Share

4. Mimpi dan Perpustakaan

“Hahahaha…..!” tawa Amara meledak.

Melihat foto Gita sedang selfie dan dipajang di story binstagram Bima. Tentu saja menyesakan bagi Amara. Dia mencoba mengontrol emosinya lagi. Apa pikiran Bima benar-benar sudah tumpul sampai berani-beraninya untuk mengupload foto wanita lain di akun sosial medianya.

Amara menarik nafas panjang. Mencoba berfikir lebih jernih dan tenang. Bisa saja dia blak-blakan menelpon bima, mencaci makinya atau langsung memutuskannya. Tapi dia ingin bermain cantik. Setidaknya, dia hanya ingin Bima mengakui perbuatannya.

Foto selfie tersebut dia lihat kembali baik-baik. Rupanya latar foto tersebut berada di rumah. Rumah Gita kah? Apa Bima sekarang sedang berada di rumah Gita? Kalau benar, Bima betul-betul cowo yang keterlaluan. Bisa-bisanya dia seperti itu. Akhirnya amara menekan layar ponselnya ke direct message binstagramnya Bima. "Ini Siapa?"

Lama sekali DM itu belum juga dibalas. Amara kesal menunggu, sehingga dia hilir mudik ke sana kemari di kamarnya. Kenapa Bima belum juga membalas sih? Apa mungkin dia sedang bersenang-senang bersama Gita. Lagi-lagi pikiran buruk masuk ke dalam otak Amara. Tapi bagaimana caranya seseorang tidak memiliki pikiran buruk jika perbuatannya demikian.

Tak lama kemudian terdengan notifikasi pesan masuk binstagram. Amara langsung meraih handphonenya dan melihat isi Binstagramnya.

“Ada di kosan? Dah makan belum? Aku bawain makan nih sekalian ya, tadi dapet diskon buy one get one”

Ternyata itu pesan dari Della, teman satu kosan Amara. Della sedang diluar rupanya, hubungan persahabatan mereka memang dekat walau tidak satu jurusan. Mungkin karena sama-sama anak rantau membuat merekaa menganggap keluarga satu sama lain. Sehingga jika memiliki rezeki lebih mereka saling membantu terutama dalam hal kebutuhan perut dan kuliah.

Amara tersenyum simpul. Dia bersyukur memiliki sahabat seperti Della, tetapi saat ini bukan chat Della yang dia harapkan. Dia mengharapkan keterangan dari Bima. Akhirnya karena sedikit lelah menunggu Amara jatuh tertidur.

***

“Aku butuh penjelasan Bim! Kamu gabisa kaya gini terus!” Amara sedikit meringis, matanya berkaca-kaca hampir menangis.

Bima tepat berdiri di depan Amara, mukanya kaku seakan menjelaskan sesuatu. Biasanya jika Amara hampir menangis seperti itu Bima langsung merangkulnya, memberikannya rasa nyaman. Tetapi sekarang Bima hanya berdiri mematung tanpa bergerak sedikitpun.

Amara mendekatkan diri ke Bima, digenggam kedua tangan Bima. Sambil melihat ke wajah Bima, Dia berkata, “Dia siapa Bim? Siapa?”

Dada Amara semakin sesak. Sejak tadi Bima hanya terdiam saja. tidak ada satupun kata yang keluar dari mulut Bima. Dia hanya berdiam diri mematung, kemudian tak lama Bima memalingkan wajahnya.

“Ra, ikut aku sebentar!” Kata Bima sambil melepaskan tangan Amara.

Amara menangis pada akhirnya, tangannya dilepaskan. Dan kini Bima meminta untuk ikut dengannya. Apa sebenarnya yang ingin Bima jelaskan? Akhirnya dengan langkah gontai Amara mengikuti Bima.

Bima menuju ke arah seorang gadis, gadis itu tersenyum kepada mereka berdua. Hati Amara bergetar dia tahu siapa gadis tersebut. Tetapi dia memantapkan diri untuk menemuinya.

Setelah Bima berdiri di sebelah gadis itu, mereka saling pandang satu dengan yang lain sebentar. Kemudian gadis itu mengulurkan tangan kanannya, “Halo kak, namaku Gita!”

Tok…, tok…., tok…..

Pintu kamar Amara diketuk dengan cukup kencang, membuat Amara bangun dari tidurnya. Dilihat jam yang terapajang di dinding. Jam tujuh kurang sepuluh menit. Harusnya ini waktunya Amara untuk kuliah pengantar skripsi.

“Ra…, bukanya kamu ada kuliah?” terdengar suara Della dari luar kamar.

Amara langsung bangkit dari tidurnya. Dia juga mengusap pipinya yang sedikit basah karena air mata. Gara-gara mimpi menyebalkan itu, membuatnya harus terlambat mata kuliah penting bagi masa depannya. Buruk sekali pagi ini untuk Amara.

“Iya Dell, aku lagi siap-siap!” jawab Amara dari dalam kamar.

***

Amara berlari menuju fakultasnya. Dia bersyukur keluarganya menempatkan dia di kosan yang jaraknya dekat dengan kampus. Sehingga berjalan kakipun Amara bisa sampai ke kampusnya. Yang jadi masalah adalah kelas pagi hari itu berada di lantai lima fakultas. Karena menunggu lift yang lumayan lama, akhirnya dia harus berlari menaiki tangga hingga ke lantai lima.

