Share

Begal Alas Wengker

SELURUH anggota rombongan dari Wurawan bersicepat memutar balik kuda dan gerobak mereka. Bersiap kembali menuju ke arah Wengker. Tempat yang baru sekitar sepenanakan nasi lalu mereka tinggalkan.

Namun, belum lagi semua anggota rombongan berbalik arah, terdengar satu suitan keras memecah udara. Lalu disusul satu suitan lagi dari arah lain.

Setelah itu dari balik rimbunan semak belukar di kanan-kiri jalan bermunculan sosok-sosok tubuh berpakaian putih-putih. Ki Bekel cepat menghitung. Jumlah mereka tidak kurang dari empat orang.

Orang-orang yang baru muncul tersebut menghunus sebilah golok besar di tangan masing-masing. Mereka berdiri mengadang tepat di hadapan rombongan dari Wurawan.

"Celaka! Mereka pasti rombongan begal," desis Ki Bekel dengan suara agak bergetar.

Lalu kepala lelaki paruh baya tersebut menoleh pada Tumanggala di sebelahnya.

"Tumanggala, cepat kau amankan gerobak! Apa pun yang terjadi jangan sampai gerobak itu dikuasai para pengadang ini," serunya memberi perintah.

"Baik, Ki." Tumanggala mengangguk cepat.

Usai berkata begitu lelaki muda tersebut arahkan kudanya menuju sisi gerobak. Empat prajurit ia atur agar bersiaga di sekeliling gerobak. Di belakang tali kemudi, sais gerobak tampak kebingungan melihat apa yang terjadi.

Belum habis kepanikan anggota rombongan dari Wurawan, terdengar suara tawa gelak-gelak dari arah belakang. Dari tempat dua lelaki yang memotong dahan dan ranting pohon tadi.

Ki Bekel melirik ke tempat tersebut dengan sudut mata. Seketika ia merasa kaget bukan alang kepalang. Di sana tidak lagi berdiri dua orang, melainkan empat!

Ini artinya, rombongan dari Wurawan tersebut telah terkepung depan-belakang. Masing-masing empat orang mengadang di tiap sisi.

“Gawat! Ini benar-benar gawat!” desis Ki Bekel dalam hati.

Lelaki paruh baya tersebut jadi merutuk sendiri. Prajurit yang mengawalnya dari Wurawan hanya berjumlah sebelas orang. Ia tidak yakin prajurit sebanyak itu mampu mengimbangi delapan begal yang tengah mengadang.

Sementara itu salah satu dari empat begal yang mengadang di depan maju beberapa langkah. Agaknya orang berwajah bengis, dengan cambang bauk lebat, itu adalah pemimpin gerombolan begal tersebut.

“Siapa yang menjadi pemimpin rombongan ini?” tanya si begal dengan suara garang. Tatapan matanya yang bengis berganti-ganti terarah pada Ki Bekel dan Tumanggala.

Meski hatinya mulai dirayapi rasa jeri, Ki Bekel majukan kudanya beberapa tindak ke depan.

“Aku Jayapati, bekel Panjalu. Aku pemimpin rombongan ini,” ujar Ki Bekel memperkenalkan diri.

Ki Bekel Jayapati sengaja menyebutkan pangkat. Ia berharap gerombolan begal itu jadi ciut nyali setelah mengetahui siapa dirinya. Namun yang terjadi justru sebaliknya.

Alih-alih takut, begal yang tadi maju malah tertawa panjang mendengar ucapan tersebut. Kepala si begal lantas menoleh ke belakang. Tiga temannya ikut tertawa.

“Bekel, hah?” ulang lelaki berwajah bengis tersebut dengan nada meremehkan.

Sambil melipat tangan ke pinggang, si begal melanjutkan, “Sayangnya aku tidak paham dengan segala macam tetek bengek pangkat dan jabatan. Jadi, mau bekel atau prajurit rendahan, bagiku sama saja.

“Dengar, siapa pun dirimu, kalau kau tidak mau menyerahkan gerobak yang kalian bawa pada kami, itu artinya ....”

“Keparat! Siapa kalian berani-beraninya memerintah kami!” tukas Tumanggala. Prajurit muda itu tak dapat mengendalikan amarah.

Begal tadi kembali tertawa panjang.

"Oh, untung sekali kau ingatkan, Anak Muda,” sahutnya dengan nada bicara mengesalkan. “Dengar baik-baik oleh kalian. Aku Ranasura, dan ini kawan-kawanku yang dikenal sebagai Begal Alas Wengker.”

Deg!

Ki Bekel Jayapati dan Tumanggala saling pandang. Nama tersebut sudah tidak asing lagi bagi mereka. Juga di kalangan prajurit Kerajaan Panjalu.

