Share

4. SMP PENUH CINTA

Hari keduaku di sekolah yang baru, dengan segala kesibukan yang lain dari kebiasaan pagi -pagi sebelumnya yang aku biasa lakukan di Sekolah Dasar yang terletak dekat dari rumahku. Ya kalau enggak meramaikan hari, tentu rumahku tak akan ramai bukan? Siapa lagi yang mau buat gaduh dan ramai kalau bukan aku si Sintia.

"Ma, kok telur mata sapinya meleber si! Dan Ma sayur kacang panjangnya sudah matang belum?" 

"Cerewet ah kamu, nih masak sendiri kalau tidak percaya ke Mama." 

"Duh Mama, Aku kan mau mandi, nanti telat lagi." 

“Ya sudah sana, mandi saja duluan, jangan cerewet dan ganggu Mama masak!”

“Iya deh Ma, Aku mandi duluan dan bersiap saja.”

Seperti kemarin, kami bersiap mandi, dan sarapan pagi serta sedikit cemberut di wajahku setelah aku lihat telur mata sapi yang mama buat meleber ke mana -mana warna kuningnya, tidak pas di tengah sesuai yang aku inginkan, ingin komplain masalah telur mata sapi yang mama buatkan, takut di periksa guru atau kakak kelas nanti, gawat kalau aku sampai kena hukuman mereka karena tak sesuai yang di harapkan, seperti harus maju di depan kelas mengangkat satu kaki atau hukuman lucu lainnya yang selalu aku bayangkan. Ya sudahlah pasrah saja, berhubung mama sudah mandi dan beralih dari dapur untuk pergi kerja dan mengajar.

Aku selalu duduk di depan mobil bersama papa mendampingi papa mengemudi, angan-anganku nanti ingin sekali bisa mengemudikan mobil sendiri jika telah dewasa, sedang mama duduk di kursi belakang. Aku tambah volume tape mobilku biar meredam rasa takut dan gundah akibat si telur mata sapi tadi yang tak sesuai harapan dan tugas sekolahku.

"Sin, senyum dong." Papa mulai menggodaku kini. 

"Iya Pa, tapi takut dimarahi sama Pak Guru, aku takut di hukum." 

"Aduh Sin, mana mungkin sih diperiksa, percaya deh sama Papa." 

"Iya Pap." 

"Mama sama Papa semalam saja tertawa di belakangmu, kamu terlalu banget mengukuri kacang panjang pakai penggaris, Hahaha....tak akan di periksa, percaya deh sama papa.”

"Maklum Pa, Anak Baru Gede yang baru mengenal istilah OSPEK di sekolah barunya." 

Kesel malah menjadi ledekan mama dan Papa, ingin menangis rasanya aku. Tidak tahu apa kalau aku benar -benar takut. Aku pun turun dari mobil papa, tak lupa hari ini kucium tangan dan pamit kepada mereka. Dengan wajahku yang sedikit cemberut dan wajah mereka yang tertawa -tawa mengejekku dengan sangat puasnya.

Aku langkahkan kakiku, tampak Vina dari kejauhan yang mendekat kepadaku, tampaknya ada teman baru lagi nih yang dia bawa untuk di perkenalkan kepadaku. Mereka memperkenalkan diri, Umi, Maria, Catur dan Nia. Aku meletakkan tas sekolahku sejenak, tas warna merah hati, ukuran sedang kesayanganku. Tak lupa aku letakkan tempat makanku di laci meja belajar dengan sangat hati -hati, gawat jangan sampai lebih berantakan isinya nanti, nasi, lauk pauk bercampur aduk jika aku tidak hati -hati meletakkannya. Aku pun lanjut keluar halaman sekolah, bermain bersama teman -teman sebelum bel istirahat sekolah berbunyi. Ternyata jadi siswi putih biru itu seru juga, walau baru dua hari ini kami jalani. Lebih seru dari anak Sekolah Dasar yang terkenal masih imut -imut dan ingusan.

