Share

Ada Banyak Orang Gila

                “Daging segar!” celetuk sebuah suara.

                “Cantik, sih! Tapi, tahan berapa lama?” timpal lainnya.

                “Dipikir wanita penghibur,” sahut yang satunya lagi.

                Dan setelahnya, Aurora selalu mendengar suara tawa yang amat merendahkan dari para pelayan itu. Awalnya Aurora berusaha biasa saja, namun saling lempar kalimat cibiran itu semakin lantang mereka cuitkan setiap harinya. Seakan-akan mereka menganggap pekerjaan Aurora ini adalah pekerjaan yang paling rendah di kastil ini.

                Aurora menyeruput minumannya. Ini adalah istirahat hari keduanya. Sebenarnya tidak ada waktu istirahat resmi, mengingat jam kerja Aurora yang nonstop. Namun, sebagai manusia, Aurora tetap butuh itu. Dia melihat ke jendela, memandangi deretan bangunan kastil yang megah itu. Tempat yang seepik ini dibangun hanya untuk menjadi topeng, jadi yang tersisa hanyalah kesunyian.

                Sejak dulu, Aurora tidak bisa mencerna. Bagaimana orang-orang kaya suka menggunakan uangnya untuk alasan yang hampir di luar nalarnya. Sedang di tempat lain, orang seperti ayahnya berusaha sampai titik darah penghabisan demi hal lain.

                Dengan berat Aurora menarik napas dan membawa langkahnya masuk untuk kembali menemui perawat jaga.

                “Cepat sekali?” tanya Maria, perawat yang sudah dua hari ini berbaik hati. Dia selalu mengingatkannya untuk mengambil setidaknya lima belas menit ‘me time’ .

                Aurora mengangguk, “Terima kasih,” katanya.

                Wanita dua anak itu mengangkat bahunya. “Kamu tau?” tanyanya lagi.

                “Apa?”

                “Dari sekian banyak ‘perawat kamar khusus’ itu, cuma kamu yang ‘cukup ringan’ langkahnya.”

                “Aku nggak punya alasan untuk mundur,” ucap Aurora dengan senyum. Dia sedikit merasa geli dengan sebutan ‘perawat kamar khusus’ dari Maria.

                Cukup lama kiranya Maria dalam hening. Dia menatap Aurora. Lalu katanya, “Saranku, jangan pernah dengarkan ucapan-ucapan para pelayan itu!”

                Maria pergi seraya menepuk pundak Aurora.

                Aurora sempat terkejut, dia bahkan belum cerita pada siapapun soal cibiran-cibiran yang dia terima. Namun, seolah-olah hal yang Aurora alami sudah terjadi sebelumnya. Jadi, dia mengangguk saja.

                Hari berikutnya, Maria sedang cuti. Ini adalah hari ketiga Aurora bekerja. Dia mencoba bekerja seperti protokol yang ada. Bekerja sesuai aturan yang ditetapkan padanya, meskipun pasiennya sendiri sulit menerima keberadaannya. Ya, sudah tiga hari ini, Theo menolaknya. Pria itu hanya mau dilayani oleh perawat jaga atau lebih tepatnya siapapun selain dirinya. Aneh. Aurora pikir, ucapannya yang begitu percaya diri hari itu akan membuat hati pasiennya tersentuh, namun Theo tidak demikian.

                Tiba waktunya makan siang, namun tidak ada satu pun pelayan yang datang membawa makanan untuk Theo. Aurora menengok pasiennya, seperti biasa Theo hanya termenung di depan jendela. Dia selalu seperti itu, lalu malam harinya kembali ke ranjangnya untuk tidur. Jangankan melirik Aurora, pria itu benar-benar hanya menganggapnya angin.

                Namun, setidak suka apapun Theo padanya, pasiennya itu tetap butuh makan. Jadi, tidak ada cara lain, Aurora harus ke dapur.

                “Di mana makan siang untuk pasien?” tanyanya pada salah seorang pelayan.

                Sayangnya, tidak ada satu pun pelayan yang menjawabnya. Mereka hanya menatap Aurora dengan wajah datar. Aurora mencoba sabar dan mencari sendiri apa yang dia butuhkan. Walaupun ini sangat mengherankan, tidakkah terlalu lucu saat seorang perawat sepertinya harus beradu otot dengan bagian dapur?

                Datanglah seseorang yang membantu Aurora, sekedar mengambilkan nampan. Namun, tiba-tiba datang sebuah hardikan.

                “Kamu lagi apa, Thea?”

                “Aku mengambilkannya nampan, Agatha!” ucap pelayan yang dipanggil Thea itu.

                “Kan udah aku bilang, sih. Nggak usah bantu ‘wanita penghibur’ ini!”

