Share

6. Mantan Pacar Suami

Mata Kirana lekat menatap Raina yang sedang mencuci piring sehabis makan bersama tadi. Iri, harusnya dia yang menjadi tuan rumah. Membuat sarapan tiap hari untuk Devan adalah impiannya. Apalagi Kirana pintar masak. Dia ragu, apakah bocah yang hamil diluar nikah seperti Raina bisa masak sehebat dirinya.

Raina lebih cantik darinya. Kirana sangat yakin, Devan tidak akan berpikir dua kali untuk jatuh cinta pada Raina, kalau saja Raina tidak berlaku keji di masa lalu bersama Dhaka, hingga hamil diluar nikah.

"Raina, numpang ke kamar mandi bentar, ya!" Senja datang menghampiri.

"Kamar mandinya sebelah sini, Mbak." Raina berjalan ke arah kamar mandi menunjukan letak kamar mandi pada Senja.

"Oke, makasih, Rain." Senja masuk ke kamar mandi, sambil membawa Fanza, karena Fanza pup.

Raina kembali ke wastafel, ternyata Kirana sudah menggantikan mencuci piring, membuat Raina merasa tidak enak.

"Biar sama saya aja nanti, Mbak," kata Raina.

"Gak apa-apa, kok. Santai aja."

"Serius saya gak enak. Oh iya, kita baru pertama bertemu hari ini. Nama mbak siapa?"

"Panggil aja Kirana," jawab Kirana, dia tidak menatap Raina. Hanya fokus pada piring kotor di hadapannya.

"Apa, Mbak pacarnya Mas Dewa?"

"Bukan."

"Oh, tadinya kukira gitu."

"Raina!"

"Ya?"

"Boleh kita tukeran nomer HP, buat nambah-nambah temen aja."

"Oh, boleh." Raina menjawab dengan canggung sekaligus senang.

Raina bersorak di dalam hati mendapat teman baru. Dan ini adalah teman Devan, siapa tahu Raina bisa mengorek informasi lebih banyak tentang Devan, untuk mengambil hati suaminya itu. Seperti tempat berlibur kesukaan Devan yang hingga kini, belum Raina ketahui.

Raina melihat Kirana tertunduk saat menyimpan nomer ponsel Raina. Dan saat itulah Raina sadar akan sesuatu, dalam posisi Kirana seperti itu, Kirana sangat mirip dengan wanita yang dia lihat di laptop Devan. Atau jangan-jangan memang ini orangnya. Raina jadi deg-degan.

"Thanks Raina, udah aku save nomer kamu. Kapan-kapan kita meet up berdua, ya! Kamu belum tahu kan seluk beluk tempat bagus di sekitar sini?"

"I-ya." Raina tak bertenaga untuk menjawab.

"Oke, someday kamu bakal punya pengalaman paling hebat sama aku."

Senja keluar dari kamar mandi, dia melihat suasana dingin dari kedua orang yang sedang berbincang di depannya. Senja tak ingin ikut campur meskipun tahu Kirana adalah mantan Devan.

Raina menyadari kehadiran Senja, lalu sengaja menghampiri Senja demi mengakhiri kecanggungan bertatap muka dengan Kirana.

"Mbak udah dari kamar mandinya?"

Senja mengangguk. "Udah."

"Coba aku gendong Fanza bentar."

"Silakan, Rain!"

"Wah, berat juga, ya, Mbak!"

Senja terkekeh. "Iya, Fanza endut emang."

Sementara itu, Devan menghampiri Dewa yang sedang minum kopi di halaman depan. "W*, dia kenapa bisa ikut?"

"Kirana?"

"Iya. Gak ada info ke gua dia mau ikut."

"Sorry, Van. Pas mobil gua mau meluncur ke mari, eh die tiba-tiba ngikut aja, gitu. Yah mau gak dibolehin gimana, iye, pan?"

"Oh, gak apa-apa, sih, W*. Cuma gua kaget aja dia datang."

Sebetulnya memang tak masalah karena sudah jadi mantan. Namun Dewa tahu Devan gagal move on dari Kirana, sehingga membuat Dewa tak enak hati.

Obrolan singkat itu terhenti saat Kirana, Senja dan Raina melintas di depan mereka.

Tak lama setelah itu, semua teman-teman Devan pamit. Suasana canggung kembali ketika hanya ada Devan, Raina, dan Zian di rumah.

***

Devan nekad masuk ke grup F*. Grup yang katanya suka memberi solusi jika ada wanita yang terkena syndrom baby blues. Barusan, Devan melihat Raina lagi-lagi tersenyum pada hujan. Dia rasa, hal tersebut jangan terlalu lama dibiarkan.

