Share

Akad

Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. (surat Ar Ruum ayat 21)

Pernikahan bukan hanya menyatukan kedua insan menjadi sepasang suami istri dan mengandung kebolehan melakukan hubungan suami istri, melainkan menikah juga juga salah satu cara memperkuat ibadah, penyempurna agama.

Hal ini sesuai dengan hadits tentang pernikahan yang diriwayatkan oleh Baihaqi, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila seorang hamba menikah, maka telah sempurna separuh agamanya. Maka takut lah kepada Allah SWT untuk separuh sisanya."

Selain itu pernikahan juga bertujuan untuk memperoleh keturunan. Dalam hadits riwayat Ahmad, Ibnu Hibban, dan Thabrani, Rasulullah SAW bersabda "Nikahi lah wanita-wanita yang bersifat penyayang dan subur (banyak anak), karena aku akan berbangga-bangga dengan (jumlah) kalian di hadapan umat-umat lainnya kelak pada hari kiamat."

"Bismillah Can, niatkan semua ini karena Allah" ujar Haris menepuk pundaknya dengan tersenyum menguatkan. 

Haris tahu bagaimana rasanya ketika dihadapkan dengan detik-detik paling menegangkan mengenai masa depan hidupnya. Rasanya sungguh tak karuan, makannya ia mencoba untuk menguatkan sahabatnya itu dengan menyuruhnya berdoa, sebab dengan berdoa semua akan merasa lebih baik. 

"Iya Ris, tapi gue masih gak yakin mau nikahin cewek preman kaya dia," keluh Candra dengan tangan mengusap wajahnya kasar.

"Kalau lo gak yakin, terus ngapain lo terima perjodohan ini? Apa cuma gara-gara masalah izin rumah sakit itu?" tanya Haris menyelidik. 

Anggukan lemah Candra berikan sebagai jawaban membuat Haris nampak mengelus dada, sungguh tak percaya. Cuma gara-gara impiannya ia rela merusak impian yang lain, ia tak pernah berpikir jika keputusannya akan melukai gadis yang akan ia nikahi tanpa cinta nanti. 

"Pengecut!" ujar Haris dengan senyum menyeringai membuat Candra mendongak dan menatapnya lekat. 

"Maksud lo apa, hah?!" tanya Candra sedikit emosi. 

"Hanya laki-laki pengecut yang rela mengorbankan kebahagian orang lain demi impiannya," sinis Haris. Sungguh, Haris tak suka jika ada perempuan yang dijadikan sebagai korban dalam mewujudkan mimpi sahabatnya itu. 

"Maksud lo apa, hah?!" emosi Candra dengan menarik kerah kemeja Haris, membuat tubuhnya kini berada sangat dekat dengan tubuh Candra. 

"Ubah niat lo itu Can, gue gak mau kebahagiaan lo dan calon istri lo terbunuh akibat mimpimu itu. Jika tidak, pernikahan kalian tidak akan pernah bisa bahagia. Gue gak mau lo nyesel" jelas Haris membuat cengkraman lengan Candra di kerah kemeja Haris kini terlepas. 

"Jika tidak di dasari cinta, setidaknya dasari dengan niat untuk beribadah karena Allah," sambung Haris.

Candra semakin dibuat bingung sekarang. Perkataan Haris seakan bagai palu godam yang menghantam hatinya, begitu mengena. Haris benar, pernikahan ialah sesuatu yang sakral, jika tidak didasari cinta maka harus diniatkan untuk beribadah.

Lalu bagaimana dengan dirinya, apa ia sanggup menjalankan perbikahan ini tanpa adanya cinta? Apa ia mampu menjalankan pernikahan ini hanya demi beribadah padanya? Bersama perempuan yang bahkan Candra rasa perempuan itu tidak akan membantunya untuk menjalankan ibadah ini. 

"Masih ada waktu lima belas menit lagi sebelum kita berangkat kerumah calon istrimu, pikirkan dengan baik. Meneruskan perjodohan ini dengan niat beribadah atau membatalkannya!" ucap Haris sebelum ia pergi dari kamar Candra. 

"Arghhhh... Lalu gue harus apa sekarang?" kesal Candra dengan bertanya pada dirinya sendiri setelah kepergian Haris beberapa detik yang lalu. 

***

Setiap perempuan pasti memiliki pernikahan impian,mereka akan melakukan apa pun demi mewujudkan impiannya lain hal nya dengan Ayana gadis tomboy ini seperti tak pernah mempunyai tujuan hidup bahkan tak pernah terpikirkan akan pernikahan impiannya. Hidupnya selalu datar, apapun yang menjadi takdirnya ia akan jalani meski hati meronta-ronta untuk berprotes, tapi yasudahlah demi keluarga setidaknya wanita tomboy ini berguna bagi keluarganya. Pikirnya, meski kehidupan masadepannya harus dipertaruhkan. 

Ayana nampak tersenyum miris melihat penampakannya dalam pantulan cermin. Wajah khas premannya sekarang sudah berubah bak seorang putri raja yang begitu cantik dan mempesona berkat para tangan perias kepercayaan keluarganya. 

Wajah yang nampak tak tidur semalaman itu kini terlihat begitu segar, hanya karena riasan make up yang baru kali ini ia pakai. Sial, gara-gara sang kakak kini kehidupan liarnya terancam dan itu sungguh membuat Ayana tak bisa memejamkan matanya semalaman. 

