Share

Kalap

-7-

Pria berparas manis itu memutari mobil dan membuka pintu bagian penumpang. Membantu Nadine yang masih terkaget-kaget itu untuk turun. 

"Aku mau pulang ke apartemen," pinta Nadine. 

"Nanti malam kuantar, sekarang di sini dulu. Aku mau istirahat, capek," balas Theo sambil membuka pintu bagian belakang dan mengangkat dua tas travel mereka. 

Pria bertubuh tinggi itu melangkah menaiki teras rumah bercat biru gelap tersebut, merogoh saku dan mengeluarkan beberapa kunci. Memasukkan salah satunya dan membuka pintu. 

"Ayo," ajaknya pada Nadine yang masih mematung. 

Theo melangkah masuk dan menyalakan kipas angin besar di langit-langit ruangan. Nadine menyusul dengan ragu-ragu dan duduk di kursi sederhana. Memindai sekeliling ruangan dengan perasaan campur aduk. 

Pria berambut cepak itu berbelok ke kiri dan memasuki kamar utama. Menyalakan pendingin udara setelah sebelumnya meletakkan kedua tas travel di lantai. 

"Theo, aku haus," ujar Nadine dari ruang tamu. 

"Masuk aja, cek kulkasnya," jawab Theo sambil merebahkan tubuh di kasur. 

Nadine berdiri dan jalan memasuki dapur mungil di belakang rumah. Membuka kulkas satu pintu dan mengecek isinya. Menarik sebotol sirup hijau dan teko berisi air dingin. Meletakkan kedua benda itu di atas meja dapur dan celingukan mencari gelas. 

"Theo, gelasnya disimpan di mana?" tanyanya dengan suara meninggi. 

"Di lemari sebelah kulkas," jawab Theo sambil jalan ke luar. 

"Kulkasmu nyaris kosong." Nadine melirik sekilas pada pria bertubuh tegap itu, sebelum membuka pintu lemari dan mengambil dua buah gelas tinggi. 

"Aku 'kan jarang di rumah. Nggak pernah nyetok apa pun di kulkas kecuali sirup dan air," sahut pria itu sambil mengambil sapu. 

Theo dengan cekatan membersihkan rumah, sementara Nadine memandanginya dengan tatapan kagum. Dia tahu bahwa Theo itu pria pembersih, tetapi baru kali ini dia melihat sendiri saat pria tersebut bekerja dengan semangat untuk membersihkan rumahnya. 

Nadine kembali mengedarkan pandangan ke sekeliling ruangan. Rumah sederhana ini tampak cukup rapi untuk ukuran seorang pria bujangan. Sambil mengipasi diri dengan tangan, Nadine membuka pintu dapur dan mengecek bagian belakang rumah, yang merupakan tempat cuci jemur. 

Tampak sebuah mesin cuci dua tabung dalam kondisi bersih, dan susunan beberapa ember tertutup rapi di sebelah kanan. Di ujung kiri ada beberapa pot bunga kecil dengan aneka tanaman. 

Nadine seketika tertegun saat menyadari bahwa tanaman itu adalah beberapa jenis cabai dan tomat yang tampaknya sudah siap untuk dipetik. Tangannya terulur mencabuti dengan semangat. Menampungnya di baskom kecil yang ditemukan di rak piring kecil di sebelah mesin cuci. 

"Theo, ini boleh dibikin sambal?" tanyanya sembari jalan memasuki rumah. Terkesiap saat melihat pria itu telah bertelanjang dada dan sedikit berkeringat. 

"Memangnya kamu bisa masak?" ledek Theo. Pria itu kembali melanjutkan aktivitas mengepelnya dengan senyuman dikulum. 

"Ihh, bisa dong. Kamu aja yang nggak tau," balas Nadine tak mau kalah. 

"Ya udah, bikin aja. Nanti kita pesan lauk mateng yang bisa dicocol ke sambalmu." 

"Blendernya mana?" 

Tawa Theo seketika pecah, tak peduli Nadine merengut kesal. "Aku nggak punya blender. Pake ulekan aja," sahutnya seusai tertawa. 

"Apa? Tapi aku nggak bisa ngulek!" seru Nadine. 

"Belajarlah, gampang kok." 

"Nggak mau, nanti tanganku lecet." 

Tawa Theo kembali menyembur, tak peduli Nadine memelototi dengan bertolak pinggang. 

***

Dua jam kemudian. 

Nadine menyusuri setiap lorong di pusat perbelanjaan ini dengan semangat. Memilih barang-barang elektronik berkualitas tinggi dengan hati berbunga. Sementara Theo hanya mengusap dada melihat tingkah calon istrinya itu, yang seolah-olah sedang kalap untuk berbelanja. 

