Share

4

Setiap hari ayah sekolah akan mengadakan kunjungan siswa dari negara lain yang berprestasi, merayakan hari ayahnya di sekolah negara lain dengan meriah. Jovian mendengar akan ada siswa pintar dari Korea Selatan yang akan mengunjungi sekolahnya, Jovian terpilih menjadi siswa terpintar dan akan mendapatkan hadiah saat hari ayah nanti, Lucas dan Kevin pun mendapatkan hadiah juga karena ke kreativitas mereka.

"Wah, hari ayah yang sangat meriah!"

"Jovian lihat! Ada boneka disana, oh! Ada permen juga." 

"Ini seperti di film-film anime yang aku lihat, seperti festival!"

Jovian dan teman-temannya pun baru tahu jika hari ayah akan semeriah ini, Lucas benar ini seperti di film-film anime yang ada di TV. Festival yang sangat meriah, ada game dan juga makanan serba manis di sekolahnya. Pantas saja banyak sekolah dari luar negeri yang tertarik berkunjung ke sekolah Jovian.

Saat sedang berkeliling melihat-lihat jajanan dan permainan di festival hari ayah, bel panggilan tanda berkumpul pun terdengar membuat anak-anak yang sedang bermain bahkan sedang makan pun berlarian menuju aula, sekolah dari negara lain sudah datang dan mereka akan dibagi hadiah atas kreativitas memperingati hari ayah, seperti di kelas Jovian yang di adakan lomba menggambar dengan tema memperingati hari ayah dan banyak lagi. Saat ini akan dibagi hadiah.

"Jovian! Kita duduk disini saja, jika didepan kita akan ditunjuk untuk maju!" Ucap Kevin

"Ya disini saja, kursinya tinggi!" Tambah Lucas dan disetujui oleh Jovian.

Netranya bergulir melihat seluruh orang tua atau ayah dari teman-temannya sudah berdatangan, hanya ayah Jovian saja yang tidak ada tapi tak apa, Gurunya bilang jika ayahnya tidak bisa hadir maka akan di wakilkan oleh guru laki-lakinya. Jovian hanya perlu mendoakan dan mengucapkan jika dia menyayangi ayahnya dalam hati. Itu sudah cukup bagi Jovian

"Selamat datang di acara festival hari ayah ke 90, terimakasih kepada anak-anak dan wali murid dari Seoul Korea Selatan yang sudah menghadiri acara ini, acara akan dibuka dengan acara pembacaan puisi dari kelas C Latina!" Sang MC yang sudah membuka acara pun mengundurkan diri mempersilahkan Latina untuk membaca puisinya.

"Hello all, i'm Latina!"

Latina yang membaca puisi dan anak-anak yang lain mendengarkan, namun ada yang merengek ingin duduk dipangkuan ayahnya bahkan menangis ingin hadiah dari ayahnya. Lucas dan Kevin sudah di gendongan ayahnya masing-masing, menyisakan Jovian yang duduk sendiri dengan tenang. 

Jovian tidak bisa fokus pada Latina yang sedang tampil membacakan puisi, Jovian terlalu fokus melihat punggung lebar yang ia rindukan selama ini, punggung ayahnya ada dihadapannya namun bukan untuk menjadi ayahnya tetapi untuk menjadi ayah anak yang lain, pemuda yang Jovian duga lebih tua darinya itu sangat mirip dengan ayahnya, tampan dan memiliki tatapan tajam. Jadi dia kakak tirinya? 

Terlalu fokus pada punggung lebar William membuat Jovian tak sadar jika Latina sudah selesai menampilkan puisinya dan orang-orang di aula memberikan tepuk tangan meriah.

"Dan acara selanjutnya adalah penghargaan untuk siswa yang memenangkan lomba sains internasional, untuk saudara Sean di mohon untuk maju ditemani oleh sang ayah." Suara tepuk tangan meriah terdengar riuh di dalam aula tertutup itu.

Jovian melihat ayahnya dan anak laki-laki itu maju kedepan untuk mengambil penghargaan, apa karena Jovian tidak pintar hingga ayahnya meninggalkannya? Mungkin benar, bahkan Jovian memiliki nilai buruk di mata pelajaran matematika.

"Selamat untuk Sean."

Seann dan William tersenyum saat piala emas itu diserahkan kepada mereka, William bangga ternyata putranya sangat pintar. Memeluk tubuh Seann dan mencium pucuk kepala putranya tanpa tahu jika seseorang menahan sesak di pojok sana sendirian. 

"Terimakasih banyak atas dukungannya, aku berjanji akan lebih rajin dan giat belajar lagi sampai mendapatkan piala yang banyak." Ucap Sean membuat riuh tepuk tangan menggema.

"Baiklah Sean, sekarang adalah hari ayah lalu apa yang akan kau ucapkan pada ayahmu?" Tanya MC

"Aku menyayangi ayah, terimakasih dan selamat hari ayah." Ucap Sean dengan wajah bahagianya, ini pertama kalinya dia merayakan hari ayah yang nyata.

"Aku juga menyayangimu boy." Ucap William dengan mengusap kepala Sean.

