Share

5

Rosa tertidur di sofa ruang tengah ditemani Jerome yang sedang mengerjakan tugas akhirnya, Jaeran menatap sinis wajah sang adik yang menjadi pahanya bantalan sang isteri. Wajah damai Rosa membuat hati keduanya merasa tenang namun itu tak berselang lama ketika Jaeran hendak memindahkannya, lengan besar sang adik menghalanginya. Tak peduli apa yang dikatakan oleh sang adik, lelaki itu mengangkat tubuh sang isteri dengan kasar hingga membuat tidur Rosa terusik. Jerome menggeleng pelan melihat perangai sang kakak yang amat begitu tidak suka dengan kehadirannya dikehidupan mereka. "Loe gak bisa pelan?" Tegur Jerome yang membuat Jaeran menghentikan langkahnya tanpa menoleh. "Ke mana ajh loe? Gak tau isteri lagi butuh? Apa loe sebenarnya menikahi Rosa cuma berdasarkan rasa iba?" Jaeran menggeram lalu menatap wajah polos isterinya.

"Jaga itu mulut ya, ..." geram lelaki itu yang kembali melanjutkan langkahnya. Mendadak hatinya ngilu saat memandang raut cemas dalam damai Rosa.

"Na, ... jangan pergi. Na, jangan khianati aku kaya dia." Igau sang isteri yang menyimpan dukanya sendirian, "aku gak mau kamu pergi." Jaeran menggenggam tangan Rosa yang dalam tidurnyapun masih menyisakan air mata. 

"Apa yang harus aku lakukan biar kamu tau, cuma kamu yang berarti untukku? Bahkan gak pernah terbesit dikepala aku buat berkhianat dari kamu ... aku sayang kamu, itu faktanya. Aku juga sangat mencintai kamu. Tapi aku gak mau adik aku sendiri yang menghancurkan segala kebahagiaan aku, itu yang aku takutkan." Jaeran berdiri dan hendak melengang namun tangan kecil Rosa menggenggamnya terlalu erat. 

Rosa membuka matanya lalu menatap wajah yang menungguinya dengan posisi yang tidak pas, retina mata wanita cantik itu menoleh ke arah luar jendela, sudah pagi. Itu yang ada di dalam benaknya. "Berapa lama dia tidur seperti ini?" Perempuan itu mengusap lembut surai lelakinya lalu beranjak dari tempat tidur dan menunaikan ibadah. Setelah selesai dengan aktifitas pada tuhan, Rosa membangunkan sang suami agar cepat melakukan ibadah. 

Perempuan itu turun ke bawah dan mendapati Jerome tengah membuat sarapan sendirian, "udah bangun kak?" Rosa mengangguk lalu menatap maniknya sebentar.

"Buat apa Jer? Biar aku saja," 

"Tidak buat apapun, hanya memotong buah untuk kakak saja." Rosa mengulas senyum tipis, lalu mengambil satu potong apple. "Udah jauh lebih baik?" Perempuan diam sejenak kemudian mengangguk, Jerome mengamati garis wajah sang kakak ipar seperti sedang menyembunyikan sesuatu. 

"Kenapa kamu melihatku seperti itu?" Gelisah Rosa yang menyadari perubahan air muka adik iparnya itu.

"Kakak gak sedang berbohongkan?" Rosa tersentak lalu manik bergerak gelisah ke kanan juga kiri, apa ia takut jika Jeno mengetahui kebohongannya. Wanita itu menggeleng cepat lalu masuk ke dalam kamar mandi. "Ada yang gak beres sama Rosa, ..." Jerome mengikuti sampai depan pintu kamar mandi. Lelaki itu hanya mneguping pembicaraan sang kakak ipar dengan seseorang. 

Saat Jaeran turun dari atas Jerome seberusaha mungkin bersikap normal dan tak menimbul masalah, lelaki yang menyandang status sebagai kakak itu tak mencurigainya sama sekali. Setelah Jaeran pergi lari, sesegera mungkin Jerome menghubungi Herina dan memberitahu tentang kecurigaannya. "Nanaku gak boleh pergi," gumamnya yang tanpa sepengetahuan perempuan itu di dengar oleh Jerome. Pemuda itu menoleh cepat lalu menahan lengan sang kakak ipar.

"Kak, kak Herina mau bertemu. Kakak siap-siap ya?" Rosa mengernyit heran, setaunya ia tak apa-apa kenapa harus kontrol lagi? Lagipula bukankah ia dirawat oleh Jerome?

"Aku baik kenapa harus ketemu Herina?" Jerome tersenyum menyakinkan, dan mengajaknya ke arah garasi mobil. "Bagaimana dengan Nana? Pasti dia mencari nanti." Jerome melupakan hal itu, baiklah itu bisa dipikirkan nanti. 

"Dia, ... bakal nyusul. Ya, bakal nyusul. Aku udah bilang kalo kita akan kontrol." Lelaki itu terpaksa berdusta, ah, sial. Rosa sangat bergantung pada sang kakak hingga tak membiarkannya untuk masuk ke dalam hati perempuan itu. Rosa mengangguk lalu tersenyum mengikuti langkah besar Jerome.