Teng....teng....teng...Lonceng sekolah berbunyi, kami pun berhamburan berbaris rapi di depan sekolah, seperti biasa menantikan guru piket hari ini. Aku perhatikan langkah satu persatu guru yang keluar dari ruangan, Pak Yanto lagi ternyata, beliau berjalan mendekat ke arah kelasku sebagai guru pendamping OSPEK. Pak Yanto merupakan salah satu guru yang di segani di sekolahku, mereka bilang pak Yanto orang yang tegas dan galak tapi terkadang ada sisi humorisnya. Maka menjadi guru kesayangan anak-anak.

Pak Yanto tampaknya hari ini bersama kakak-kakak OSIS, mereka memberikan materi tentang OSIS dan pelajaran tali temali, beragam simpul dasar yang di pelajari dan di ajarkan oleh kakak pramuka kepada kami, cukup banyak dan pastinya akan berguna nanti saat kami mulai kegiatan ekstra kurikuler.

Saat jam istirahat tiba, kami pun memakan bekal makanan kami bersama -sama. Sial, benar saja tak di cek sama sekali. Boro -boro mereka mau mengukur ukuran kacang panjang dan telur mata sapi yang aku bawa. Sungguh kocak memang, benar kata mama dan papa aku terlalu ketakutan dan berlebihan tampaknya kemarin. Bahkan ada beberapa kawan yang tidak membawa bekal dengan menu yang sama tampak santai saja. Sial, aku yang terlalu baper (terbawa perasaan) nih.

Setelah istirahat kami pun berbagi kelas Aku dapat kelas 1-A, kebetulan bareng dengan Catur, Ervina, Maria, Darzuli, Aris, Chairul dan Nia sedangkan Umi di kelas G, Fitri di kelas F, Chandra di kelas B dan Nita di kelas D. Benar-benar di pencarkan. Kami bergegas pindah ke ruang kelas yang sudah di tentukan oleh para wali kelas masing -masing tadi. Kami memilih ketua kelas, wakil, bendahara dan sekretaris kelas.

Yang terpilih menjadi ketua kelas adalah Putra Utama Kurniawan, wakilnya Rionaldi, Bendahara Catur Suryani dan sial aku di pilih juga menjadi sekretarisnya. Ada -ada saja si Putra memilihku jadi sekretaris. Catat -mencatat terus deh tugasku setiap harinya, tapi biarlah aku harus belajar lebih gaul dan berani, jangan seperti saat Sekolah Dasar yang terkenal manja dan sering tangisnya di mata kawan -kawan. Hari ini Sabtu, dan Senin depan sialnya kelas kami harus bertugas dalam upacara bendera. Putra jadi pemimpin upacara, Catur jadi pemimpin lagu, Aku, Maria dan Ervina kompak saja ambil tugas mengibarkan bendera merah putih. Aku pilih yang di tengah saja, bagian pegang bendera lebih aman dan tidak gugup karena terapit oleh kedua temanku. Pulang sekolah kami pun berlatih terlebih dahulu sebelum pulang ke rumah masing-masing, dan alhamdulillah ke tiga sahabatku masih menunggu aku pulang bersama. Mereka setia dan tidak meninggalkan aku pulang sendirian dan mengerjaiku. Tentunya sangat sedih kalau harus pulang sendiri dengan jarak rumah yang lumayan jauh.

Putra dan Rio menghampiriku, ya secara langsung aku belum sempat berkenalan dengan mereka. Rio dan Putra menjabat tanganku dan menyebutkan nama mereka masing -masing. Mereka berdua ramah, dan tampaknya ingin bergaul dan berteman dengan kami. Dan ada satu teman baru namanya Valentina, dia tampak akrab dengan Rio dan Putra, ya baiklah punya banyak teman bukankah makin seru? Dan Valentina orangnya pintar dan jago dalam Bahasa Inggris.

