri tunggal dari keluarga terkaya di pelabuhan itu.

Haji Sofyan adalah pengusaha kaya raya, dia memiliki puluhan kapal ikan, truk fuso bahkan truk kontainer dan pabrik pengalengan ikan. Haji Sofyan hanya memiliki seorang putri, karena setelah istrinya meninggal saat persalinan Haji Sofyan tidak pernah mau menikah lagi sampai sekarang. Dia juga hanya tinggal bersama putri dan seorang adik perempuannya yang membantu mengurus putrinya Larisa. Haji Sofyan adalah juragan yang sangat baik dan dermawan, semua orang menyukainya dan sangat menghormatinya. Mustahil pria seperti dirinya tidak bisa mendapatkan wanita untuk di nikahi. Pasti Haji Sofyan hanya masih belum bisa melupakan mendiang istrinya yang kabarnya juga sangat cantik saman seperti putri semata wayangnya.

Sesekali kadang putrinya yang cantik itu ikut turun ke dermaga bersama ayahnya. Sebenarnya bukan hanya Tara saja yang suka melihat wanita cantik itu berjalan di belakang ayahnya. Semua mata pria penghuni pelabuhan juga bakal suka karena jarang-jarang ada mahluk secantik itu berkeliaran di dermaga. Diam-diam Tara juga sudah mengaguminya sejak lama walaupun sadar mereka terlalu beda kasta. Biasanya Larisa hanya ikut turun ke dermaga sebentar sebelum kemudian menunggu ayahnya di dalam mobil.

"Ingat nak wanita seperti itu hanya boleh kita pandangi dari kejauhan," kata salah seorang teman pamannya ketika menepuk punggung Tara yang kemudian hanya balas tersenyum.

"Pasti kau suka, kan?" goda pria berkumis tebal itu dengan logat Madura yang masih sangat kental.

"Hanya boleh dilihat dari kejauhan, Paman," balas Tara menimpali sambil bercanda kemudian melanjutkan kegiatannya menimbang ikan.

"Bagaimana kabar pamanmu?"

Paman Tara sudah tidak menimbang ikan lagi sejak penglihatannya sudah  kurang awas. Karena itu sekarang Tara yang menggantikannya.

"Paman masih melaut kadang menjaga gudang di pasar."

Haji Sofyan berjalan menghampiri mereka sekedar untuk bertanya seperti biasanya. Kebetulan saat itu Larisa juga masih ikut bersamanya.

"Berapa rata-rata untuk tiap truknya?" Tanya Haji Sofyan pada Tara.

"Masih sekitar tiga ton jika ketiga box-nya penuh."

"Nanti serahkan saja semua notanya padaku."

Tara mengangguk dan sekalian melirik Larisa yang ternyata juga membalasnya dengan senyum.

Walaupun cuma sedang memakai celana jeans yang ia potong selutut dengan gunting tumpul dan duduk di samping timbangan ikan Tara tetap saja terlihat tampan. Haji Sofyan sepertinya juga menyukai Tara karena dia termasuk paling cerdas di antara pegawainya yang lain di dermaga. Selain itu Tara juga di kenal sangat jujur dan rajin. Jadi semua orang di dermaga juga menyukai hasil pekerjaannya.

Sambil mengikuti ayahnya berkeliling diam-diam Larisa juga masih memperhatikan Tara yang sudah kembali sibuk menimbang ikan. Pemuda itu terlihat beberapa kali bercanda dengan para nelayan dan sepertinya Larisa juga senang melihatnya. Sejak saat itu Larisa jadi semakin sering ikut turun ke dermaga.

Larisa mungkin hanya satu  tahun lebih muda dari Tara atau malah seumuran. Yang Tara tahu selama ini putri tunggal juragannya itu bersekolah di sekolah asrama dan hanya sesekali pulang saat libur panjang. Cuma belakangan ini Tara melihat Larisa semakin sering ada di rumah atau mungkin sekolahnya sudah lulus. Saat itu Tara hanya tidak pernah membayangkan bagaimana dirinya bisa sampai berani mengenal wanita seperti itu.

Semua berawal dari seringnya Tara datang ke rumah Haji Sofyan untuk melaporkan hasil timbangan ikan. Diam-diam Larisa juga sering tersenyum pada Tara tiap kali pemuda itu menemui ayahnya. Karena dikenal jujur dan tekun, Tara juga mendapatkan kepercayaan dari Haji Sofyan untuk melaporkan semua hasil timbangan di dermaga.

