Share

Hukum Pancung

UNTUK beberapa saat Tumanggala terdiam. Prajurit muda tersebut benar-benar tak tahu harus menjawab bagaimana. Namun dari pertanyaan terakhir Arya Lembana, ia tahu persis dirinya sedang dicurigai.

Ketegangan tiba-tiba saja mengisi ruangan tersebut. Ada rasa tidak nyaman yang dirasakan oleh Tumanggala. Sebab ia tahu sebagai prajurit kedudukannya sangat tidak menguntungkan di saat-saat seperti itu.

"Gusti Senopati, sekali lagi saya tegaskan saya memberi usulan-usulan tadi kepada Ki Bekel Jayapati semata-mata agar kami dapat lekas tiba di Kotaraja ini. Sungguh sama sekali tidak ada maksud lain," ujar Tumanggala kemudian.

Arya Lembana tampak menyeringai. Tatapan mata senopati Panjalu itu terlihat aneh bagi Tumanggala.

"Dengar, Prajurit. Aku sebetulnya tidak ingin mencurigai dan menuduh anggota pasukanku sendiri. Tapi dari keterangan-keterangan yang aku kumpulkan pagi ini, agaknya aku sudah dapat mengambil satu kesimpulan," ujar sang senopati.

Tuman

Kebo Rawis

Sedikit tambahan keterangan mengenai Hasin. Ini adalah nama sebuah kerajaan tua di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Setelah ditaklukkan oleh Raja Airlangga, sebagaimana diceritakan dalam Prasasti Baru (952 Saka atau 1030 Masehi), Hasin menjadi vassal dari Kerajaan Kahuripan. Lalu ketika Kahuripan dibagi dua, Hasin masuk ke dalam wilayah Kerajaan Panjalu.

| Sukai
Bab Terkunci
Membaca bab selanjutnya di APP

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status