Oh ya ternyata Erfina itu teman saat Taman Kanak -Kanak dahulu, kami baru sadar saat mengobrol dan bertanya tentang awal sekolah Taman Kanak -Kanak, ternyata Papa kami sama -sama teman satu kantor juga hanya saja berbeda ruang kerjanya. Aku baru paham sekarang, sungguh sangat kebetulan sekali.

Keesokan harinya, di kala waktu senggang, Putra menghampiriku. Dari kejauhan dia berjalan dan semakin mendekat kepadaku.

"Sin, Papa kamu kerja di Depdikbud ya?" 

"Put, kok Kamu tahu?" 

"Iya, sama bareng dengan Papaku." 

"Oh masa? Papanya Putra siapa namanya ya?" 

"Kamu benar-benar lupa sama aku Sin? Duh keterlaluan kamu ya." 

"Iya, maaf ya Put aku benar -benar tidak ingat deh." 

"Coba Kamu ingat -ingat dulu, saat kecil dan bermainan di kantor Papa Kamu?" 

"Ehmmm, Anggun, Agung, Iwan, Fina, Chandra." 

"Aduh, itu nama kecil Aku Kamu sebut, Aku Iwan Sin, Anak Pak Mardi." 

"Ya ampun maaf, Sintia pangling Wan, benar ini Iwan Anak om Mardi?" 

"Iya, Aku Iwan, coba deh tanya sama Papa dan Mama Kamu ya nanti kalau pulang." 

"Aku ingat sama Kalian semua, sempat sih terbayang andai saja kita di pertemukan lagi sama -sama pasti deh seru eh ternyata benar kita jadi kumpul lagi sekarang.”

"Anggun masuk Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 dan Indra masuk Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 anak tante Jamila, sedang Agung cucunya Pak Slamet masuk ke Sekolah Menengah Pertama Negeri 1." 

"Wah, benaran ya, kita jadi dapat info satu dan lainnya sekarang." 

"Iya Sin, Kamu masih tetap sama ya?" 

"Tetap sama bagaimana?" 

"Tetap si anak manja, anak Mama dan penggila warna pink dari kecil." 

"Iya betul banget Put, Kamu masih ingat semua ya?" 

"Ya sudah, siap -siap pulang yuk. Besok lagi kita mengobrol kenangan masa kecilnya." 

“Oke”

Aku pun lanjut pulang ke rumah, bersama ke tiga sahabat setiaku itu, dan dari gelagatnya tampak mereka mau menjaili dan usil padaku, karena lama menungguku.

"Ceille, siapa tuh Sin, cowok baru ya?" 

"Iwan Fit, ternyata dia anak teman akrab Papa juga, dan teman Aku waktu kecil banget, ya teman sebelum aku sekolah Taman Kanak-Kanak dulu, biasa sering ketemu di kantor papa kalau sama -sama ikut kerja dulu." 

"Oh pantas saja, kok seru sekali kami lihat kalian bercakap -cakap." 

"Iya Nit, begitulah jadi lupa waktu." 

"Lupa tuh Sintia lama -lama sama idolanya dulu, bukan hanya sekedar lupa waktu." 

"Hahaha....ya bagaimana dengan si Tian, masih tetap salam tidak kalau ketemu nanti?" 

"Ya ampun Chandra, dan kalian...masih saja menggangguku." 

"Masih Tian? Atau siapa itu? Agung idola kamu saat Taman Kanak- Kanak yang selalu kamu cari kabarnya?" 

"Siapa saja deh, tapi pasti nanti Aku akan ketemu sama Agung suatu saat nanti, Aku cuma penasaran teman -teman saat Taman Kanak -Kanak dulu wajahnya seperti apa ya sekarang, apa masih sama atau benar -benar berubah dan tak aku kenali seperti Ervina dan Iwan?" 