Bagi Tara datang ke rumah Haji Sofyan juga mulai menjadi kesenangannya tersendiri karena dia jadi bisa kembali melihat putrinya yang cantik. Larisa benar-benar hanya seperti bidadari cantik untuk sekedar dikagumi tanpa pernah berani Tara bayangkan bakal berani mengenalnya. Karena itu Tarra benar-benar tidak menyangka ketika di suatu Sore Larisa memangilnya untuk minta tolong untuk diantar ke tempat les.

"Apa tidak apa-apa?" Tanya Tara yang masih terkejut walau sebenarnya juga senang.

"Tidak apa-apa, abah sangat sibuk hari ini. Bukankah kau bisa menyetir?"

Larisa sudah mengayunkan kunci mobilnya di depan Tara yang masih gugup menjawab.

"Ya, tentu. "

"Baguslah, ayo aku sudah hampir terlambat. "

Larisa sudah berjalan lebih dulu menuju garasi sementara Tara masih agak kikuk mengikuti di belakangnya.

Larisa benar-benar sangat cantik dan harum. Tidak seperti kebanyakan gadis muda yang sering dilihatnya di pasar malam.

"Pakai sabuk pengamanmu. " Tara memperingatkan Larisa dan gadis itu malah cuma mengedikkan bahu agar mereka lebih santai.

"Tidak apa-apa tidak akan ada polisi yang melihat kita." Larisa tersenyum dan Tara masih tidak percaya bakal bisa benar-benar melihat senyumnya dari jarak sedekat ini. Dada Tara jadi mulai bergemuruh dan berdebar-debar panas hanya karena mereka sedang duduk berdua di dalam mobil.

"Kita akan kemana? " tanya Tara sebelum menjalankan mobilnya.

"Jalan saja nanti akan kuberitahu. " Larisa cuma menunjuk ke arah kana.

"Kudengar kau juga masih sekolah? " tanya Larisa tiba-tiba.

Jujur saja Tara masih terkejut bagaimana gadis cantik itu bisa tahu mengenai dirinya atau mungkin pernah perduli mencari tahu tentang dirinya. Tara benar-benar tidak berani besar kepala memikirkannya.

"Ya, tahun ini aku akan lulus."

"Apa rencanamu setelah lulus? " Larisa terus bertanya dan sepertinya memang benar-benar penasaran.

"Aku akan mendaftar militer. "

"Wah, itu hebat. "

Tara masih mencengkram kemudi dengan telapak tangan berkeringat. Tara merasa benar-benar payah jika jadi segerogi ini hanya karena duduk berdekatan dengan wanita yang sudah lama diam-diam dia kagumi.

"Apa ini tempat lesnya? " tanya Tara ketika Larisa memintanya berhenti di depan halaman sebuah rumah.

Tara cuma masih keheranan karena itu benar-benar hanya terlihat seperti rumah biasa bukan tempat les.

"Jangan bilang siapa-siapa kalau aku kemari!" kata Larisa sebelum mengajak Tara turun dari mobil dan ikut masuk sambil menarik tangan Tara lebih dulu.

Ternyata Larisa juga cukup nakal untuk melanggar aturan-aturan orang tuanya. Ternyata Larisa tidak pergi ketempat les tapi dia menyuruh Tara untuk mengantarkannya ke rumah salah seorang temannya. Tara sadar jika dirinya bisa terlibat masalah karena hal ini.

"Tenanglah jangan takut, tidak akan ada yang tahu asal kau tidak bercerita."

Larisa memperkenalkan Tara ke beberapa temanya kemudian berbisik pada Tara. "Bilang saja kita sudah lama berpacaran."

Tara baru tahu, jika selain cantik Larisa juga benar-benar pintar mengajarinya berbohong.

Sejak saat itu mereka jadi mulai sering diam-diam bertemu dan pergi berdua. Walau hanya kuli pelabuhan tapi Tara memang sangat tampan dan Larisa tidak pernah malu memamerkan pemuda itu pada teman-temanya. Seringkali Justru Tara yang takut dengan kebohongan-kebohongan yang dikarang Larisa mengenai dirinya. Larisa memang tidak pernah mengatakan kepada teman-temanya jika Tara hanyalah seorang kuli dermaga walaupun Larisa sendiri selalu bilang jika dia tidak perduli apapun pekerjaan Tara. Larisa tetap mau menjadi kekasihnya.

Komen (4)
goodnovel comment avatar
Dede Suandinata
sekarang buka vidio kg bisa buka bab selanjutnya ny ..jdi kurang asik kg seperti pertama buka novel ini
goodnovel comment avatar
Septo Muhammad
ini bagaimn ceritanya yah kok malah balik lagi ke bab awal... dan harus pake poin lagi untuk membukanya
goodnovel comment avatar
Ria Fella
hmmmm Larisa ini, garai penyakit
LIHAT SEMUA KOMENTAR

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status