                Aurora menggigit bibirnya, namun hendak dijungkir balikkan macam apa, stigma ‘wanita penghibur’ sangat terdengar miring untuknya.

                “Kamu keterlaluan, Tha!” ucap Thea lagi dan pergi.

                Dengan satu mata, Aurora melirik langkah kesal pelayan yang hendak berbaik hati padanya itu. Sepertinya, pelayan itu kasihan padanya yang diperlakukan secara tidak wajar.

                “Heh, Pelacur!” hardik Agatha lagi.

                Aurora masih diam. Dia mencoba mengurusi urusannya sendiri dan ingin secepat mungkin pergi dari dapur.

                Grompyaang!

                Mendapat cibiran, makian, juga kata-kata yang tidak sopan itu, Aurora masih bisa menerima. Namun, pelayan bernama Agatha itu sudah sangat keterlaluan saat dengan sengaja menyenggol nampan berisi makan siang pasiennya.

                “Apa maksud kamu sebenarnya?” tanya Aurora.

                Agatha tertawa sinis, “Kamu berani juga, Pelacur?”

                “Aku bukan pelacur!” tegas Aurora.

                “Terus apa sebutan untuk seorang wanita yang sekamar dengan seorang pria yang nggak punya hubungan apapun dengannya?”

                “Kalian semua jelas tau kenapa aku harus melakukan itu. Aku datang sebagai perawat bukan untuk hal lain, paham?” Aurora mulai menunjukkan kekesalannya.

                “Udahlah,” kata Agatha. “Kamu pergi aja seperti perawat lainnya. Jelas-jelas, Tuan Muda nggak suka sama kamu.”

                “Apa masalahmu sebenarnya?” tanya Aurora.

                Agatha menghela napasnya, seolah-olah dia menganggap Aurora adalah orang bodoh.

                “Aurora. Itu namamu, kan?” tatap Agatha seraya mendekat.

                “Memangnya kenapa klo namaku Aurora?”

                “Aurora, dengarkan aku baik-baik. Jangan karena kamu cantik, kamu bisa seenaknya di sini. Asal kamu tau, aku adalah kepala pelayan di kastil khusus ini. Semua perawat jaga dan pengawal Tuan Muda tau itu. Jadi, sopanlah sedikit.”

                “Sejak tadi, aku berusaha sopan. Semua orang tau, klo kamu yang membuat keributan.”

                “Jangan lancang!” bentak Agatha.

                Aurora menggelengkan kepalanya. Sebenarnya, ada berapa banyak orang gila di kastil ini batinnya.

                “Apa mau kamu?”

                “Pergi dari sini! Jangan pernah kembali!” kata Agatha.

                “Bukan kamu yang berhak mengatur pekerjaanku.”

                “Hanya kami yang boleh melayani Tuan Muda!”

                “Astaga! Jadi, ini cuma soal itu?” desis Aurora. Dia akhirnya paham maksud para pelayan ini. Keberadaan Aurora yang dua puluh empat jam itu ternyata membuat para pelayan ini cemburu.

                “Kami memang pelayan di sini. Tapi, kami dibekali semua hal khusus yang bisa membuat orang seperti kamu menjadi nggak penting di tempat ini. Para perawat jaga itu telah cukup dan Tuan Muda nggak pernah suka dengan pelacur macam kamu!”

                Aurora menghela napasnya, “Hei, Agatha!” katanya. “Aku datang atas rekomendasi dokter Raanana. Dia yang menangani secara khusus Tuan Muda kalian itu. Pasti ada alasan mengapa seorang perawat sepertiku dibutuhkan. Jadi, mulai sekarang jangan ganggu aku. Mari kita kembali ke ‘jobdesk’ masing-masing!”

                Plak!

                Satu tamparan mendarat di pipi Aurora.

                “Dibilangin bukannya nurut, malah nantang! Kasih wanita ini pelajaran!” seru Agatha.

                Aurora melihat seisi dapur, ada lebih dari lima orang di sana selain Agatha. Dan sayangnya, mereka semua ada di bawah kendali pelayan gila itu. Aurora kalah jumlah. Detik berikutnya, dia mulai mendapatkan perlakuan yang tidak pernah dia bayangkan sebelumnya. Pukulan demi pukulan mendarat di tubuhnya. Para pelayan itu bagai sekelompok wanita yang melabraknya seperti seorang wanita yang mencuri pria idola mereka. Aurora memejamkan matanya sembari menahan semua rasa sakit yang diterimanya. Terjawab sudah mengapa perawat-perawat sebelumnya lari tunggang langgang. Rupanya di dalam kastil ini banyak sekali orang dengan gangguan jiwa.

                ****

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status