Share

Mulai Waspada

Saat mobil mas Yoga berhenti di klinik kandungan, aku turun dengan enggan. Rasanya malu sekali. Diperlakukan seperti ini.

Karena mas Yoga sudah membuat janji, jadi kami tidak terlalu lama menunggu. Suster memanggil nama suamiku, kami sontak berdiri. Masuk ke ruang pemeriksaan. Bertiga, jalan beriringan. Aku tidak tau apa yang dipikirkan oleh suster, yang menatap aneh pada kami.

"Baik, pak Yoga. Kita periksa dulu. Yang mana yang akan saya periksa?"

"Keduanya dokter, mereka istriku. Dan sama-sama hamil keduanya"

"Beruntung sekali pak Yoga, punya istri dua hamil pula keduanya" Dokter tersenyum menatap aku dan perempuan itu. Rasanya malu sekali. Suster yang tadi memanggil nama suamiku, terlihat mengulum senyum.

Mereka pasti mentertawakan kami. Ah, ingin rasanya keluar berlari untuk menyembunyikan mukaku. Tapi perempuan itu masih bisa tersenyum bahagia, dasar tidak punya malu.

"Baik, siapa yang duluan saya periksa pak?"

"Riana, kamu duluan yang periksa!"

Aku berdiri dari tempat duduk, dokter suster memeriksa tekanan darah, kemudian menimbang badan. Setelah itu menyuruhku berbaring di atas tempat tidur pemeriksaan.

Dokter mulai memeriksa kandunganku, aku berharap semuanya baik-baik saja. Setelah memeriksa perutku, dokter mempersilahkan untuk duduk kembali.

"Dari hitungan tanggal terakhir ibu Riana haid, berarti sekarang sudah masuk 10 minggu. Saya akan resepkan obat untuk penguat kandungan ibu dan beberapa vitamin. Harus di minum sesuai aturan agar kandungan ibu tidak bermasalah nantinya. Dan satu lagi, perbanyak istirahat, jangan stres dan hindari pekerjaan yang berat"

"Baik, dokter!" Aku sedikit lega mendengar ucapan dokter.

"Sekarang, ibu yang satunya. Siapa namanya pak?"

"Rindu namanya dokter, ayo Rindu. Sekarang giliranmu!"

Perempuan itu lalu mulai di periksa. Aku rasanya enggan sekali melihat perempuan itu diperiksa, tapi mau bagaimana lagi.

"Dari hasil pemeriksaan, sesuai dengan tanggal haid terakhir ibu. Sekarang sudah masuk minggu ke 15. Pada pemeriksaan selanjutnya kita akan bisa mendengar detak jantungnya. Sekarang saya akan resepkan obat dan beberapa vitamin"

"Terima kasih, dokter" Perempuan itu ternyata umur kandungannya lebih tua dariku. Berarti dia yang akan duluan melahirkan. Kesal sekali membayangkan anak pertama mas Yoga berasal dari rahim perempuan itu.

Setelah pemeriksaan selesai, kami segera menaiki mobil.

"Sebelum pulang, kita makan siang dulu ya? Mas harus masuk kantor lagi. Jadi nggak akan sempat buat makan nantinya"

"Baik mas, aku juga lapar" Perempuan itu menjawab dengan suara yang di buat semanja mungkin. Dasar perempuan pencari perhatian.

Kami makan di sebuah restoran, menuju ke arah rumah ku.

"Nanti, antar aku duluan ya mas?" Aku meminta itu karena muak melihat tampang perempuan itu.

"Baik sayang, kamu yang akan mas antar duluan"

"Temenin aku ke swalayan bentar ya mas? Ada yang ingin aku beli" Perempuan itu malah minta di antar belanja. Nggak sadar apa, suamiku harus secepatnya balek ke kantor.

"Nggak bisa, Rindu. Mas harus langsung ke kantor. Takut telat nanti"

Stukurin, emang enak di tolak mas Yoga. Aku suka melihat tampangnya yang berubah cemberut karena penolakan suamiku.

"Jadi orang jangan suka nyusahin. Kalau perlu sesuatu cari sendiri!" Aku menatapnya sambil mengejek. Emang enak.

"Mbak, kenapa sih selalu cari gara-gara? Wajar dong aku minta di temenin suami sendiri!"

