Share

Jantung Kembali Berdegub

Sesampainya di rumah, Vella segera membantu Gea membawa barang-barangnya. Sementara Aldi sudah turun lebih dulu di jalan, karena hubungan antara Aldi dan Nenek Vella sedang tidak baik-baik saja.

Nampak di depan rumah sudah ada beberapa orang di sana. Yang Gea kenali hanyalah orang tuannya. Di sampingnya ada seorang wanita yang sudah terlihat sepuh, tapi masih terlihat sangat besar. 

Perawakannya juga terlihat menakutkan, seperti orang yang galak. Namun, beliau sangat anggun di balut kebaya jawa. Lalu, beberapa orang di belakangnya mungkin asisten rumah tangga, supir dan tukang kebun, nampak sekali dari penampilan mereka.

"Gea sayang, sini Mama bantu bawa barang-barang kamu, ya …." terlihat Mama Gege sangat senang akan kehadiran Gea.

"Aku sudah baik-baik saja kok, Tante," tolak Gea dengan senyuman.

"Lho, kok, masih tante saja, sih manggilnya. Panggil Mama, dong. Kami ini kan keluarga kandung kamu, Ge …." ucap Papa Gea dengan ramah. 

Gea menyalami semua orang di sana, termasuk orang yang sudah sepuh. Tenyata, dialah memang Nenek dari Vella. Tatapan Nenek kepada Gea juga sangatlah berbeda. Terlihat sangat jelas jika Nenek itu tak menyukai kehadiran Gea.

"Nenek, selamat pagi. Sa ...." tangan Gea di tepis, lalu Nenek memalingkan wajahnya. 

"Nek, kok gitu, sih? Gea kan mau bersalaman dengan Nenek," ucap Vella. 

"Kamu sudah berani bentak, Nenek? Kurang ajar sekali kamu!" sulut Nenek dengan nada tinggi.

" .... "

"Maaf ... Vella tidak bermaksud seperti itu, Nek," ucap Vella lirih. 

"Masuk semua!" perintah Nenek. 

Kecanggungan itu membuat Gea semakin tidak enak berada di sana dalam waktu yang lama. Ia pun duduk di antara Vella dan Mama Gege.Tatapan Nenek kepada Gea juga sangat sinis, membuat perasaan Gea semakin serba salah.

"Maaf sebelumnya ...," ucap Gea. 

"Siapa yang menyuruhmu berbicara? Dasar anak tidak tau sopan santun! Duduk yang tegak dan dapatkan lututmu!" tegas Nenek, membuat hati Gea menjadi gelisah.

"Buk, jangan seperti itu. Gea baru saja pulang, dia anak Rendra, Buk. Dia putri kedua kami yang hilang," ucap Papa Gea dengan lembut. 

"Rendra!" teriak Nenek itu. 

"Jangan karena sempel darah dan tanda lahir saja, kamu percaya kalau dia anak kandungmu. Jangan-jangan dia hanya penipu yang ingin uangmu saja. Seperti yang sudah-sudah!" decit Nenek.

"Tapi, Nek ...." sela Vella. 

"Diam! Orang tua sedang bicara, kamu jangan ikut campur!" banyak Nenek. "18 tahun lalu … setelah anakmu lahir, Ibu memberi dia kalung dengan liontin yang sama dengan punyanya istrimu dan Vella Rendra, ayo tunjukkan!" lanjut Nenek. 

Dengan pelan, Mama Gege dan Vella melepas dan menunjukkan kalungnya. Memang benar adanya liontin itu pada Gea. Sama persis dengan kalung berliontin yang sama, yang pernah nenek angkat Gea berikan kepadanya waktu itu.

"Sebelumnya, saya mohon maaf dulu. Saya juga pernah memiliki liontin seperti itu, tapi mata berliannya berwarna biru muda," ucap Gea. 

"Benar sekali, milik Mamamu putih, milik Vella merah muda dan milikmu warna biru muda. Dimana kalung itu sekarang?" tanya Rendra. 

"Sudah saya jual, Om. Eh, Papa," jawab Gea tanpa gugup. 

"Apa? Kalung dan Liontin itu di pesan secara kusus. Kamu malah menjualnya? Apa kamu mau menipu kami ha? Dimana otakmu!" Nenek itu terus saja bicara dengan nada yang tinggi. 

"Ibu, sabar, dong. Mungkin waktu itu memang Gea membutuhkan uang. Sudahlah, yang penting Gea sekarang sudah kembali," ucap Rendra berusaha mencairkan suasana.

"Liontin itu masih ada, kok, Nek. Hanya kalungnya saja yang saya jual. Karena tidak mungkin, saya menjual identitas saja. Sebentar saya tunjukkan  liontin itu," Gea sudah sedikit kesal, namun masih ia tahan kekesalannya. 

