Share

5. Pintu Kematian Betelgeuse

"Ramalan cuaca pagi tadi mengatakan kalau hari ini akan cerah, tapi malah sebaliknya. Dasar payah." Teresa membuka mulutnya lebar lalu menggigit burger yang baru saja dibelinya di kantin. Ia mendengkus begitu hujan tiba-tiba turun, padahal tadi pagi cuaca masih cerah dengan matahari yang bersinar begitu terang. 

Di depannya, Isla ikut menatap keadaan di luar sana. Karena hujan, mau tidak mau semua murid menghabiskan waktu istirahat mereka di dalam ruangan. "Ramalan cuaca tidak selalu akurat. Mungkin saja ada perubahan angin." Ia lalu beranjak dari tempatnya. 

"Kau mau ke mana? Burgermu kan belum datang." Teresa berujar. 

"Aku mau ke toilet sebentar."Isla berjalan keluar dari kantin. Hujan membuat suhu di sekitarnya berubah menjadi sedikit lebih  dingin. Hal itu sudah pasti berpengaruh padanya yang cukup sensitif terhadap dingin. Ginjalnya akan menyaring lebih banyak darah dan menghasilkan lebih banyak urine, sehingga membuatnya lebih sering buang air kecil dan Isla membenci hal itu. 

Beruntung koridor menuju kamar mandi tidak dipenuhi oleh murid laki-laki super menyebalkan yang selalu mengganggu perempuan setiap kali lewat. Setelah selesai dengan urusannya, Isla memutuskan kembali ke kantin. Perutnya sudah lapar dan burger miliknya sekarang ini pasti sudah menunggu di atas meja. 

"Ah, aku lupa." Isla menepuk pelan dahinya dan memutar arah langkahnya. Gadis itu menaiki satu per satu anak tangga menuju ke lantai tiga. Kurang dari dua menit, ia sampai di perpustakaan sekolahnya. 

"Tumben sekali sepi." Isla menelusuri beberapa rak besar dan mencari buku yang ingin dipinjamnya. Lalu tidak lama seelahnya, ia berhenti saat melihat sebuah buku yang menarik perhatiannya. Karena terletak di bagian atas, gadis itu pun menggunakan tangga untuk mengambilnya. 

"Betelgeuse?" Kening Isla mengerut. Buku tebal dengan sampul warna cokelat itu tampak begitu asing. Namun, Isla mendadak seperti familier dengan judul yang tertera pada sampul. "Ah, Betelgeuse. Bintang yang sekarat itu, kan?" 

Isla menuruni tangga dan membuka buku itu. Tidak seperti buku sains, sejarah, atau bahkan novel. Menurutnya, itu lebih terlihat seperti buku tua peninggalan Albert Einstein. Desain sampulnya kuno dan warnanya cokelat, persis seperti buku-buku tua di museum. 

Di halaman pertama, ia melihat sebuah gambar berbentuk bulat dengan arsiran tipis di sekelilingnya. Di bawahnya, terdapat sebuah tulisan namun ia tak bisa membacanya karena huruf yang digunakan tampak begitu asing. "Inikah Betelgeuse?"

"Buku ini bahkan lebih cocok ada tangan arkeolog daripada di sini," ujarnya. Ia lalu kembali membukanya, dan melihat gambar bulatan tadi memiliki retakan hingga membelah Betelgeuse menjadi dua bagian. Halaman ketiga, Isla berkedip dua kali. Terdapat banyak paragraf dengan huruf memusingkan persis seperti yang ada di halaman awal. Entah ada gambar-gambar apa lagi di halaman ke empat dan seterusnya, Isla tidak mau tahu. 

"Buku macam apa ini?" Isla langsung menutup buku itu dan berniat menimpannya lagi. Namun saat ia hendak menaiki tangga, seseorang tiba-tiba berbicara padanya. 

"Di dalam sana berisi semua tentang Betelgeuse."

Isla menoleh dan melihat seorang laki-laki berambut merah marun tengah bersandar di salah satu rak tepat di sebelahnya, entah sejak kapan. 

Kedua alis Isla saling bertaut, menatap penampilan pria itu dari atas hingga bawah. "Kau siapa?"

Pria itu tak menjawab, lantas menutup buku yang ada di tangannya dan menyimpannya kembali ke dalam rak. 

"Betelgeuse membutuhkan banyak kandungan hidrogen," ucap pria itu. "Terlalu banyak helium yang digunakan, lalu mengubahnya menjadi karbon dan oksigen. Jika ini terus berlanjut, maka Betelgeuse akan menggunakan unsur-unsur yang lebih berat lalu hancur." 