"Iya, nanti kita cari bareng -bareng deh. Taman Kanak -Kanak apa Sin namanya dulu?" 

"Taman Kanak -Kanak PGRI Kampus Metro, Terima kasih ya kawan -kawan sebelumnya yang sudah mau mencarikan Agung sahabat kecilku." 

"Mulai deh lebainya Dia." 

"Sin bagaimana tentang perasaan tetanggaku, salamnya di jawab Ngga? Sarinto?" 

"Aduh Fitri, Sarinto lagi sih yang di ingat dan di bahas." 

"Fit, Sintia itu tipenya mengejar cowok idolanya mana Sarinto dan Insan di pedulikan, Dia enggak suka tipe di kejar -kejar seperti itu tahu!" 

"Hahahahhaa..." 

Mereka bertiga saling bersahutan meledekku, biarkan saja asalkan mereka senang. Dan aku tetap aman saja.

"Sudah -sudah mau sampai nih, enggak usah pada ramai, nanti rumah kita kelewatan lagi.”

"Nanti jadi ya kita belajar bersama?”

“Tetap dong gengku Sekolah Dasar sama -sama belajar kelompok, walau kita sudah tidak satu sekolah apa salahnya kalau bermain dan belajar kelompok bersama -sama lagi." 

"Ok, biasa di teras rumahmu ya Sin?" 

"Yupp bebas sampai jam 5 sore, Mama dan Papaku kuliah kok hari ini, jadi kita lumayan bebas." 

"Asyik lah kalau begitu Sin." 

Kami pun pulang ke rumah masing -masing, mengganti pakaian, membawa pekerjaan rumah dan sebelumnya makan siang dahulu.

Satu jam berselang satu persatu teman -teman main ke rumahku. Selain mereka bertiga ada Isti, Linda, Ria, Retno, Wiwik, Sri, Anggi, Iren, Dina Terkadang Chandra membawa Irvan, Bryan, Tian dan Sarinto main ke rumahku. Rumah mendadak ramai seketika seperti sebuah taman bermain. Acara kami yang seru, belajar bersama, masak bersama dan beres-beres rumahku bersama -sama. Kami belajar masak nasi, sayur asem dan menggoreng tempe, sayang sayur kami sangat asem sekali, Wiwik dan Ria tampaknya terlalu banyak memberikan buah asam sebagai bumbunya bakal terbuang nih, atau menunggu mama dan papa untuk memperbaiki rasanya yang tidak karuan ini. Kami, ada yang cuci piring, masak, menyapu, mengepel, menyiram kembang dan memberi makan ikan -ikan nila kesayanganku. Mama dan papa sih enggak pernah marah dan komplain, asalkan saat sore rumah kembali rapi kembali seperti sedia kala. Begitulah persahabatan kami yang akrab bagaikan semut beriring. Sempat terpikir sih apa mungkin ya selalu sama -sama begini sampai kami dewasa nanti? Mungkin akan seru, kami selalu akrab, jarang sekali bermusuhan setelah lulus Sekolah Dasar. 

Selain mereka aku pun punya teman baru, ada Dini, Kiki, Fifi, Rika Osin, dan Deli. Mereka grup khusus kami kalau aku dan Dina main tanpa teman -teman Sekolah Dasar kami. Rika Osin kebetulan mengontrak di depan rumahku, dia sangat baik dan ramah begitu pun mama dan papanya, kerap kali saat libur mereka mengajak aku pergi tamasya bersama ke pantai. Kami berenang, bermain dan makan bersama di tepi pantai, hal yang sangat jarang kami lakukan bersama teman yang lain. Rika sangat suka ikan, apa pun jenis ikan, begitu pun aku, kebetulan siang ini tante membawa bekal pepes ikan dari rumah, duh nikmatnya di nikmati saat lapar di pinggir pantai bersama-sama Rika dan keluarganya yang benar -benar ramah kepadaku.

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status