Share

Iunch

Hari demi haripun berlalu begitu cepat. Semenjak kedatangan Pak Zainal di apartemen Venna. Semenjak itu Venna tidak lagi menutup komunikasi antara dia dan sang Papa. Ia sadar, tidak harus menjauhi Papanya. Jika jarak dia dan papanya semakin renggang akan lebih mudah bagi Sellin Karlina-mama sambung, memperngaruhi pikiran sang Papa. Bisa jadi harta menjadi incaran Sellin. Jadi, Venna memutuskan untuk membuang sedikit egoisnya. Demi menyelamatkan Papa dari cengkreman wanita itu.

Dia membiarkan Papanya menyadari siapa wanita yang di sampingnya suatu saat ini. Yang terpenting, hubungan dia dan sang Papa baik-baik saja. 

Hari ini Venna telah mempunyai janji dengan sang Papa. Pak Zainal mengajak Venna untuk makan siang di luar tidak jauh dari kantornya. Sekarang Venna telah menuju ke sana. Meninggalkan Cafe yang di kendalikan oleh Gina. 

Sinar sang surya begitu terik menyinari alam semesta. Terjebak di kemacetan suatu hal yang sangat di benci oleh pengendara. Di bawah sinar matahari, seolah kulit merasa terbakar. Bersyukur Venna berada di dalam mobil. Setidaknya ia terlindungi dari paparan surya.

Venna melirik jam mewah yang melingkar pergelangan tangan. Jam itu pemberian dari Xandro. Sebagai hadiah ulang tahunnya, di tahun kemaren.

Dalam ingatan Venna, masih tersemat jelas bagaimana kebahagiaan mereka semasa hidup Nyonya Dilora Jennifer, mamanya. Namun, hanya sekelabat bayangan yang selalu terlintas di pikiran wanita itu semenjak ke pergian sang mama.

Satu jam kemudian, Venna sampai di restauran tersebut. Melangkah masuk ke restauran. Bola matanya menelusuri seluruh dalam Cafe. Hingga lambaian tangan dari lelaki paruh baya, di tangkap oleh ke dua mata Venna. 

Venna menarik senyum dari sudut bibirnya."Pa..."Venna mencium ke dua pipi Pak Zainal.

"Maaf, Pa, lama menunggu." Venna mendarat duduk di kursi berhadapan dengan Pak Zainal.

"Tidak apa, sayang!" Pak Zainal berucap."Bagaimana keadaanmu, sehat?"

"Seperti yang Papa lihat. Aku sehat dan terlihat cantik!" Venna terkekeh mendengar ucapannya sendiri.

"Kau memang cantik! melebihi mama mu," masih terpatri jelas di ingatan Pak Zainal, wajah Nyonya Dilora.

"Kau mau makan apa, sayang?" 

"Apa Papa masih ingat makanan ke sukaan ku?" tanya Venna menyelidiki.

"Hemmm...baiklah, Papa pesankan untuk mu!" Pak Zainal mengangkat tangannya membentuk sebuah panggilan kepada pelayan.

Hingga salah satu dari mereka menghampiri meja Pak Zainal dan Venna. Beliau menyebutkan makanan apa yang dia pesan dan sang putri. Pelayan itu mencatat dengan baik pesanan mereka.

Setelah selesai pelayan itu mencatat semua pesanan. Dia pamit undur untuk mengambil pesanan mereka.

"Kenapa kau dari kecil sampai dewasa belum juga berubah? makanan favoritmu masih sama. Apa kau tidak bosan?" tanya Pak Zainal.

Venna menggeleng."Aku rasa belum...enggak tau deh, suatu saat nanti."

"Apa dia tahu kita bertemu di sini,Pa?" Maksud Venna sang Mama sambung.

Pak Zainal tertawa kecil, ia tidak menyangka putrinya menanyakan hal itu."Tidak!! Papa dari kantor langsung menuju sini. Apa kau ingin dia ada di sini?" timpal Pak Zainal kembali.

Venna menggeleng cepat. Dengan muka masam ke arah sang Papa."Jika dia disini, aku yang akan pergi!"

Tawa Pak Zainal berderai." Kenapa kau sangat membenci dia?" Seolah pertanyaan itu belum ada habis-habisnya.

"Sudahlah, Pa! aku udah sering bangat menjelaskan pada, Papa. Hanya saja papa tidak mau mendengarkan ku," keluh Venna. Mukanya berubah cemberut.

"Aku tidak suka dia! perasaan ku mengatakan dia tidak baik untuk papa!" ulasnya.

Pak Zainal terpaku. Dia tidak habis pikir, bagaimana putrinya itu sama sekali tidak menyukai Sellin-mama sambung Venna. 

Apa iya, Sellin seperti yang di katakan Venna? Tapi, selama yang terlihat di matanya, Sellin bersikap baik kepada Venna. Ia juga hanya di rumah saja. Menunggu Pak Zainal pulang. Apa benar juga, dia baik hanya di depan dia saja?!"

