Share

Yang Tak Diinginkan

Virzash berjalan dengan langkah-langkah cepat, diiringi tatapan para krona yang hampir semuanya tampak khawatir. Wajahnya memerah.

Ada apa ini?

“Seaneh itukah Bakat Ganda?” Venus langsung bertanya begitu Virzash tiba di kursinya.

Virzash menggaruk telinganya sembari bertopang di atas meja. Wajahnya agak menunduk, menghindari tatapan anak-anak lain; junior maupun senior.

“Ini Bakat langka,” katanya pelan. “Kurasa aku mendapatkan warisan Bakat ini dari nenekku yang ketiga.”

“Hah? Bagaimana?” sambar Venus tak mengerti. “Nenek ketiga bagaimana?”

“Neneknya nenek nenekku,” jawab Virzash membingungkan.

Rupanya dia melihat ekspresi Venus yang kosong, sebab ia lantas menjelaskan, “Nenekku punya nenek. Nah, neneknya nenekku ini punya nenek lagi. Nenek itulah yang kumaksud.”

Shad berdecak kesal.

“Itu tidak penting, tahu?!” Shad menukas serius. “Yang terpenting adalah, kau jadi seperti kami!”

“Jadi tidak normal, maksudmu?” kata Virzash datar. Shad cengar-cengir lagi.

Sesi Pemilihan Bakat berlanjut dengan agak-agak tegang. Venus memperhatikan, banyak raut-raut wajah tampak lega saat yang terpanggil ternyata hanya memiliki Bakat biasa.

“Jadi, apa masalahnya?” Venus kembali menanyakan topik semula.

Ris memandang Venus dengan serius.

“Tiga belas tahun yang lalu ada kelompok yang menamakan dirinya Voltura,” ia menjelaskan. “Hampir semua volt ber-Bakat istimewa di negeri ini direkrut oleh mereka. Bahkan yang paling parah, seluruh murid ber-Bakat istimewa yang belum lulus dari sini diam-diam ikut bergabung, dan beberapa di antaranya membuat kekacauan dengan melukai murid lain secara acak. Hal itu membuat citra Volta Juana jadi agak menakutkan. Kemudian, sekitar delapan tahun yang lalu, sebuah pasukan keamanan bernama Voltum berhasil mengalahkan pemimpin Voltura yang memiliki Bakat Rahasia, dan menangkap hampir sebagian anggotanya. Kurasa, itulah yang membuat semua orang di sini jadi waswas dan agak waspada dengan murid yang ber-Bakat tak biasa. Takut kalau-kalau kejadian yang lampau terulang lagi.”

“Tapi, kelompok Voltura sudah tidak ada lagi, kan?” Venus berkata skeptis. “Lalu, kenapa mereka masih bersikap begini? Dan, demi apapun yang ada di sini, masa ada volt yang memiliki Bakat Rahasia?!”

“Volt ber-Bakat Rahasia memang ada, dan itu satu di antara sejuta!” Lou mendengus. “Lagipula, kejadian traumatis ini bukannya gara-gara Voltura atau pemimpinnya saja, tahu?”

Ris mengangguk muram. Matanya menatap seorang cowok berbadan gempal yang baru naik ke atas podium.

“Banyak sekali catatan kejahatan berat yang sebagian besar pelakunya adalah volt istimewa,” ujar Ris melanjutkan. “Sudah sejak dahulu, bahkan sebelum kelompok Voltura muncul. Meskipun aku jadi merasa tidak adil, tetapi aku bisa mengerti kenapa negeri ini jadi waspada dengan keberadaan volt-volt tidak biasa ini.”

Giliran Venus yang mendengus.

“Yang benar saja,” ucapnya sebal. “Terus yang kejahatan berat yang sebagian kecil lainnya dilakukan oleh volt biasa itu bagaimana?”

“Itu artinya bukan prioritas, Dik,” ujar Lou dengan sinis. “Secara, cuma pelaku minor begitu.”

“Lagipula,” Ris menukas lebih jauh, “para anggota Voltura cuma tertangkap sebagian, kataku. Yang berarti, sebagian lain berhasil kabur entah kemana. Desas-desus mengatakan mereka berhasil memasuki Bumi Pertama, dan anggota Voltum mengejar serta menumpasnya. Namun, tak ada yang benar-benar percaya bahwa mantan anggota Voltura sudah dilumpuhkan semua. Khususnya si pemimpin Voltura. Volt ber-Bakat Rahasia seperti dia sangat sulit untuk dikalahkan.”

“Kenapa?” Venus bertanya heran.

Ris menjawab dengan lebih muram, “Bizura, begitu kami menyebut volt ber-Bakat Rahasia, mampu menguasai semua Bakat. Namun, ada satu Bakat yang benar-benar mendominasi, dan itu jadi kelemahannya. Tidak ada orang lain yang bisa tahu apa Bakat Dominan tersebut, bahkan terkadang si pemilik pun tidak. Itu semua membuat Bizura jadi lebih berbahaya dari volt-volt aneh lainnya. Kita tidak akan bisa mengalahkan seorang Bizura jika kita tidak tahu apa kelemahannya.”