Devan mendapat link grup dari Senja via W*. Dia memulai postingan pertama setelah di ACC.

"Assalamualaikum, Saya mau tanya, istri saya aneh akhir-akhir ini. Kemarin dia memukul-mukuli kepalanya sendiri, wajahnya sering memerah jika saya sapa, dan juga jika hujan turun dia sering tersenyum pada hujan. Pernah tersenyum pada piring kosong, dan sempat saya pergok lagi nangis saat dia lagi sendiri. Apa itu salah satu gejala Postpartum depression? Info tambahan, putra kami baru mau menginjak 6.5 bulan."

Ada satu balasan yang masuk tidak lama setelah dia memposting pertanyaan itu. "Maaf Mas, dari ciri-ciri yang Mas sebutkan, itu tanda-tanda orang sedang jatuh cinta."

"Saya serius!!!" Devan membalas sambil membubuhkan emoticon wajah datar.

Ada balasan dari akun lain. "Jika dalam tiga hari istri bapak masih berprilaku sama. Fix! Istri bapak Indigo."

Devan mendengkus, geram. Kenapa netizen tidak ada yang serius menjawab pertanyaannya. Hingga akhirnya dia mendapat balasan lain yang sepertinya akan memberi dirinya solusi.

"Bahaya, Mas. Itu tidak bisa dianggap sepele, sesuatu yang bahaya akan terjadi jika dibiarkan."

"Solusinya apa?" tanya Devan tanpa basa-basi.

"Solusinya ajak istrinya jalan-jalan."

"Saya serius." Balas Devan dengan emoticon marah.

"Saya juga serius, Mas. Healing atuh healing," balas akun itu.

Tidak lama setelah itu Devan kena kick oleh admin. Tanpa Devan tahu, grup itu tidak boleh ada member laki-laki di dalamnya. Devan membaca lebih teliti nama grup KISCDM ( Komunitas Ibu Sehat Cantik dan Menyenangkan). Barulah, Devan paham kenapa dia bisa di-kick.

Sebetulnya, Devan bertanya di grup bukan karena perhatian pada Raina. Hanya saja, dia tidak ingin penghuni rumah ini ada yang terkena gejala depresi. Bisa bahaya, jika tiba-tiba ada mayat di rumahnya, seorang ibu mati bunuh diri karena depresi. Jika hal itu beneran terjadi, dia malas memberi keterangan pada polisi.

***

Beberapa hari ini, smart phone Raina penuh dengan notifikasi dari Kirana. Hanya percakapan basa-basi atau pun obrolan wanita pada umumnya, seperti ngomongin make up atau pun diskon belanja. Lumayan, dia jadi tidak begitu sepi.

Apalagi kini, Devan sudah dua minggu, kadang pulang kadang tidak. Entah tidur di mana, Devan juga tidak cerita. Devan hanya mendekati Raina jika perutnya sudah lapar, dan minta dimasakkan sesuatu oleh wanita itu.

"Raina, ketemuan yuk. Mumpung Mbak lagi libur kerja. Mau cobain dessert box Mbak Mel gak, yang viral di I*******m?"

"Boleh, Mbak. Kapan? iya aku mau coba, kebetulan jarang kemana-mana. Mau main gak ada temen."

"Sekarang aja, kalau besok aku masuk kerja. Lagian Cafe Mbak Mel 'kan dekat dari rumahmu."

"Oke, sore aja ya, biar keluarnya gak panas."

"Oke, Mbak tunggu jam 4 sore."

Raina pergi menggunakan grab yang ia pesan. Mulai berangkat Jam 15.50 WIB. Tempatnya dekat, meski macet dia tidak akan terlambat datang.

Kirana melambaikan tangan pada Raina. Tak lama, Raina menghampiri meja yang ditempati Kirana. Mereka duduk berdua layaknya teman akrab. Bahkan, Kirana memberi Zian sebuah kado.

Raina tidak tahu apa isi bingkisan itu, tapi dari bungkusnya saja sudah terlihat mahal.

Kirana lebih banyak bicara, apalagi setiap kali menyendok desert box, setiap kali dia komen seperti acara kuliner di televisi atau pun YouTube. Raina takjub, dan merasa bahwa Kirana orang yang menyenangkan.

Hingga akhirnya, obrolan mereka makin aneh sampai membahas privasi dan masa lalu.