Semua oertanyaan itu berkelana di pikiran lelaki paruh baya. Lamunannya membuyar, saat Venna menyeru namanya. Dan tangan menggoyang bahu pak Zainal.

"Pa...papa baik-baik sajakan, pa?"

Pak Zainal terjingkrak. Kedua bahu pak Zainal ikut melorot dari rasa terkejutnya itu."Eh..Mmm...ya, Papa baik-baik saja!"

"Apa ucapaan aku nyakitin, papa?" tanya Venna lirih. Wajahnya berubah sendu.

"Tidak...tidak!" Pak Zainal memaksakan senyum dari raut wajahnya. Ia berusaha menyimpan segudang pertanyaan itu dalam pikirannya." Kata siapa papa sedih."

Pembincangan mereka terhenti. Saat pelayan datang dengan nampan di tangan. Dua buah makanan di atas piring lebar telah siapa ia sajikan. Meletakan satu persatu piring tersebut diatas meja.

Suapan demi suapan mengisi mulut anak dan Bapak itu. Menikmati setiap gigitan dari makanan. Rasa yang lezat begitu terasa di lidah. Mengecap dengan baik.

"Bagaimana dengan hubunganmu, dengan Xandro?" tanya pak Zainal di sela-sela makanannya.

Venna seketika tertegun. Biar bagaimanapun, ia sedikit malu jika sang papa menanyakan soal percintaannya. Mata Venna membuang ke sembarangan arah." Semuanya berjalan seperti biasa, pa!"

Pak Zainal tidak pernah melarang Venna bergaul dengan siapapun. Bukan berarti dia tidak mamantau pergaulan sang putri. Tanpa sepengatahuan Venna ia terus di pantau lewat orang suruhan Pak Zainal. Seandainya Venna tau, tentunya gadis itu akan berang terhadapnya. Tapi untungnya Venna tidak termasuk anak yang melalaikan kepercayaan orang tua.

Tentang hubungan Venna dan Xandro, tentu saja lelaki paruh baya itu tahu. Enam tahun lamanya hubungan mereka, diam-diam pak Zainal menginginkan hubungan mereka di teruskan untuk ke jenjang selanjutnya.

Dia menaruh harap terhadap Xandro. Semoga lelaki itu selalu mencintai Venna, menyayangi dia dan menjaganya selalu. Semoga Xandro memang lelaki yang baik dipilih oleh Venna.

Pak Zainal tidak terlalu menilai soal derajat. Berkasta apa lelaki itu, apa pangkatanya? dari keluarga mana ia berada? harta tidak jadi pembanding baginya.

Pak Zainal hanya memerlukan lelaki yang mampu mengembani tanggung jawab penuh atas hidup Venna dan anaknya nanti. Sebagai ayah, tidak ada yang lebih bahagia dari kebahagian putrinya.

Dia memberikan Venna kebebasan dalam memilih pasangan hidup. Jika memang dia tahu lelaki itu tidak benar untuk Venna. Dia akan menentangnya. Tapi selama dalam penglihatannya terhadap lelaki itu, cukup baik. Dia juga tidak pernah menjodohkan Venna dengan anak rekan bisnisnya. Pak Zainal tidak ingin membuat Venna terikat pernikahan berdalang bisnis.

"Hemm...apa kalian tidak mau melanjutkan hubungan kalian ke jenjang selanjutnya.?" tanya Pak Zainal to the poin. Ia bertanya tanpa menaikan kepalanya melihat Venna.

Venna yang tadinya hanya menunduk kepala, ia mengangkat tatapannya melihat pak Zainal. Ia masih bergeming, melumat sisa-sia makanan di dalam mulutnya. Lalu mengambil segelas air untuk memaksa makanan itu agar turun cepat ke dalam lambung.

"Papa do'a kan saja, pa! Jika dia memang baik untuk hidupku, baik untuk masa depanku nanti, kami pasti akan mengikat hubungan ini lebih erat lagi," tutur Venna.

Dia tidak ingin memberi harapan kepada papanya. Dengan mengucap kata bahwa Xandro akan melamarnya segera mungkin. Itu akan lebih buruk baginya jika memang mereka tidak berjodoh kelak.

"Tidak berjodoh,"ah...rasanya sungguh berat mengiklaskan semua ini. Hubungan enam tahun harus kandas. Lebih baik mati saja! 

Pikiran Venna berkelana buruk. Hingga membuat dia memejamkan matanya disertai gelengan kepala. Bersyukur sang papa tidak melihat itu.

Sedetik kemudian pak Zainal mengangakat kepalanya menatap Venna. Tangannya meraih segelas air, lalu meminumnya. Dan melap bibir dengan sehelai tisu bekas minuman air yang ia teguk.

"Tapi, ingat! kau harus tetap menjaga diri. Agar tidak terpengaruh pergaulan bebas. Dan jalani hubungan yang sehat!" ujar pak Zainal. Menasehati sang putri satu-satunya.

Venna mengangguk dengan senyuman mengembang. Mendengar nasehat sang Papa.

Bersambung...

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status