Penonton bertepuk tangan melihat interaksi ayah dan anak itu, terlihat sangat bahagia. Sean dan William pun turun dari panggung kembali ke kursinya dengan rasa bahagia dan bangga.

"Selanjutnya adalah penghargaan untuk pemenang lomba menggambar dengan tema memperingati hari ayah, yang dimenangkan oleh... Jovian! Mohon untuk ditemani oleh walinya." MC memberi tahu pemenang lomba menggambar itu dengan bahagia, teman sekelas Jovian bertepuk tangan dengan keras saat mendengar temannya mendapatkan hadiah.

"Jovian-nie!"

"Jovian!"

Suara teman-temannya menyoraki dengan semangat membuat Jovian tersenyum, berjalan menuju panggung sendiri dan tersenyum ke arah penonton. Tidak ada ayah ataupun wali yang menemaninya, gigi susunya terlihat menggemaskan saat tertawa melihat Lucas yang di gendong oleh ayahnya dipundak. 

William yang melihat sosok mungil itu tertegun sejenak, itu Jovian-nya? Dia tidak bermimpi kan? Itu benar-benar Jovian-nya! Mana walinya? Apa tidak ada? William tidak terpikir bagaimana kabar putranya di hari ayah, William terlalu fokus pada Sean.

"Jovian dimana ayahmu?" Ucap MC berbisik.

Jovian yang mendengar itu hanya tersenyum, dan menggeleng pelan "Ayah tidak bisa datang Mrs, aku juga tidak punya paman." Jelas Jovian membuat MC tersadar lalu memanggil guru yang lain untuk menggantikan wali Jovian.

"Baiklah, selamat untuk Jovian yang telah memenangkan lomba menggambar dengan tema memperingati hari ayah. Gambar mu sangat bagus dan mendalam." Ucap MC sambil menunjukkan gambar milik Jovian.

Gambar yang selalu Jovian buat dari tahun ke tahun, dimana ada gambar laki-laki dewasa yang sedang menggandeng tangan mungil anak laki-laki di tengah rerumputan bukit yang indah, dipenuhi rumput panjang dan bunga kapas hingga dandelion berterbangan membuat kesan indah dan memiliki arti yang mendalam. Dandelion, bunga yang rapuh namun kuat saat tertiup angin bunga-bunganya akan terbang dengan mudah, berhamburan tak menentu dan terjatuh di tanah lalu akan menumbuhkan bunganya dengan jumlah yang banyak.

William ingat, saat Jovian berusia 5 tahun dia melihat Jovian yang menggambar bunga dandelion, Jovian juga menyukai dandelion hingga William membangun taman yang dihiasi Tamanan kapas itu. Gambar yang sama, yang William simpan rapi di brangkas nya. 

Dadanya seketika sesak bagai tertikam godam tak kasat mata, matanya memanas dan siap mengeluarkan air mata jika saja William mengedipkan matanya. Jovian-nya tidak memiliki siapa-siapa, disaat hari ayah teman-temannya bersenang-senang dengan ayahnya namun tidak dengan Jovian-nya, Jovian sendirian dan William masih kalah dengan egonya.

"Jovian, jika ayahmu sedang menonton siaran ini apa yang akan kau katakan hmm?" Tanya MC dan Jovian meremat sisi bajunya erat, ingin menangis tetapi tidak bisa.

"Hanya ingin mengatakan jika aku menyayangi mu papa, selamat hari ayah!" Ucap Jovian ceria.

William tak tahu harus bereaksi seperti apa, tubuh nya bagaikan batu tak bisa bergerak dan sangat kaku. 

Tepuk tangan meriah terdengar riuh di dalam aula tertutup itu, Jovian tersenyum lebar menyembunyikan tangisnya. Medali yang di lehernya pun tak membuat Jovian senang tetapi malah semakin sesak. Jovian ingin memeluk ayahnya sekali saja, Jovian ingin berteriak pada ayahnya jika dia sangat-sangat menyayangi-tidak!! Dia sangat mencintai ayahnya.

Jovian tak tahan lagi, dia ingin menangis melihat wajah pahlawan yang ia rindukan, Hero nya! Dia ingin memeluk Hero nya. Nafasnya mulai tersenggal-senggal dan berakhir meraung keras membuat gurunya khawatir dan segera memeluk tubuh Jongin, penonton sangat haru bercampur sedih mengira jika ayah Jovian sangat sibuk bekerja.

Sean hanya memandang bocah laki-laki itu yang sedang menangis keras, Sean ingin memeluknya dan mengatakan semuanya baik-baik saja. Sean menoleh pada ayahnya yang masih saja diam memandang Jovian yang sedang menangis, mengapa ayahnya tidak melakukan apa-apa? Mengapa ayahnya tidak memeluk Jovian dan menenangkannya?

"Papaa.." Jovian terus meraung sambil meneriaki ayahnya yang tak kunjung memeluknya, ayahnya hanya menatapnya dengan diam disana dengan kakak tirinya. Hingga gurunya menggendong Jovian dan membawanya ke taman.

Meninggalkan William yang masih bergelut dengan egonya.

Jovian tidak mau apa-apa, Jovian hanya mau papa.

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status