Ranasura adalah gembong rampok paling kuat di sisi barat Kerajaan Panjalu. Gerombolannya terkenal memiliki kemampuan hebat-hebat lagi kejam.

Sesuai julukan mereka, Begal Alas Wengker kerap mengadang di jalur-jalur dekat hutan nan sepi di sekitaran Wengker. Mereka tak pandang bulu. Dari saudagar kaya hingga kalangan bangsawan tinggi pernah menjadi korban.

Sudah sejak lama gerombolan rampok ini diincar oleh Kerajaan untuk ditumpas. Namun entah berapa kali pasukan penyergap dikirim, semuanya kembali dengan kegagalan

"Bagaimana ini, Ki Bekel?” tanya Triguna dengan berbisik.

Ki Bekel Jayapati mendengus kesal.

“Tidak ada pilihan lain. Apa pun yang terjadi kita harus mempertahankan barang bawaan kita!” sahut sang bekel tegas.

Triguna telan ludah. Bohong jika ia tidak merasa jeri. Jantungnya sudah berdegup kencang sejak tadi. Namun ditekannya semua rasa takut itu dalam-dalam.

Diam-diam sudut mata Triguna memandang pada Tumanggala. Ia ingat betul, prajurit muda itu yang tadi mengusulkan agar mereka memotong jalan lewat hutan ini.

“Jadi, bagaimana? Kalian mau menyerahkan gerobak itu pada kami secara baik-baik, atau ....” Ranasura sengaja penggal ucapannya, lalu kembali tertawa gelak-gelak.

“Langkahi dulu mayat kami!” sahut Ki Bekel Jayapati seraya mengertakkan rahang.

Usai berkata begitu sang bekel cabut pedang dari dalam warangka di pinggangnya. Senjata itu diacungkan tinggi-tinggi. Menjadi isyarat bagi para prajuritnya untuk menyerang duluan.

Sepuluh prajurit dalam rombongan tersebut lantas berpencar. Empat orang di bawah pimpinan Triguna menyerbu empat begal di bagian belakang. Lalu empat orang lagi di bawah pimpinan Tumanggala meladeni tiga begal yang mengadang di depan.

Sementara itu Ki Bekel Jayapati melesat ke arah Ranasura. Pedang di tangan sang bekel berkiblat. Mengancam batang leher gembong rampok di hadapannya. Diiringi suara berdesing nyaring yang menggidikkan nyali.

“Hiaaaatt!”

Sring! Sring!

Hutan sunyi itu seketika berubah ramai. Suara berdentrangan nyaring akibat beradunya senjata, diiringi bentakan-bentakan keras saling memaki, tumpang-tindih memenuhi liang pendengaran.

Tak sampai sepeminuman teh berselang, keramaian itu bertambah dengan jerit kesakitan. Korban mulai berjatuhan. Beberapa prajurit terlihat ambruk ke tanah dengan luka besar menganga. Darah segar mengucur deras.

Prajurit di bawah pimpinan Triguna tinggal tersisa dua orang. Bertiga mereka berusaha matian-matian bertahan dari gempuran lawan. Sedangkan empat begal yang dihadapi berkelahi sambil terus tertawa-tawa.

Di bagian depan, Tumanggala berhasil membabat putus tangan salah seorang begal. Namun itu harus dibayar dengan tewasnya satu prajurit.

“Dasar bekel bodoh! Harusnya tadi kau serahkan baik-baik barang bawaanmu pada kami,” dengus Ranasura mencemooh.

“Aku mungkin memang bodoh. Tapi yang pasti bukan seorang pengecut!” balas Ki Bekel Jayapati setengah menggeram.

Keduanya kembali terlibat dalam pertarungan sengit. Pedang di tangan Ki Bekel Jayapati berkali-kali melesat cepat. Mengarah pada bagian-bagian mematikan di tubuh Ranasura.

Namun yang diserang bukan begal kemarin sore. Berbekal golok besar di tangan, serangan demi serangan yang dilancarkan sang bekel dapat dengan mudah ia mentahkan.

Trang! Trang! Trang!

“Aaaaa!”

Terdengar satu raungan keras dari gelanggang lain. Ki Bekel Jayapati terkesiap. Perhatiannya seketika terbelah. Ia yakin betul itu suara jeritan Triguna.

Sekilas sudut mata sang bekel melihat ke arah asal suara. Benar saja. Triguna tampak terhuyung-huyung mundur. Tangannya yang memegangi dada memerah oleh darah.

Pada saat itulah golok Ranasura melesat ke arah Ki Bekel Jayapati. Serangan cepat tersebut terlambat disadari oleh sang bekel. Ia sudah berusaha menghindar. Tapi gerakannya sangat terlambat.

Sring! Sring!

Craasss!

***

Kebo Rawis

Masih ingat kan ya, Wengker adalah nama lawas dari Ponorogo :)

| Sukai

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status