Share

4.Gadis Yang Ibu Suka

Aku tiba di Seoul saat dini hari. Aku langsung menyewa taksi dan memberitahu alamat apartemenku. Aku sengaja menyewa apartemen tak jauh dari kantor agensi besar dan populer di negara ini, agar mobilitasku dan aktivitas sehari-hari lebih mudah. Aku biasanya hanya berjalan kaki menuju kantor. Jam kerjaku tidak seperti jam kerja karyawan lainnya, aku bebas masuk kapan saja... tapi terkadang, aku tidak bisa pulang untuk menyelesaikan satu buah project seperti saat ini, aku sedang memulai sebuah project mengorbitkan seorang Idol Solo perempuan bernama Lea. Ia dulu pernah debut bersama girlbandnya dari agensi yang sama. 

Tahun ini, ia akan didebutkan menjadi penyanyi solo. Aku yang bertanggung jawab penuh atas semua lagu, musik, lirik bahkan pembuatan video klipnya. Sang big boss mempercayakan project Lea kepadaku dan memang sejak awal dicetuskannya ide ini, aku sudah memikirkan banyak konsep dan rencana-rencana ke depan untuk karir solo perempuan asal Seoul itu. 

Aku berencana beristirahat saja untuk hari ini, aku akan mulai masuk besok pagi... sepertinya kehadiranku sudah sangat diinginkan oleh si bigbos, karena menurutnya atensi rakyat dan netizen sangat besar terhadap penampilan solo Lea. Ia salah satu pentolan member yang paling terkenal dalam girlband sebelumnya. Jadi wajar saja kalau sudah banyak yang menanti kedatangan Lea sebagai penyanyi solo. Aku mematikan ponselku dan memilih untuk beristirahat untuk seharian ini, besok aku harus berkonsentrasi penuh dengan project Lea.

Aku beristirahat sesuai dengan jadwalku. Iseng aku membuka Instagram dan memfollow akun Faiza Suseno, sang perempuan yang diinginkan ibu untuk dijadikan menantunya. Aku melihat akunnya yang memang di private, hanya yang menjadi temannya yang bisa melihat. Aku melihat sosial media lain... Ternyata ia tak ada. Hanya berselang dua menit, ia langsung memfollow aku kembali, aku bisa melihat akunnya. Perempuan berusia dua puluh lima tahun... dengan rambut hitam kecoklatan sebahu, memakai kacamata estetik dan bermulut pink ranum, mungkin hasil lipgloss plus sebuah perawatan filler. Lama tinggal di Seoul, aku mulai bisa menganalisa wajah seseorang, dan tidak langsung terpesona dengan keindahan wajah dan tubuh para kaum hawa ..  karena jaman sekarang kecantikan bisa didapat asal punya uang dan kemauan.

Aku melihat sebuah video dirinya yang seperti sedang berada di festival yang diadakan kampusnya. Gadis itu mengikat rambutnya asal dan sedang mengunyah sebuah permen karet, ia menatap kesal ke arah kamera dengan wajah bersedih yang di lebih-lebihkan.

'Mini konserku dibatalkan.... kenapa mereka sekejam itu? Padahal aku sangat berbakat! Bahkan Giant di film Doraemon pun akan kalah dariku!' Ucapnya dan direspon tawa kencang dari beberapa orang di sampingnya. Akupun yang mendengar ikut tersenyum mendengar monolog konyolnya. Mungkin... akun sosial media gadis ini bisa dijadikan sarana penghiburku disaat suntuk.

Aku mencari sebuah video lain yang berbackground dirinya sendiri... Ia sangat lucu saat bermonolog di depan kamera. Beberapa video di akunnya berisi keindahan sebuah danau yang selalu ia tulis caption, 'relaxing.... Vitamin Sea'. Sepertinya ia senang dengan air dan pantai.

Ada sebuah video berlatar gadis itu memakai seragam sepertinya saat ia di SMA di Indonesia. 'Gaes.... ini moment terakhirku di Jakarta. Besok aku langsung flight ke Aussy. Terima kasih Jakarta .. kau memberikan sebuah memori yang manis tapi kebanyakan pahitnya.... makanya jangan nyebelin! Akhirnya aku hijrahkan! Udahlah... semoga Aussy bisa bikin cewek kece badai aduhai ini HEPI! Bye Jakarta. To all my friends ... jangan ngamuk yaa kalau ada reunian, aku gak dateng. Mahal BOK? Tiket Aussy Jakarta cuma buat reunian... walau dikata si Bokap horang kaya... Tetep aja gaes.  Uang is uang. Dah lah .. mau mandi ... Seharian gak mandi gara-gara ngantri ngambil ijazah.. disuruh pake seragam pula! Hadeh. Bye!' Aku tersenyum saat video itu berakhir. Di video itu masih terlihat sisi anak-anak gadis itu. Baru lulus SMA, jauh berbeda dengan videonya di Sydney .. ia seperti seorang fashionista, trendy dan manis. Bukan berarti aku menyukainya .. hanya kugunakan sebagai hiburan... lagipula aku tak ada kerjaan...kan?

Aku meminum kopi hangatku, Seoul cukup dingin belakangan ini. Entah karena memang sudah memasuki autumn.. atau memang anginnya yang sedang mengamuk. Aku melihat ada notifikasi pesan. Aku membuka dari ibu. Aku tersenyum.

