Share

4. Tuhan, Rubahlah Takdirku

“Pergiiii! Pengacau!” usir Arini hingga urat kepalanya menonjol ke luar.

Susan tidak pernah dibentak seperti itu. Jemari lentiknya langsung menarik bisep kekar di sebelahnya. Dia tidak ingin mendapatkan perlakuan yang lebih dari itu.

Erik masih tidak bisa berpaling dari wajah Arini. Hatinya ingin sekali memeluk gadis itu. Mengapa setelah dia pergi rasa itu malah muncul semakin menjadi. Apakah ini yang dinamakan karma?

“Sayang, ayo cepat kita pergi!” Susan mengerutkan keningnya.

“Iya,”

Langkahnya terasa berat. Padahal ia ingin sedikit lebih lama berbincang dengan Arini. Bagaimanapun juga, lima tahun bukanlah waktu yang sebentar. Banyak cerita dan asa yang pernah mereka bangun bersama. Hanya karena hadirnya seorang wanita yang lebih menarik dan juga tingkat koneksinya yang cukup tinggi membuatnya harus melepaskan Wanita berambut coklat itu.

Suara keras pintu tertutup membuat tanda jika Arini tidak baik-baik saja. Kedatangan Lelaki yang sudah mengisi lima tahun hidupnya membuat air mata wanita itu jatuh tak tertahankan. Dadanya terasa sesak saat melihat kembali wajah lelaki itu. Tangannya terus mengurut dada. Tidak pantas nama lelaki itu terus berada di dalam hatinya.

Arini melihat ke arah dinding kamar. Dia melihat kalender dua hari lagi tanggal jatuh tempo kontrakannya. Dalam hatinya terus bertanya, mengapa Erik bisa mengetahui dia tinggal di sini. Apakah di hati Erik masih tersimpan namanya juga?

Tiba-tiba telepon Arini berdering membuyarkan lamunan. Dia lihat layar telepon, tampak nama Ibu yang tertera.

“Halo Bu,”

“Rin, Bapak sakit. Kamu cepat pulang ya,”

“Rini harus kerja Bu. Nanti siapa yang bayar obatnya kalau Rini tidak bekerja?”

“Ya ampun Nak, jika sampai Bapak kamu nggak ada, nanti menyesal.”

“….”

“Semua terserah kamu. Bukan soal uang saja yang kami butuhkan. Kamu anak satu-satunya kami. Sama siapa lagi coba,”

“Baik Bu, besok Rini pulang,”

Berat hati, dia memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya. Pikirannya pun sudah lelah dengan semua tindak tanduk  Erik kepada dirinya. Jika Erik terus berada di sekitarnya, bagaimana dia bisa membuka hati untuk yang lain.

Pagi sekali dia menyerahkan kunci pada pemilik kontrakkan. Arini membawa satu koper pakaian dan juga barang-barang kesayangannya. Taksi online sudah menunggu di depan gang untuk mengantarnya ke travel yang sudah dia booking pada malam hari.

“Bye, bye, sepertinya rezekiku bukan di sini,” Arini menyunggingkan sebelah bibirnya. Dia merasa konyol. Mimpinya terpaksa kandas setelah dia berjuang mendapatkan peran. Cintanya pun berakhir begitu saja dan dia masih memikirkan mantan kekasih yang sudah berpaling darinya.

Lima jam perjalanan, akhirnya Arini sampai di kampung halamannya. Sudah lima tahun dia tidak pulang. Hanya sambungan lewat telepon saja dia bisa berhubungan dengan kedua orang tuanya. Suasana kampung sudah jauh berbeda. Di sana sini sudah berdiri rumah megah dan juga ruko. Tempat yang dulunya area persawahan dan ladang kini berubah fungsi menjadi kontrakkan petak.

Arini menarik koper berjalan menuju rumahnya. Ada rumah yang sangat megah berada di antara rumah kecil di sampingnya. Ternyata rumah Arini berada tepat di samping rumah megah itu. Seperti bumi dan langit, sungguh ironi.

Dia mengetuk pintu rumahnya. Suasananya masih tidak berubah, masih seperti dulu. Ibu Arini membuka pintu, dia sudah menduga putrinya lah yang akan pulang. Lima tahun tidak bertemu, Ibu Arini melihat putrinya sudah semakin dewasa dengan tubuh semakin kurus. Seolah tinggal tulang berbungkus kulit.

“Rini, kenapa kamu menjadi seperti ini?” tanya Ibu Arini khawatir.

“Seperti bagaimana Bu?” tanya Arini heran.

“Kamu kurus sekali Sayang. Ayo bicaranya di dalam saja.”

Mereka pun masuk ke rumah. Ayah Arini ternyata tidak sakit. Dia baru saja pulang lewat pintu belakang sehabis menjalankan hobinya memancing.

“Ya ampun, Rini! Anak Bapak ini baru pulang? Kenapa nggak minta dijemput Bapak saja?” sapa Ayah Arini memeluk anak semata wayangnya.

“Bapak lebay, Rini baru saja pulang Pak. Kata Ibu Bapak sakit? Ih bohong dosa,” kesal Arini. Namun, dia senang jika ayahnya baik-baik saja.

