Share

Goyah

Guinea sudah menyelesaikan masakannya dan menunggu Enzo kembali. Sekarang sudah malam tapi Enzo masih saja berada di luar dan tidak tahu apa yang sedang dipikirkannya. Guinea menjadi sedikit khawatir dengan Enzo.

Lolongan serigala, artinya festival untuk malam bulan purnama mereka. Apa Enzo bergabung bersama mereka? Karena itu belum kembali sampai sekarang.

“Guinea maaf,” kata Enzo yang muncul di belakang Guinea dan langsung memeluknya.

Guinea sudah terbiasa dengan ini, tapi kali ini Guinea benar-benar khawatir dengan apa yang terjadi pada Enzo.

“Kenapa tadi langsung pergi? Padahal semuanya bisa dibicarakan baik-baik,” kata Guinea yang ngambek layaknya suami istri.

“Maaf karena membuatmu kebingungan. Aku hanya kaget mendengar kau mengatakan itu, tapi bagiku itu terdengar seperti hadiah yang sangat indah tapi aku malah kabur,” kata Enzo yang tidak ingin Guinea melihat wajahnya.

“Aku juga minta maaf. Mungkin saja aku terlalu terburu-buru. Aku akan menunggu sampai kita berdua siap akan ini,” kata Guinea yang berbalik dan memegang wajah Enzo yang menunduk.

“Ti-tidak, bukan itu maksudku! Aku ... ya kau tahulah,” kata Enzo tidak tahu apa sebenarnya yang ingin dikatakannya.

“Jangan khawatir, aku tidak akan memaksa dan juga aku juga sepertinya terlalu blak-blakan soal ini. Kita bicarakan lain hari, sekarang ayo makan,” kata Guinea yang belum makan sejak siang karena menunggu Enzo.

“Kau belum makan?” tanya Enzo pada Guinea.

“Aku menunggumu,” balas Guinea menyiapkan makanannya.

Enzo lagi-lagi terpanah dengan kebaikan Guinea yang memperlakukan Enzo seperti suami yang asli, karena sebelum-sebelumnya Guinea masih malu pada Enzo. Itu yang dipikirkan Enzo terhadap Guinea.

Walaupun tidak memakan makanan seperti ini, tapi untuk kali pertamanya Enzo makan dengan enak bersama dengan Guinea. Jika makan bersama dengan Guinea makanan apapun itu bisa dimakan oleh Enzo, apalagi ini makanan buatan Guinea.

“Kalau sudah kenyang jangan paksa perutmu makan. Kau sudah makan sebanyak sepuluh ikan,” kata Guinea yang pertama kalinya makan bersama dengan Enzo.

“Masakanmu enak,” balas Enzo yang masih makan.

“Sudah,” kata Guinea mengambil ikan yang akan dimakan Enzo. “Aku tahu kau sudah kenyang. Kita masih bisa makan besok.”

***

Seminggu berlalu, Guinea lebih sering keluar akhir-akhir ini untuk mencari makanan, dan juga merasakan sebuah hal ingin kembali menemui pemuda yang ditolongnya seminggu yang lalu. Guine selalu memikirkannya, padahal dirinya sendiri ingin meluapkan wajahnya yang lumayan tampan.

Guinea pergi ke batas hutan dan melihat sekitar tapi tidak ada siapa-siapa selain dirinya di sini.

“Nona! Kau kemari lagi?” tanya suara pemuda yang diingat Guinea.

Guinea berbalik tapi memasang wajah seolah-olah tidak peduli karena mengingat Guinea masih punya suami.

“Aku tinggal di sini,” balas Guinea yang berjalan ke arah Anderson.

“Lalu bisakah kita pergi ke rumagmu berbicara santai?” tanya Anderson yang melangkah hampir melewati batas hutan.

“Berhenti! Jangan melangkah lagi! Mundur!” teriak Guinea dari seberangnya tidak melangkah masuk wilayah manusia.

Anderson kaget dan menuruti apa yang dikatakan Guinea. Guinea sudah berjanji untuk tidak masuk ke wilayah manusia pada suaminya.

“Bicara saja, jangan melewati garis pohon itu,” kata Guinea menunjuk pohon besar sebagai batas hutan.

“Memangnya kenapa?” tanya Anderson bingung.

“Kalau kau melangkah sejengkal saja, aku tidak bisa menjamin nyawamu!” tegas Guinea pada Anderson.