Beruntungnya Amara, ketika datang ke kampus jam tujuh lebih limabelas menit, ketua kelas mengumumkan jika pa Lukman sedang dalam perjalanan. Dosen tersebut terlambat karena ada hal yang harus dilakukan.

Dia segera duduk di kursi kosong yang masih tersedia di kelas. karena tidak sempat mandi pagi, Amara hanya sempat mencuci muka dan gosok gigi. Yang lain dia lakukan secepatnya. Dia pun akhirnya hanya bisa mengoleskan bedak dan lipstik saja.

“Tumben Ra?” Lucy teman satu jurusan Amara bertanya. “bisa-bisanya ya cumlaude bertahun-tahun telat kaya gini!”

“Hehe…!” Jawab Amara, “Sedikit kesiangan”

Tidak lama kemudian pa Lukman datang. Dimulailah kelas pagi perkuliahan saat itu.

***

Tugas perkuliahan memang lumayan berat. Mahasiswa kelas Amara diminta untuk menulis review tiga skripsi kakak angkatan yang sudah lulus. Demi lulus tepat waktu Amara tidak mau menyia-nyiakan tugasnya. Akhirnya dia segera menuju perpustakaan.

Di sela-sela koridor perpustakaan. Amara melihat berbagai macam judul yang menarik. Ternyata dosen pengampu mata kuliahnya memang professional. Sebelum diminta menulis tentang karya tulis sendiri, mahasiswanya diminta untuk membaca sebanyak-banyaknya perihal karya tulis yang telah ada. sehingga akhirnya mereka mendapatkan gambaran.

Ketika sedang asik memilih buku yang akan di-review untuk tugas mata kuliahnya, dari belakang ada yang menyentuh bahu Amara. Dia segera berbalik untuk melihat siapa orang tersebut.

“Hai Ra…!” suara berat laki-laki langsung menyapa Amara.

Amara tersenyum, kemudian dia balik menyapa, “Halo Sat, ga nyangka ya bakal ketemu di sini!”

“Kita satu kampus kan aku bilang, pasti bakal ketemu kok!” kata Satria.

“Lagi nyari apa?” Amara menelusir pandangannya kepada lelaki tersebut. Terlihat jelas dia mencari sesuatu.

“Referensi skripsi. Aku harus cari beberapa karya untuk dimasukan ke dalam karyaku!” kata Satria. Dia terlihat memilih beberapa buku besar yang terpampang di depannya.

“Ah aku juga, tapi aku belum sampai ke sana. Aku masih kuliah pengantar skripsi,” Jelas Amara.

Satria tersenyum. “kamu harus baik-baik dalam mata kuliah itu. Karena kalau sudah lewat dosen ga akan mau tau tentang karyamu kalau jelek.”

“Aku lumayan pintar loh!” ucap Amara.

“Iya aku percaya kok.” jawab Satria.

Amara menimbang beberapa hal. Dia belum berpengalaman tentang tugas akhir. Bukankah bagus jika dia bisa banyak belajar dari senior kampusnya tersebut. “mau ngerjain bareng?”

Satria menengok. Dia melihat Amara yang menatapnya dengan antusias. “Emang ga ada kuliah lagi kah?”

“Ga ada kok. Cuman deadline tugas aja.” Jawab Amara.

“Kalau gitu nanti kita duduk di sana ya!” ajak Satria. Dia menunjuk ke arah meja di samping jendela. Meja tersebut terlihat kosong dan nyaman.

Amara mengangguk tanda setuju. “Aku cari buku dulu kalau gitu. Nanti aku ke sana ya!”

Satria tersenyum, rupanya dia sudah mendapatkan bukunya terlebih dahulu. Kemudian dia menuju meja tersebut. Sementara Amara dia masih mencari-cari buku.

Selesai mencari Amara duduk di depan satria. Rupanya Satria lebih tua satu angkatan dibandingkan dirinya. Dia sedikit telat lulus. Amara sedikit memperhatikan Satria, rupanya wajah Satria lumayan tampan juga. Rambutnya memang sedikit gondrong, tetapi itu rambut mahasiswa pada umumnya.

“Ah benar, mungkin kita bisa tukeran nomor kalau mau janjian ke perpus!” kata Satria.

Amara menyetujui, dia mengambil handphone dari dalam tas perpustakaannya. Karena terlambat bangun, Amara lupa untuk mengecek handphone sama sekali. Tugas dari pa Lukman juga sedikit menyita perhatian dari Amara.

Ketika dibuka ternyata terdapat chat dari Bima. Amara kembali teringat mimpi semalam. Dia juga teringat kembali soal story binstagram milik Bima yang mengupload Gita. Sontak terlihat sedikit emosi dari wajah Amara. Belum sempat dibuka pesan dari Bima, terdengar dering telepon dari handphone miliknya. Nama penelpon tersebut adalah Bima.

Rainfall

Jangan lupa klik tombol + ya agar kalian tidak kesulitan mencari cerita ini. sisipkan juga kesan dan komentar kalian setelah membaca ceritanya ya, terimakasih

| Sukai

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status