Gea mencari terus liontin itu, akhirnya ketemu. Liontin itu ada pada gelang pemberian dari Kakeknya waktu kecil. Bergegas Gea menyerahkan liontin itu kepada Nenek. 

"Gea, kamu baik sekali, Nak." ucap Mama Gege meneteskan air mata. 

"Kamu benar adikku. Nenek, lihatlah! Liontin ini sama persis, dan asli. Gea adalah cucu Nenek, anak kedua dari keluarga ini," sahut Vella dengan penuh bangga. 

Kali ini Neneknya tidak bisa mengelaknya. Bukti liontin itu memang menunjukkan jika Gea adalah bagi yang sudah ia buang 18 tahun yang lalu di tempat sampah.

Nenek hanya diam, masih memasang wajah angkuhnya.

"Baiklah!" 

"Mulai sekarang, kamu bisa memanggil mereka Mama dan Papa. Tapi, aku tetap tidak menyukai akan kehadirannya," desis Nenek. 

"Malam ini ada pertemuan di rumah calon suami Vella. Jadi, kalian bersiap lebih awal malam nanti. Terutama kamu Gea, aku tidak ingin kamu mempermalukan keluarga ini!" hardiknya. 

" .... "

"Hem, Ale ... kakak dari Pak Zaka." 

Gea hanya mengangguk saja. Ia tak ingin memulai perdebatan lagi dengan Neneknya. Karena semakin Gea menentang, Neneknya akan semakin membencinya. 

Pagi itu juga, Rendra berpamitan berangkat ke kantor. Ia menjanjikan Gea untuk mengajaknya lain hari. Ia ingin memperkenalkan Gea kepada rekan kerjanya nanti.

"Ayo nak, Mama dan Kakakmu akan menunjukan kamar barumu. Mama tadi sudah menghias kamar barumu," ajak Mama Gege dengan semangat.

"Dan ... mulai besok, setiap pulang pergi sekolah, aku yang akan mengantar dan menjemputmu." timpal Vella. 

Gea harus mulai bersyukur. Berkat kesabarannya, kini ia sudah bertemu dengan keluarga kandungnya. Meski ada salah satu anggota keluarga yang tak mengharapkan kehadirannya, namun semua itu tak membuat hatinya gentar. 

Ia sudah sering mendapat hinaan dan cacian. Perkataan Neneknya, sama sekali tak menyentuh hatinya. Jadi, ia tak akan mengambil pusing ucapan Nenek yang sangat menusuk di kemudian hari. 

****

Malam yang di nanti telah datang. Ini kali pertama bagi Gea memaki gaun yang sangat indan dan berkelas. Terlihat begitu anggun dan cantik dengan riasan natural. Semua keluarga memuji kecantikannya, namun tidak. dengan Neneknya yang terus menganggapnya tidak ada. 

"Nona, saya akan mengganti anting-anting anda. Yang itu kurang cocok dengan warna baju yang Nona pakai," ucap salah satu pelayan di rumah itu. 

"Tapi, aku menyukai anting ini," jawab Gea. 

"Kamu ini ya, anting itu sudah usang. Mana jelek dan murahan. Sebaiknya kamu menurut saja!" Lagi-lagi Nenek marah-marah tidak jelas. 

Mau bagaimana lagi, dari pada berdebat dengan Nenek dan membuat pandangan buruk di keluarga, akhirnya Gea mau memakai perhiasan yang sudah di siapkan oleh pelayan. 

"Kampret!" umpat Gea dalam hati. "Bisa mati kering aku di sini!"

Perjalanan begitu lama, karena mereka terjebak macet. Karena merasa pusing, Gea tertidur di mobil. Sesampainya di rumah Ale, Gea merasa jika ia sudah pernah melihat rumah itu sebelumnya. Karena ia pernah datang ke rumah itu, meski tidak masuk ke dalam. Saat ia stalking rumah Pak Zaka. Seketika ia teringat akan laki-laki yang sangat ia cintainya itu.

"Ge," panggil Nenek. 

"Iya …." jawab Mama Gege dan Gea bersama. 

Nenek berencana akan memanggil Gea dengan nama Gladys, sedangkan Gege tetap saja Gege. Tapi, Gea tidak mau dipanggil Gladys karena ia sudah nyaman dengan para Gea. 

Saat hendak protes, Vella mengedipkan matanya. Gea tahu, jika saat ini dia tidak bisa protes. Nenek sungguh berkuasa atas keluarga saat ini. Gea hanya mengangguk pelan dengan senyuman palsunya. 

"Bagus!" ucap Nenek. "Ayo masuk sekarang. Lalu, untukmu Gea … berperilaku-lah sesuai dengan keluarga besar. Jangan buat malu, paham?" Nenek sangat menyulitkan Gea.