"MasyaAllah, ini kamu nak? Cantik banget,pangling ayah lihatnya" ucap Herlan sambil memeluk putrinya dari belakang dengan penuh kasih sayang. 

"Ayah aja pangling apalagi gue, risih tau yah dandan kaya gini. Gerah!" protes Ayana membuat Herlan terkekeh dengan perkataan putri bungsunya itu. 

"Makannya jadi perempuan itu, feminim sedikit kek. Gak usah kayak laki, banyak tingkah" kekeh Herlan. 

"Wah, ini nih yang kaya gini yang suka nuntut. Bukannya ayah dulu bilang sama bunda kalau ayah pengen banget punya anak cowok lagi pada saat Aya masih di kandungan bunda? Jadi jangan salahin Aya dong kalau Aya kayak gini, haha" bela Ayana dengan tawa miris. 

"Iya, maafin Ayah. Gimana sudah siap kan? Bentar lagi, keluarga calon suamimu datang" ucap Herlan menatap Ayana pada pantulan cermin yang sungguh membuatnya takjub, putri bungsunya kini begitu cantik sekali. 

"Siap tidak siap, emang Aya dituntut harus siapkan" ucap Ayana sinis. 

"Maafkan Ayah, kamu harus menanggung semua resikonya gara-gara kakak kamu. Mungkin ini sudah menjadi jalan takdir jodoh kamu, sekali lagi maafin Ayah" ucap Herlan sesekali mengecup puncak kepala putri bungsunya dengan lembut. Entah ada rasa sesak yang luar biasa dihati Ayana ketika Herlan sang ayah yang begitu tegas nan keras kala mendidik anak-anaknya kini bersikap lemah lembut bahkan seperti penuh penyesalan terpancar dari wajah tegasnya dan baru kali ini Ayana merasakan kembali kecupan dari sang ayah. 

Ayana hanya diam, tak mampu berucap lagi. Asal kalian tahu, sejak dirinya menjadi tumbal perjodohan ini. Hidupnya seakan tak ada guna, sempat menyerah dan putus asa namun tak sampai berpikir untuk menghilangkan nyawanya sendiri seperti apa yang kakaknha lakukan, sebab ia masih sayang tubuhnya dan masih menginginkan hidup lebih lama lagi untuk mengumpulkan bekal ke akhirat nanti. 

Sejujurnya ia ingin sekali mengutuk kakaknya yang terlihat seperti bidadari namun dalam sekejap berubah menjadi iblis bahkan seperti malaikat pencabut nyawa bagi dirinya. Dan mulai hari ini dan seterusnya Ayana telah memblack list kakak perempuannya dari daftar orang kesayangan dihatinya. 

"Haduh, kalian kenapa malah bengong disini? Ayo cepat, itu semua udah siap Yah" ucap Ratih dengan heboh menemui mereka. 

"Iya ini juga kita mau keluar.Lihat Mah, putri bungsu kita cantikkan" seru Herlan memuji Ayana didepan istrinya. Heni nampak melihat sekilas, kemudian kembali fokus melihat suaminya tanpa ada pujian sedikit pun terlontar dari mulutnya untuk Ayana, putri bungsunya. 

"Mah, kok diam? Kenapa? Takjub ya?" tanya Herlan. 

"Enggak, ayo ah cepat mereka sudah lama menunggu" jawab Heni mengajak mereka untuk segera turun. 

"Yah?" panggil Ayana ragu. 

"Ya sayang, kenapa?" 

"Bolehkah Ayana menunggu disini saja?" pinta Ayana. 

"Kenapa? Kamu mau kabur?" tanya Heni sinis. 

"Ibu tenang saja, saya tidak akan kabur kok."

"Yasudah, kamu tunggu disini saja. Biar anak buah Ayah yang nungguin dan kamu diluar" putus Herlan pada akhirnya ketika melihat wajah cantik Ayana berubah sendu. 

Ayana mengangguk, ia kemudian duduk kembali tanpa melihat kedua orangtuanya yang kini berjalan keluar, meninggalkannya seorang diri. 

"Arggh, ini gara-gara lo kak. Gue jadi korban disini, kakak sialan!" racau Ayana setelah kepergian sang Ayah dari kamarnya.

Dengan penuh amarah, Ayana memecahkan satu bingkai foto yang dimana, foto tersebut menampilkan dirinya dengan bahagia memeluk sang kakak. Marah, kecewa, benci kini yang ada dihati ayana untuk sang kakak apalagi ketika ia mendengar begitu lantangnya suara Candra mengucapkan akad nikah dengan benar tanpa melakukan kesalahan satu pun. Begitu lancar dan mulus. 

"Saya terima nikah dan kawinnya Ayana Ayu Wiratmi kencanasari Handoko binti Herlan Handoko dengan mas kawin seperangkat alat solat dan sebuah berlian sepuluh krat dibayar tunai!" ucap Candra dengan lantang membuat Ayana menghela napas berat. Kini dirinya telah sah menjadi nyonya Candra, dosen yang paling ia benci di kampus. 

"Bagaimana para saksi, Sah?"

"Sah" seru para saksi dan tamu undangan dengan begitu lantang nan riuh yang Ayana dengar dari pengeras suara.

"Mulai hari ini dan seterusnya, lo bukan lagi kakak gue!" ucap Ayana dengan penuh emosi menginjak foto tersebut. 


Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status