Pemuda itu menulis sebuah catatan kecil lalu diselipkan dekat televisi. Jaeran membaca catatan itu kemudian meremat kertas kecil dan berlari ke kamar untuk mengganti pakaiannya. Herina menyambut kedatang Jeno dan Rosa, wanita itu senyum manis dan memeluk isteri dari sahabatnya itu. Wanita tersebut sempat memeriksa kondisi Rosa yang secara fisik bagus dan mentalnya mulai membaik. Namun Herina menyanyangkan satu hal, saraf motorik kerja otaknya mulai terbebani akan sesuatu yang tak nyata. Herina mengembuskan panjang dan kemudian menatap Jerome yang memberikan beberapa laporan. "Gue perlu bicara sama Jaeran, ini serius ..." Herina menutup buku notenya dan menyimpannya dilaci. "Mengenai ini, gue rasa loe gak perlu tau. Jer, gue tau perasaan loe. Tapi loe harus ingat Hilda, dia juga butuh loe, jangan abaikan dia. Rosa punya Jaeran yang selalu jaga, so ... loe gak perlu khawatir sampai harus nginep dirumah mereka." Jerome tergugu dengar nasihat dari kakak tingkatnya itu, pemuda itu menatap Rosa yang sedang menghubungi adik bungsunya.

"Gue, ... gak bisa, selamanya perasaan itu akan tetap ada. Soal Hilda itu berbeda, gue sayang Hilda tapi untuk mencintainya gue rasa gak akan mudah." Herina tertawa sinis lalu menggeleng tak habis pikir dengan jalan pikiran lelaki dihadapannya. Sesampainya Jaeran diruangan Herina, pemuda tersebut menatap sang isteri dengan pandang lega. 

"Loe-!" Geram Jaeran yang memincingkan matanya marah.

Herin menyela sebelum perdebatan itu terjadi dan wanita satu anak itu tak mau ruangannya ternoda dengan pertengkaran kakak adik itu. "Jaerome, loe boleh keluar. Rosa biarin ajh, ada suaminya." 

"Isteri gue gak gila!" Seru Jaeran gak terima. Herin memutar bola mata malas. Jerome meninggalkan ruangan itu dan berlalu begitu saja.

"Hampir! Asal loe gak berbuat yang macem-macem! Loe tau? Kalo loe bisa sedikit ajh, nahan rasa egois loe dan emosi loe itu? Rosa gak akan memikirkan hal yang aneh-aneh!" Omel Herina yang membuat pemuda itu terdiam dan memandang Rosa yang lagi duduk merenung sendirian. 

"Maksud loe apa?" Herina bercerita tentang apa yang dirasakan oleh teman perempuannya itu, betapa terkejutnya Jaeran saat mendengar keluhan sang isteri. "Rosa cerita begitu!?" Sentaknya yang membuat sang isteri menoleh menatap bingung suaminya.

"Hm, dia sampai takut apa yang pernah terjadi terulang kembali. Loe tau kan pengkhianatan hubungan sesuatu yang sensitif buat dia? Gue harap loe gak berbuat hal yang diluar norma pernikahan." Jaeran tertawa pelan lalu mengingat kembali pertemuan mereka yang secara kebetulan dan melalui Herin pula. "Cuma dia yang gue anggap bukan sebagai pasien gue, ... gue sayang dia sebagai adik, Jae. Gue harap loe gak berniat selingkuh dibelakang dia. Gue mohon Jae biarkan dia hidup normal setelah cowok bajingan itu menghancurkan kehidupannya ..." untuk pertama kalinya Jaeran melihat Herin menangis takut kehilangan orang yang berharga. Ya walau bagaimanapun Herin harus menebus kesalahannya dimasa lalu yang telah menghancurkan kenangan manis perempuan tersebut. Herinlah yang patut dipersalahkan akan ketidak tenangan hidup Rosa, karenanya wanita cantik itu jadi seperti ini. Jaeran yang mengerti tak banyak bertanya lagi, meski jelas secara detail tentu lelaki itu tau kronologis hubungan pertemanan mereka. Tentu Rosa tak akan tau siapa perempuan yang tega merebut miliknya karena selama ini Narendra tak pernah mengatakan secara jelas siapa perempuan tersebut.  

Setelah selesai semuanya Rosa menghampiri Jaeran dengan wajah yang tak bersahabat, perempuan tidak pernah marah itu yang Jaeran tau. Namun pemuda itu tak tau jika sang isteri tengah merajuk padanya. "Rose, kamu marah sama aku?" Ujarnya, dengan nada rendah.

"Kamu tau aku gak pernah bisa marah sama kamu, ..." sahutnya murung. Jaeran mengembuskan sabar, lelaki itu kembali menatap wanitanya kehabisan akal.

"Lalu, ..." 

"Kenapa tak ada saat aku butuh kamu?" Jaeran membeku ia melupakan fakta itu, pemuda itu mengeram secara spontan. "Gak ada yang kamu lakukan dibelakangku kan?" Jaeran memiringkan kepalanya lalu mengernyit heran.

"Kamu menuduhku selingkuh?!" Bentak Jaeran kelepasan bicara dan membuat Rosa terkejut dan ada desiran hebat yang menjalar dinadinya. Rosa membuang muka tak mau menatap wajah sang suami, kemudian menutup matanya menahan sesuatu aliran yang berasal dari pupil matanya agar tak keluar.

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status