"Sudah sampai?" 

Aku mengetik sambil tersenyum. "Sudah dini hari. Aku belum masuk kerja... besok kurasa. Aku sedang santai minum kopi hangat." Aku mengirim-send.

Tak lama ada balasan dari ibu. "Ibu kesepian, kalau saja punya menantu."

Aku tertawa kencang. Ibuku kalau sudah memiliki keinginan pasti tak kenal lelah untuk berusaha sampai berhasil. 

"Suruh Salim menikah." Balasku cepat.

"Salim susah... tak mau dengar Ibu. Seorang Benjamin Yusuf adalah harapan ibu mempunyai menantu dalam waktu dekat. Syukur teramat sangat... kalau bisa cepat punya cucu yang lucu dan comel... macam ibunya." Balas ibu. Aku tersenyum sendiri. Ibu sangat cerdas... seorang perencana ulung... ia bisa memulai percakapan normal... namun berujung sebuah niat terselubung... seperti saat ini.

"Memang siapa ibunya?" Tanyaku pura-pura bodoh. Aku menunggu jawaban dari ibu.

"Kamu menggoda ibu yaa? Kau kan sudah tahu."

Aku tak sanggup lagi, aku memencet tombol telepon. Aku suka bergurau dengan ibu. Satu-satunya orang di muka bumi ini .. aku bisa menjadi diriku yang tak berpura-pura. Aku bisa menjadi anak kecil yang rewel dan menyebalkan di depannya.

"Ibu..."  Sapaku. Aku melakukan sebuah video call. Aku bisa melihat wajah tua ibuku. Seorang perempuan hebat yang membesarkan aku dan adikku sendiri setelah kepergian Ayah. Seorang perempuan yang setia bahkan. Saat suaminya sudah berpulang lebih dulu... bahkan sampai sekarang ia tetap setia menjanda.

"Kau sudah lihat video yang ibu kirim?" Tanya sang ibu dengan wajah tersenyum kecil. 

Ben memainkan perannya. "Sudah." Jawabnya polos.

"Lalu bagaimana menurutmu?"

"Baik-baik saja." Jawabku.

"Hmm... Ben, maksud ibu, Bagaimana? Apa kau suka? Kan ada foto... ada beberapa video! Kalau kau mau lihat langsung, kau bisa lihat langsung di instagram-nya. Ibu sudah berteman dengannya sejak beberapa tahun yang lalu. Kalau kau mau dan memang kau cocok setelah melihat fotonya, kita bisa lihat dia langsung agar kau lebih yakin. Ibu mau menemanimu ke Sydney." 

Aku tertawa lebar. "Ibu... kenapa... Ibu ini selalu terlihat sangat jelas kalau memiliki sebuah niatan?" Tanyaku. Sejak awal... semua kalimat dan pertanyaan ibu sudah menjurus ke arah sana.

Ibu meringis kecil. "Kau kan tahu... ibu sudah tua Ben! Ibu ingin melihat kau bahagia nak, sudah cukup kesulitan dalam hidupmu... kau berhak mendapatkan kebahagiaan. Pernikahan itu indah dan nikmat, kalau diniatkan untuk ibadah. Ibu yakin kau bisa jadi imam yang baik untuk Faiza, begitu juga sebaliknya... ditambah ia adalah anak mendiang sahabat ibu. Dan sejak kecil anak itu sudah sering ibu jaga. Ibu sudah menganggapnya seperti anak ibu sendiri, kalau saja Salim mau menuruti perintah ibu... ibu sudah menjodohkannya dengan dia." Ucap Ibu sepertinya keceplosan.

"Nah... itu! Bagaimana dengan Salim dulu!" Ucapku memberi saran. "Lagi pula perbedaan usianya tidak akan terlalu jauh kan? Berbeda denganku yang sudah terlampau tua." Aku sudah tahu, ibuku sudah dengan keputusannya untuk menjodohkanku dengan perempuan itu, hanya.... aku sengaja menggodanya.

"Apa? Salim dijodohkan? Bisa gempar negara ini!" Jawab ibu dengan sarkas. "Anak itu sejak kecil tidak bisa diatur oleh ibu. Hanya ayahmu yang bisa mengaturnya."

"Kalau aku?"

"Kau adalah anak ibu yang manis, penurut dan suka membahagiakan orang tuanya sejak kecil. Mau selalu berusaha untuk membuat Ibu tersenyum." Aku tertawa, ibuku sudah mulai dengan niatnya lagi.

"Ya ya. Ibu, aku sudah mengerti. Berikan aku waktu ya.... untuk berpikir."

"Ya nak. baiklah. Tapi... jangan lama-lama ya!" Pinta ibuku lalu memutuskan sambungan telepon.

Oh.. ternyata ibuku benar-benar menyukai gadis itu. Seorang perempuan yang kata ayahnya, selalu membuat tawa di dalam keluarga. Seorang anak gadis... anak dari mendiang sahabat ibuku dengan masa lalu yang pedih, namun ia tumbuh menjadi gadis yang periang. Apakah hal itu mungkin terjadi?

Komen (1)
goodnovel comment avatar
Sitiwaniza Siti
di jodoh kan orng tua itu tidak semesti nya tak bahagia
LIHAT SEMUA KOMENTAR

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status