“Bagaimana kalau si anggota Voltum ini menyerang secara acak?” Venus berujar. “Dari antara sepuluh Bakat, salah satunya pasti akan bereaksi!”

Lou mendengus dan memutar bola mata. “Bukan begitu cara kerjanya, Dik. Kau harus tahu terlebih dahulu apa Bakat Dominan-nya, lalu kau mesti mencari lagi titik kelemahan pada Bakatnya yang satu itu. Dan, meski kau sudah tahu keduanya, bukan hal yang mudah untuk menangkap seorang Bizura begitu saja. Butuh kesepuluh jenis volt dengan jumlah banyak agar bisa membunuhnya.”

“Kecuali kau punya sekutu seorang Bizura juga,” timpal Shad sambil mengangkat bahu. “Setidaknya, itu kata seorang Bizura lain yang hidup beberapa ratus tahun silam pada dunia.”

“Ya,” Riss ikut menyahut. “Masalahnya, Bizura bukan jenis volt yang mudah kau temukan.”

Venus diam-diam merasa ngeri. Kalau benar si pemimpin Voltura itu masih berkeliaran dengan bebas, bisa gawat. Bagaimana jika mereka membangun kembali kelompok Voltura itu? Aduh, memikirkannya pun jangan!

“Venus Samudera!”

Venus terlonjak begitu keras sampai menyenggol pundak Virzash. Virzash cuma menatap gadis itu dengan geli.

“B-Bagaimana mereka bisa tahu identitasku?” Venus bergumam sendiri seperti orang demam.

“Identitasmu pasti sudah terdaftar, 'kan?” kata Lou sambil menatap Venus dengan aneh.

“Mana mungkin?!” Venus menyanggah keras. “Ayah meninggalkanku, dan kata ayah angkatku, ibu kandungku meninggal karena kecelakaan kapal.”

“Kakek-nenek?” Shad menduga.

“Kata ayah angkatku, mereka meninggal jauh sebelum aku lahir,” sahut Venus keras kepala, merasa marah harus mengingat sosok Bima lagi.

“VENUS SAMUDERA!”

Kali ini Shad bahkan ikut terlonjak. Virzash mendorong punggung Venus agar ia cepat-cepat ke depan sebelum siapapun menyeretnya secara paksa. Venus mengepalkan tangan dan berharap semoga Bakat-nya biasa saja. Sudah cukup ia memaksa diri ikut-ikutan berteman dengan kumpulan volt ber-Bakat aneh, dan berujung tidak disukai banyak murid lain, tanpa harus menanggung anugerah Bakat aneh itu sendiri.

Venus berdiri di tengah podium dan menunggu dengan senewen. Naas, pikirannya semakin tak keruan saat semenit berlalu tanpa kejadian apa-apa. Bisik-bisik kembali merebak, dan Venus tak kalah khawatirnya dengan mereka. Venus menggigit pipi bagian dalamnya. Jangan bilang kalau Bakat-nya juga Ganda, atau yang lebih parah, tak punya Bakat sama sekali?!

Tentu saja, semuanya tidak benar.

Air dalam bejana kaca mulai berkecipak dan melayang, kemudian berhenti di ketinggian satu meter di depan Venus. Helaan napas lega terdengar keluar dari bibir Venus dan ruangan besar itu. Bu Mana tersenyum lebar dan juga tampak lega. Venus hampir membalasnya saat ia melihat api pada lilin di bawah terlihat goyah, kemudian terangkat. Gagak di samping api itu berkaok-kaok keras, tapi tetap bertahan di tempatnya. Mata Venus melebar, dan perasaannya kehilangan kendali. Tubuhnya diam membeku, dan sensasi dingin yang menakutkan merayapi punggungnya. Api itu berhenti di samping sepercik air yang masih melayang di hadapan Venus.

Tiba-tiba, seakan mendapat perintah, benda-benda yang lain mulai mengikuti teladan sang Api. Batu, logam listrik, toples kosong tanpa tutup, tanaman dalam pot, balok es, besi, dan segenggam tanah bergerak serempak menyejajarkan diri di kiri-kanan api dan air. Kemudian, kesembilan benda ini mengangkat diri lebih tinggi dan bergerak membentuk bingkai bulat di hadapan Venus. Yang paling bawah adalah tanah, sejajar dengan lututnya. Dan yang teratas, adalah toples kosong yang melayang-layang ganjil di atas garis kepala Venus. Seakan itu belum berakhir, gagak di bawah yang tadi sempat berkaok, terbang mengelilingi tubuh Venus. Gagak itu terus berkitar sambil berkaok mengerikan.

Tanpa penjelasan Ris yang baik pun, Venus tahu ini sudah kelewatan. Ia datang ke Bumi Kedua hanya untuk menjadi sasaran ketakutan dan kebencian banyak orang.

Venus dilahirkan hanya untuk menjadi Bizura nan menyebalkan.

Berengsek.

Venus harap ia tinggal di Portal Gelap saja untuk selamanya.

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status