Dan akhirnya, hati Raina bagai dihujani batu saat Kirana mengaku bahwa dirinya adalah mantan Devan. Sebetulnya, santai saja toh hanya mantan. Tapi kalimat selanjutnya yang membuat Raina panas dingin.

"Raina, boleh gak kalau aku minta tolong sama kamu, buat tinggalin Devan."

Tertegun, lagipula tidak ada alasan buat Raina menuruti keinginan Kirana. Dia bukan siapa-siapa, hanya masa lalu Devan. "Mbak jangan becanda!"

Kirana menyesap ice matcha latte miliknya sebelum berkata kembali pada Raina. "Siapa yang becanda. Aku sama suamimu masih komunikasi, kok. Kami harusnya bisa balikan, cuma Devan gak enak sama kamu."

Raina terpukul, ingin rasanya segera pergi dari tempat itu. Jika bisa, dia ingin meledakan kepala Kirana dulu sebelum pergi.

"Kenapa diam?" tanya Kirana, karena dia tidak mendapat jawaban apapun kecuali tatapan sinis dari Raina.

Raina tetap bungkam, dia memilih memalingkan muka.

"Ayolah, Raina. Kamu bukan korban di sini. Aku tahu anakmu itu anak siapa, bukan anak Devan 'kan? Apa kamu tidak malu hidup menumpang jadi benalu?"

Raina mendengkus, mulai menatap Kirana, dengan tatapan menghakimi, meminta Kirana menyudahi ucapannya. "Cukup!"

"Maaf Raina, aku hanya berkata jujur. Aku hanya kasian pada Devan, sepertinya dia tertekan hubungan sama kamu."

Tertekan? Apa benar? Raina merasa menjadi orang paling bodoh. Hanya karena dipeluk satu kali, dan dipanggil dengan kata sayang satu kali, membuat dirinya merasa dicintai. Setelah dipikir-pikir, mungkin Kirana sudah mendapat pelukan dari Devan puluhan kali, atau bahkan ciuman yang bertubi-tubi. Raina mulai goyah, bisa jadi dia mengabulkan keinginan Kirana.

"Rain, kalau saran dariku. Mending kamu mundur duluan, deh. Devan itu terlalu baik, dia mana tega ninggalin cewek manja beranak satu kaya kamu."

Melihat wajah Kirana yang memelas membuat Raina merasa jijik, tampak dibuat-buat. Tapi Raina bukan tipe cewek bar-bar yang mudah mengumbar amarah di sembarang tempat.

"Aku pamit, gak ada yang mau dibahas lagi 'kan?" tanya Raina sambil tersenyum. Pura-pura kuat, padahal aslinya ingin sekali mencekik wanita di hadapannya itu.

"Ckk ... aku gak nyangka ya kamu keras kepala juga. Makannya kalau mau bertahan hidup tuh kerja kaya aku, bukannya numpang sama orang yang harusnya jadi kakak ipar kamu. Gak malu, ya?"

Raina jadi sakit kepala mendengar wanita ini bicara nyerocos seperti burung gagak. Raina melihat jam di tangannya. "Sudah sore, Zian juga udah mulai risih." Zian meronta di saat yang tepat.

"Tunggu! Aku harus tau jawabanmu dulu, kamu bersedia 'kan tinggalin Devan? Biarkan kami hidup bahagia, dia hanya cinta sama aku, tolong kamu jangan egois."

Raina bersikap bodo amat, hanya memandang wajah anaknya. "Yuk, sayang kita pulang!"

Raina mencari taxi, sebelumnya dia mampir ke gerai make up terlebih dahulu, mumpung masih di luar.

Smart phone Raina berbunyi saat dirinya masih di dalam taxi. Ada panggilan masuk dari Devan. Tumben sekali Devan menelepon.

"Hallo."

"Hallo, ada apa, Bang?"

"Raina, aku mau kasih tahu, hari ini aku pulang ke rumah."

Mau Devan pulang ke rumah, atau pun mau pulang ke surga sekalipun, Raina tidak peduli. Dia sangat kesal saat ini. "Iya, terus kenapa, Bang?"

"Jangan lupa masak, ya!"

"Mau makan sama apa? ada udang, daging, ikan patin."

"Udang saus tiram."

"Oke."

"Kamu ada di mana? Kaya ada suara mesin mobil?"

"Habis jalan-jalan, nyobain dessert box Mbak Mel sama belanja make up juga. Ini lagi di jalan menuju pulang."

"Ya, sudah hati-hati!"

Sambungan telepon diakhiri. Raina geram, sepertinya pria ini menganggap dirinya ini catering. Hanya dihubungi saat ingin makan saja.

***

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status