"Tapi kamu nggak tau waktu, sudah jelas mas Yoga mau ke kantor. Malah minta di temenin belanja. Jangan berlagak manja, nggak ada yang manjain  kamu disini!"

"Mas, mbak Riana selalu ngomong kasar sama aku, aku nggak suka mas!" Dia malah ngadu sama mas Yoga.

"Kamu juga yang salah, nggak tau tempat. Ya sudah kamu saja Riana yang temenin Rindu belanja!"

"Aku mas? Malas, ogah. Mending aku di rumah daripada pergi sama perempuan ini!"

Tentu saja aku menolak permintaan mas Yoga, siapa juga yang sudi lama-lama berdekatan dengan perempuan jahat ini.

Mas Yoga langsung mengantar kan aku ke rumah, setelah itu dia pergi ke rumah Rindu.

Aku segera masuk, membawa obat yang dokter resepkan tadi. Aku capek, ingin istirahat.

******

Sekarang hari sabtu, mas Yoga libur kerja. Seharian ini dia akan di rumah nemenin aku. Dan Besok juga. Rasanya senang sekali akhirnya bisa berduaan dengan suamiku.

Tapi, lagi asik ngobrol, kami di kejutkan dengan deringan handphone mas Yoga. Perempuan itu yang nelpon. Pengen sekali rasanya mematikan telponnya. Tapi keburu di angkat mas Yoga.

"Ada apa Rindu?"

Terlihat mas Yoga bicara dengan perempuan itu. Aku tak tau apa obrolan mereka. Saat selesai menelpon, mas Yoga bilang sesuatu padaku.

"Ma, mas ke rumah Rindu sebentar. Gasnya kosong. Dia nggak tau cara ganti ya. Sebentar saja ya?"

"Masa cuma masalah sepele seperti itu harus mas juga yang mengerjakan? Biar aku yang kesana! Dia berlagak bodoh atau sedang mencari perhatian mas? Sudah tau sekarang giliran mas di sini, tapi tetap saja dia mengganggu" Aku sangat membencinya. Ingin sekali rasanya kembali menghajarnya.

"Sudahlah, sayang. Mas hanya sebentar disana. Setelah itu mas akan kesini secepatnya"

"Tidak bisa mas! Aku ikut. Atau kamu tidak boleh kesana!"

"Baiklah, tapi kamu harus janji jangan cari masalah dengan Rindu, ingat itu!"

"Baiklah"

Kami memasuki rumah perempuan itu, dia sudah menunggu. Sudah ku duga. Dia pasti mencari alasan untuk menyuruh suamiku datang.

Saat kami datang, dia hanya memakai baju tidur tipis yang sangat transparan. Memperlihatkan lekuk tubuhnya.

Dia kaget, melihat aku juga datang kesana. Tampangnya yang tadinya ceria seketika cemberut melihatku.

"Emang sehari-hari kamu begini? Pakai baju tidur yang tembus pandang. Sengaja mencari alasan untuk memanggil suamiku kan? Ganjen banget jadi orang!"

"Terserah aku dong mau pakai apa. Toh mas Yoga selalu menyukai penampilan ku seperti ini. Dia bilang aku menggoda dan sangat menggairahkan!" Wajahnya menyeringai penuh permusuhan.

"Ya, pantas saja. Kamu seperti perempuan di jalanan yang menjajakan tubuh, apa yang kamu pakai mencerminkan diri mu yang sebenarnya" Dia terlihat marah mendengar ucapanku. Mas Yoga sedang memasangkan tabung gas yang baru.

Setelah selesai, aku segera mengajak kembali suamiku pergi dari rumah perempuan itu. Terlihat sekali dia tak ikhlas mas Yoga pergi denganku.

"Mas pergi dulu, Rindu. Nanti kalau giliran mas disini, mas akan ajarin kamu untuk memasangnya sendiri"

"Baik mas" Mukanya jutek sekali saat mas Yoga merangkul ku berjalan keluar meninggalkan rumahnya. Awas saja, aku tak akan mudah menyerah begitu saja. Mas Yoga adalah suamiku. Suatu saat nanti hanya aku sendiri yang akan memilikinya.