“Wow, perkataanmu sangat menakutkan Nona,” kata Anderson yang melihat Guinea memakai tudung tidak memperlihatkan wajahnya. “Bisakah aku berbicara dengan wajah yang terlihat jelas?”

Guinea membuka tudungnya dan memperlihatkan wajahnya yang dipenuhi cahaya matahari yang datang dari sela-sela pohon.

“Sangat cantik,” gumam Anderson tidak sadar.

“Apa?” tanya Guinea tidak mendengar terlalu jelas.

“Tidak. Siapa namamu Nona?” tanya Anderson yang belum tahu nama Guinea.

“Ope ... Guinea, namaku Guinea,” balas Guinea yang baru pertama kali menyebut nama barunya.

“Nama yang indah Nona Guinea,” kata Anderson mengecup punggung tangan Guinea yang agak kotor karena mengambil buah-buahan.

“Kalau begitu, apa kau masih ingat dengan namaku?” tanya Anderson berharap.

“Ya, namamu William? Zen? Apa yang benar?” tanya Guinea yang sama sekali tidak ingat dengan teriak nama seminggu yang lalu.

“Anderson,” kata Anderson agak kecewa dengan Guinea.

“Lalu apa yang kau lakukan di dalam hutan orang asing?” tanya Guinea yang agak mengejek Anderson.

“Orang asing? Aku orang asli sini,” balas Anderson pada Guinea.

“Lalu mengapa tidak tahu jalan pulang dari hutan? Orang-orang sini sudah hafal jalanan hutan bahkan yang belum pernah masuk hutan,” kata Guinea memperjelas sesuatu.

“Karena aku baru saja kembali. Sebelumnya, aku pergi ke wilayah perbatasan dan tinggal beberapa tahun di sana, dan baru sekarang aku kembali,” jawab Anderson masih di tempat tidak melangkah maju.

“Kau ini kesatria? Prajurit? Penunggang kuda?” tanya Guinea yang memahami hanya prajurit atau sejenisnya yang bisa tinggal di daerah perbatasan.

“Prajurit kerajaan siap melayanimu Nona,” jawab Anderson membungkuk hormat.

Percakapan mengalir seperti air. Pembicaraan yang panjang dari dua sisi hutan, pembatasan tak terlihat membuat tidak membuat mereka saling menjauh malahan semakin dekat dan berbicara terbuka. Lalu muncul dalam pikiran Guinea untuk bisa bebas pergi dari hutan bersamanya, dan meninggalkan Enzo yang sama sekali tidak pernah dicintainya.

Guinea berbicara terbuka pada Anderson tapi tidak mengatakan mengenai manusia serigala yang menjadi suaminya karena takut Anderson akan menjauh darinya. Mereka berteman tapi hati mereka mencintai, dan hanya masalah waktu saja mereka akan mengungkapkan perasaan masing-masing.

“Sudah mulai gelap, aku harus kembali sekarang,” kata Guinea yang sebenarnya tidak ingin.

“Baiklah, kapan aku bisa bertemu denganmu lagi?” tanya Anderson yang memperlihatkan dengan jelas ketertarikannya.

“Seminggu kemudian,” balas Guinea yang kembali memasang tudungnya dan pergi menjauh ke dalam hutan wilayah manusia serigala.

“Aku akan menunggu waktu itu.”

***

Sore, gua mulai menjadi gelap dan Enzo tidak ada di sini. Guinea kelelahan karena mengumpulkan lebih banyak makanan untuknya dan Enzo.

Guinea berbaring dan mengingat setiap perkataan Anderson yang penuh dengan ketertarikan pada Guinea. Guinea sadar dengan apa yang dilakukan Anderson tapi sikapnya yang bisa menyembunyikan kebohongan membuat Anderson lebih ingin memperlihatkan ketertarikan yang lebih pada Guinea.

“Hidup manusia lebih singkat dibandingkan manusia serigala. Aku harus menikmati hidupku dan aku bisa mati dengan tenang,” kata Guinea di dalam hatinya yang sudah jatuh terpikat pada Anderson sang prajurit kerajaan.

Enzo sudah kembali saat tengah malam dan melihat Guinea yang sudah tertidur pulas. Enzo langsung memberikannya kecupan selamat malam dan tidur disamping Guinea. Setiap Enzo datang Guinea pasti terbangun, lalu berpikir bagaimana cara untuk membunuh Enzo agar bisa bebas darinya, tapi juga memikirkan hal baik dari Enzo penyelamatnya.

“Apa yang harus kulakukan?” gumam Guinea kembali tidur sedikit menjauh dari Enzo.

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status