Mereka bersenda gurau, melepaskan kerinduan setelah lima tahun lamanya tidak bersua. Arini bermanja pada kedua orang tuanya. Dia menyesal karena dia tidak menuruti pesan kedua orang tuanya untuk bersekolah yang benar dan serius bekerja.

Arini pun tidak luput menanyakan tentang rumah megah di samping rumahnya. Ternyata rumah itu mulai dibangun tepat sebulan setelah Arini merantau sebagai artis. Sungguh, dengan hadirnya rumah megah itu, perekonomian desa menjadi semakin membaik.

Keesokan harinya,

Arini merasa bosan berada di rumah seharian. Pagi sekali dia pergi berolah raga. Dia ingin meregangkan tubuhnya setelah berjam-jam dia melakukan perjalanan jauh. Dia memulai dari rumah menuju ujung jalan. Udara sejuk sungguh melegakan paru-parunya.

Saat dia hendak berjalan menuju area persawahan yang sedang tidak ditanami, Arini menghentikan langkahnya. Matanya tertuju pada sosok lelaki yang sedang berdiri sendirian sambil memegang kamera. Rasa penasaran wanita itu muncul, dia berjalan mendekat. Saat dia semakin mendekat, Lelaki itu melepaskan kameranya, melihat ada sosok yang sangat familiar di dalam hati.

“Astaga, Tio!” Arini membuka matanya lebar-lebar. Sosok Lelaki yang selama ini Arini cari keberadaannya, kini dia berada tepat tiga langkah di depannya.

“Arini,” ucap Tio sama terkejutnya.

Jantung Arini berdegup kencang, hatinya kembali ingat semua kenangan bersama lelaki yang pernah menjadi cinta pertamanya. Air matanya tiba-tiba berkumpul di sudut mata. Ingin sekali dia memukul lelaki ini. Jika saja debut pertama Arini itu bersama Tio, mungkin nasibnya tidak akan seperti saat ini.

“Kamu Arini, kan?” tanya Tio.

“Iya, aku Arini, lawan mainmu saat audisi film lima tahun yang lalu,” Arini membenarkan perkataan Tio.

“Apa kabar?” Tio mulai menarik garis bibir ke atas.

“Baik, kamu sendiri?” tanya Arini.

“Baik, Apa kamu sudah menikah sekarang?” tanya Tio penasaran.

“Cih, belum. Aku masih jadi jomblo kelas teri,” kelakar Arini.

“Hahaha, kenapa belum menikah? Kamu kan cantik,” puji Tio sambil memasukkan kameranya ke ransel.

“Kamu sendiri, sudah menikah belum?” tanya Arini berkacak pinggang.

“Belum,” Tio tersenyum.

“Berarti kita sama-sama nggak laku,” ucap Arini sambil tersenyum.

“Kenapa kamu di sini?” tanya Tio penasaran.

“Kampungku kan di sini. Rumahku di sebelah rumah yang paling besar itu.” Menunjuk rumah megah.

“Wah kita bertetangga ya rupanya,” Tio terlihat gembira.

“Memangnya kamu tinggal di mana?”

“Aku tinggal di rumah besar itu,” jawab Tio.

Arini menyeringai, sungguh, level dirinya dan Tio sangat jauh berbeda. Dia hanya anak seorang pegawai biasa, sedangkan Tio sudah dapat dipastikan dia adalah anak orang kaya.

“Rin, ayo kita sarapan bersama,” ajak Tio menarik jemari Arini.

Arini terdiam saat Lelaki tampan itu memegang jemarinya. Jantungnya masih saja berdebar sangat kencang, lima tahun bukanlah waktu yang sebentar. Namun, tetap saja sikapnya tidak berubah.

“Kamu kenapa Rin?” tanya Tio mengerutkan kening. Dia menghampiri Arini lalu menempelkan telapak tangannya ke dahi wanita itu. “Tidak demam ah,” lanjutnya.

“Aku baik-baik saja,” ucap Arini memalingkan wajahnya yang sudah memerah. Dia tidak bisa menahan perasaannya saat di dekat Tio.

Tio lalu menarik jemari Arini, rasa hangat menjalar ke tubuh Arini. ‘Aku masih suka sama kamu Yo,’ batin Arini. Tio pun sebenarnya sangat senang bisa bertemu dengan Arini. Ada perasaan suka yang tidak pernah bisa dia ungkapkan pada gadis yang menjadi cinta pertamanya itu.

Mereka berdua pun berhenti di sebuah warung nasi. Tio membeli makanan untuk sarapan bersama Gadis yang ada di hadapannya itu. Sarapan bersama setelah sekian lama tidak bertemu. Rasanya waktu ini ingin sekali Tio hentikan.

Obrolan ringan disertai canda dilakukan mereka berdua. Arini masih seperti yang dulu, murah senyum, rambutnya yang panjang dan tidak diikat selalu menyusahkannya saat makan. Seperti biasa, Tio pun selalu membantu Arini menyibakkan rambutnya. Jantung keduanya seketika berdegup kencang tidak tertahankan.

Mata Arini tertuju pada pemilik mata hazel itu. Dia masih saja perhatian dan sangat tampan. Mungkin ini sebabnya dia selalu menghindari kontak fisik dengan Erik. Sebab di dalam ingatannya sudah terpatri setiap Gerakan dan juga sentuhan yang Tio pernah berikan kepadanya.

Related chapters

Latest chapter

DMCA.com Protection Status