Sampai di rumah, hari sudah sore. Aku segera mandi dan berganti pakaian yang baru. Aku ingin suamiku betah di rumah ini sehingga melupakan perempuan itu, walaupun itu mustahil.

"Wah, istri mas dandan sedikit saja sudah terlihat sangat cantik"

"Berhenti memuji ku mas, kalau aku cantik dimatamu mana mungkin kamu berpaling pada perempuan itu!"

"Bagi mas, kamu yang paling cantik!"

"Gombal"

"Beneran sayang, kalau saja dia tidak hamil. Mungkin sekarang mas akan ninggalin dia!"

"Mas bohong, tadi dia bilang mas sering memuji dia!"

"Jangan pikirin dia, kita ke kamar yuk? Kangen?" Dia malah menggendongku ke kamar. Apalagi kalau bukan minta jatah. Padahal masih sore. Aku hanya pasrah saat dia mulai mencumbu ku. Kenikmatan itu tak bisa aku tolak, karena aku juga menginginkannya.

Sampai hari minggu, dia tetap berlaku sangat mesra padaku. Memanjakan ku. Malam hari terasa singkat, aku terbuai akan kasih sayang yang dia suguhkan. Sejenak aku lupa, bukan hanya aku yang dia cumbu seperti itu. Rasanya sakit sekali membayangkan dia juga begitu dengan perempuan lain.

Tapi aku harus bagaimana? Hatiku menolak untuk dimadu. Tapi pikiranku mencoba untuk ikhlas. Aku hanya ingin berdamai dengan waktu. Jika Tuhan memang mentakdirkan aku hidup seperti ini, terpaksa aku turuti. Asalkan mas Yoga, bisa berlaku adil.

******

Saat itu, aku sedang menyiram bunga di taman, saat ada pesan masuk ke handphone ku. Ada pesan dari mobile banking. Ada penarikan uang dalam jumlah yang sangat besar dari tabunganku.

Tidak mungkin, aku tidak membeli atau menarik uang apapun. Apalagi dalam jumlah sebanyak itu.

Aku segera berlari ke kamar, mencari dompet. Memeriksa kartu ATM ku. Tapi tidak ada, kemana? Aku membuka lemari penyimpanan barang-barang berhargaku. Disana hanya ada buku rekeningnya. Tapi tak ku temukan ATM nya.

Aku mulai khawatir, cepat-cepat aku hubungi mas Yoga. Jangan-jangan dia yang mengambil kartu ATM ku.

"Hallo, ma! Ada apa nelpon? Mas masih kerja ini!"

"Aku mau nanya, mas lihat kartu ATM ku? Aku simpan di dalam dompet tapi sekarang tidak ada"

"Oooo... ATM, mas ambil kemaren. Mas mau beli sesuatu"

"Mas, itu kan kartu ATM ku, kenapa mas ambil tanpa seizin ku. Lalu untuk apa mas ngambil uang sebanyak itu? Mas beli apa?" Aku mencercanya dengan banyak pertanyaan. Untuk apa uang sebanyak itu.

"Mas beli mobil untuk Rindu, kasihan dia kemana-mana susah"

"Apa mas bilang? Itu uangku, tabunganku. Aku menabungkan uang pemberianmu setiap bulan kesana, dan sekarang kamu belikan dia mobil baru? Aku  tidak rela mas, aku akan ke rumah dia sekarang dan mengambil mobil itu"

"Jangan seperti itu Riana! Apa salahnya mas belikan dia mobil? Toh kamu dan mas juga sudah punya mobil?"

"Ya jelas salah dong mas, mas pake uang simpanan ku. Itu hakku. Kalau mas mau belikan dia mobil, pake uang tabungan mas!"

"Tapi uang tabungan mas sudah kepake untuk beli rumahnya Rindu, ma!"

"Lalu, kenapa harus pake uang ku mas? Aku tidak sudi, aku akan ke rumah dia mengambil mobil itu dan memberikan dia pelajaran, dia perempuan tak punya otak. Dia hanya berniat menghabiskan harta mu saja mas!"

"Tunggu Riana, jangan kesana! Mas mohon!"

"Tidak mas! Sekarang aku tidak bisa memaafkan perempuan itu!"

Aku bergegas  ke rumah perempuan itu, netra ku sudah memanas. Ingin rasanya menangis tapi ku tahan.

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status