"Apa semua ini perlu?" tanya Theo sambil menunjuk trolley penuh berisi barang pecah belah yang berharga mahal. 

"Jelas perlu, bila ingin aku tinggal di rumahmu, biarin aku membeli barang-barang ini untuk menyenangkan diri," jawab Nadine. 

"Tapi kan nggak perlu beli pendingin udara lagi. Kamar kita sudah cukup dingin," balas Theo. 

"Ini buat ruang tengah dan kamar belakang. Jangan sampai orang tuamu kegerahan nanti saat mereka berkunjung." 

Theo tertegun, tidak menyangka bila Nadine berpikiran jauh seperti itu. Rasa hangat dalam hatinya semakin menguat. Merasa bahagia bahwa Nadine sepertinya bisa menerima keadaan keluarganya yang sangat sederhana. 

"Kamu punya berapa sprei?" tanya Nadine sambil memilih aneka motif bed cover set di hadapan. 

"Ehm, kayaknya cuma ada tiga," sahut Theo yang membuat mata Nadine membeliak. 

"Apa? Cuma tiga?" 

"Iya, aku kan tinggal sendiri, jarang ada tamu. Cukuplah itu." 

Nadine menggeleng pelan sambil berdecak. Menarik tiga set bed cover motif bunga-bunga, bola-bola dan garis-garis yang membuat Theo menatapnya dengan heran. 

"Nggak usah beli banyak-banyak, kan bisa pakai punyamu nanti," timpal Theo. 

"Berisik! Diam dan dorong trolleynya!" titah Nadine sambil jalan melenggang menjauh. 

Theo mengekor sambil menggerutu dalam hati. Memutar bola mata saat perempuan itu kembali memasukkan barang-barang unik yang dia tidak tahu namanya. 

Setelah puas memilih berbagai perabotan, Nadine berpindah ke bagian buah-buahan dan sayuran segar. Tak lupa membeli beberapa kilogram daging sapi dan ayam yang membuat Theo terperangah. 

"Bumbu-bumbunya kenapa yang instan semua? Bukannya lebih sehat bikin sendiri?" protes Theo saat Nadine memasukkan aneka bumbu dan saus yang membuatnya penasaran. 

"Udah dibilangin diam dan nurut, susah bener sih!" hardik Nadine dengan tatapan tajam. 

Theo akhirnya mengalah dan membiarkan calon ratunya itu memuaskan diri untuk berbelanja. Mendorong trolley penuh barang yang sangat berat di belakang Nadine yang juga mendorong trolley penuh menuju meja kasir. 

Mata Theo membeliak saat melihat jumlah belanjaan calon istrinya itu yang setara dengan gajinya beberapa bulan. Walaupun sudah sering menemani Nadine berbelanja, tetapi baru kali ini jumlah total belanjaan itu sangat fantastis. 

"Kita makan dulu, yuk, aku lapar," rengek Nadine saat mereka memasukkan barang-barang ke mobil.

"Tadi kan kamu beli roti, makan itu dulu," sahut Theo. 

"Itu buat sarapan. Sekarang aku pengen itu," tunjuk Nadine ke restoran cepat saji di dekat tempat parkir. 

"Junk food, nggak sehat." 

"Biarin, sekali-sekali ini!" 

"Ya udah, ayo." 

"Kamu aja yang beli, aku tunggu di mobil." 

Theo menghela napas panjang dan mengembuskannya perlahan. Kemudian mengangguk pasrah pada keinginan sang ratu. "Oke, mau pesan apa?" 

"Double cheese burger, kentang dan ice lemon tea." 

***

Setibanya di rumah, Nadine bergegas memasukkan makanan beku dan aneka sayur ke kulkas. Menggerutu saat benda itu ternyata tidak mampu menampung semua belanjaannya. 

"Udah kubilang jangan kemaruk belanja!" seru Theo sambil menyusun aneka barang pecah belah di dekat tempat cuci piring. 

"Tau gini tadi langsung beli kulkas gede aja," sahut Nadine. 

"Nggak perlu, bentar lagi kan kamu juga mau pindah ke sini. Otomatis semua perabotan juga ikut pindah." 

"Aku pengen beli yang baru, Theo. Biar papi nggak nyesel nikahin kita." 

"Jangan, coba nurut kali ini. Ingat, kita harus berhemat. Uangku nggak banyak, Sayang," ucap Theo dengan suara yang lembut. 

Nadine seketika terdiam. Merasa senang dipanggil seperti itu dan tanpa sadar mengulum senyum. Sesaat tatapan mereka bertemu, Nadine hanya bisa terdiam saat Theo melangkah maju dan mengusap rambutnya dengan pelan. 


Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status