Gea lagi-lagi hanya mengangguk. Mereka pun masuk bersamaan. Di dalam, sangat banyak orang yang tak Gea kenali. Para wanita memakai gaun anggun dan bermerk, para lelaki meski sudah berumur juga terlihat berwibawa.

Nenek memperkenalkan Gea kepada keluarga Ale dan para tamu undangan. Terpaksa ia lakukan karena ingin terlihat luar biasa dimata orang lain. Setelah selesai berkenalan, Gea berpamitan kepada Nenek untuk berjalan-jalan sebentar saja di rumah itu. 

"Baiklah. Tapi ingat ... jangan sampai kamu membuat keributan di sini. Jaga image keluarga!" tegas Nenek. 

Gea mengangguk lagi. Ia terus melihat-lihat seisi ruangan rumah Ale dengan seksama. Rumah yang sangat elegan dan mewah membuat matanya sakit melihatnya. 

"Weh, jiwa miskinku meronta-ronta. Harganya bikin sakit jantung. Aku tukang bangunan juga, pasti taulah harga matrial rumah ini," batin Gea masih mengagumi setiap sudut rumah itu. 

"Kenapa dengan jantungku, ya? Tiba-tiba saja berdebar. Seakan ingin bertemu dengan orang yang sudah lama tak aku temui." imbuhnya.

   -o0o-

Disisi Ale pun juga begitu. Ia tidak bisa mengontrol detak jantungnya dan membuat perasaannya gelisah. Mereka mulai mendekat, itu kenapa jantung Ale dan Gea berdebar kencang. 

"Lagi-lagi perasaan ini. Terakhir kali, aku merasakan ini juga di rumah sakit. Ada apa dengan jantung Zaka? Apakah dia tidak ikhlas mendonorkan jantungnya untukku?" batin Ale. 

Bruuk! 

Ale dan Gea bertabrakan, kue yang dibawa Ale juga mengotori gaun indah Gea. 

"Aduh, gaunku kotor. Pasti Nenek tua itu ngomelin aku lagi nanti. Ah … sudahlah, aku sudah lelah dengan drama orang kata ini!" dengusnya. 

"Hey, kamu anak kecil itu, 'kan? Yang di rumah sakit? ngapain kamu kesini?" tanya Ale. "Wah, lihatlah! Kau mengotori lantai rumahku. Ini harganya sangat mahal tau!" ketus Ale. 

"Om yang salah! Kenapa jalan nggak lihat-lihat, sudah tau bawa kue … masih aja jalan nya meleng gitu!" sulut Gea. 

Gea membuat Ale kesal. Ia sampai menyentil kening Gea dengan jarinya seraya berkata, "Om? Kamu panggil aku, Om?" sungutnya.

"Kalau iya kenapa, ha? Marah? Mau marah, Om?" Gea semakin geram dengan Ale. 

Namun, di tengah-tengah perdebatan mereka di tengahi oleh Vella yang menghentikan perdebatan konyol mereka. Vella tidak menyangka jika Ale masih mengingat Gea.

"Tuan Ale, tolong maafin adik aku, ya." katanya. "Dan untukmu Gea … minta maaflah dengan Tuan Ale. Kamu tidak sopan jika bersikap seperti itu. Beliau ini adalah calon iparmu, Ge!" bentak Vella.

Ale hanya menatap Gea saja, ekspresi wajahnya berubah ketika Vella membentaknya. KArena itu permintaan kakaknya ... akhirnya Gea mau minta maaf kepada Ale dan tidak akan mengulangi sikap buruknya dikemudian hari.

"Adik?"

"Adik darimana? Bukan kah … kamu putri tunggal dari Tuan Rendra?" tanya Ale dengan tatapan tajamnya.

"Sebenarnya ... dia adalah adik kandungku yang hilang selama 18 tahun, Tuan. Dan kami baru saja bertemu," jelas Vella.

"Baiklah, ini semua demi Kakakku. Maafin aku!" ketus Gea mengulurkan tangannya. 

"Em …." Ale hanya mengangguk-angguk saja. Ia juga tidak ingin memperpanjang masalah sepele, karena akibatnya akan fatal. Menyadari jika Nenek dari Vella memiliki tempramen yang sangat buruk.

Saat mereka bersentuhan, ada rasa yang berbeda. Mereka seperti tersengat listrik yang membuat mereka terkejut. Lalu, kemudian saling menatap. Gea pun cepat-cepat mengajak Vella untuk menjauh dari Ale.

"Gea …."

"Gea, kenapa dengan dirinya? Ada apa dengan dirinya. Dia seperti memiliki magnet yang bisa menarikku ke dunianya. Siapa dia?" Gumam Ale.

Pandangan Ale terus tertuju kepada Gea meski dari jauh. Memastikan kembali dengan apa yang tejadi pada perasaannya. Jantungnya terus berdesir ketika setiap kali menyebut nama Gea.

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status