"A-ah, benarkah? Apa kau sudah membaca buku ini? Kau paham apa yang ditulis di sini?" Isla menatap buku di tangannya. Melihat huruf-huruf di sana hanya membuatnya mual.  "Betelgeuse hampir mati, kan? Kalau begitu biarkan saja. Aku melihat kalau di buku ini Betelgeuse terbelah menjadi dua lalu hancur dan menjadi supernova. Lantas apa lagi? Aku tidak begitu peduli kalau Betelgeuse adalah salah satu bintang paling terang di rasi Orion atau apapun, aku tidak tertarik. Kalau takdirnya akan hancur, ya sudah." 

"Kau tidak ingin membantu?" Pria itu maju dua langkah ke arah Isla. 

"Membantu? Membantu apa?"

"Bumi memiliki kandungan hidrogen yang banyak, namun sudah tercampur dengan unsur lain-"

"Tunggu, maksudmu kau ingin aku membuat hidrogen untuk bintang sekarat itu? Kau gila? Mungkin miliaran tahun pun tidak akan cukup. Lagi pula apa yang harus aku lakukan? Pergi ke luar angkasa bersama astronot? Atau terbang dengan phoenix?" Isla menatap lelaki di depannya tak percaya. "Ide macam apa itu? Bahkan para astronom saja tidak harus repot-repot mengurusi kehidupan bintang di luar angkasa sana. Kau dari kelas mana? Kuharap wali kelasmu tidak menyesal memiliki murid sepertimu." Ia meletakkan buku itu dengan asal ke rak dan pergi setelahnya. 

Pria di belakangnya menatap kepergian Isla dengan salah satu sudut bibir yang naik. 

***

Isla kembali ke kantin dengan raut wajah yang kurang menyenangkan, membuat Teresa yang semula hendak mengomelinya langsung bertanya-tanya. Isla tampak kesal, seperti habis bertengkar. 

"Ada apa?" tanya Teresa begitu sahabatnya duduk dan mulai memakan burgernya dengan gigitan berukuran besar.

"Aku barusan pergi ke perpustakaan dan bertemu dengan seorang pria yang entah dari kelas mana, rambutnya berwarna merah marun dan dia tidak memakai seragam. Ah, kurasa aku melihat sesuatu di punggung tangannya. Apakah itu tato?" ujar Isla panjang lebar.

Teresa dibuat melongo begitu Isla mulai bicara. "Kau ini membicarakan apa? Tidak ada murid seperti itu di sini? Bahkan tidak ada guru yang mengecat warna rambutnya. Dan apa kau bilang barusan? Tato? Kau pasti bermimpi." 

Isla tersedak pelan. "Entahlah, atau mungkin saja dia murid baru di kelas lain," ujarnya. "Ah, iya. Kau ingat bintang yang akan jadi supernova itu? Yang sering diberitakan di TV."

"Bintang? Ah, maksudmu Betelgeuse?"

Isla mengangguk. "Aku menemukan sebuah buku aneh di perpustakaam yang berisi tentang itu. Aku tidak bisa membacanya sama sekali karena huruf-hurufnya yang aneh. Lalu, pria itu secara mengejutkan mengatakan seluruh isi dari buku itu padaku. Dia bilang buku itu berisi tentang Betelgeuse. Dia bilang sekarang ini Betelgeuse menggabungkan helium dan mengubahnya menjadi karbon dan oksigen karena hidrogen yang terus menipis, dan jika itu terus terjadi maka Betelgeuse akan hancur lalu menjadi supernova."

"Benarkah? Tapi aku tidak pernah menemukan buku seperti itu di perpustakaan. Dan bagaimana dia bisa tahu? Bahkan NASA saja belum memberikan informasi lagi." 

"Ah, entahlah. Aku bahkan sampai lupa tujuanku ke sana. Sial, aku jadi mual." Isla mengigit burger miliknya hingga salah satu pipinya tampak menggembung. Ia lalu menatap ke luar jendela, terkejut melihat cuaca yang kembali cerah dengan cepat. 

"Tunggu. Sejak kapan hujan berhenti?" 

Teresa mengikuti arah pandangan Isla lalu berkata, "tidak lama sebelum kau kembali. Langit tiba-tiba saja cerah." 

Komen (1)
goodnovel comment avatar
Kikiw
siapa tuh? Rhys?
LIHAT SEMUA KOMENTAR

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status