Share

3. Secangkir Kopi

 “Ra bukanya itu cowok kamu” seru Della, “Kok sama cewek?”

Amara langsung memutar badannya. Menuju pandangan arah yang ditunjukan oleh Della. Benar dia melihat Bima, pacarnya sedang membonceng seorang wanita keluar dari parkiran. Amara memicingkan mata, sayangnya dia tidak bisa melihat dengan jelas dengan siapa pacarnya tersebut.

Jantung Amara berdenyut kencang. Pikirannya langsung kemana-mana. Wanita itu jelas bukanlah yang dia kenal. Jika itu ka Winda, kakak dari Bima pasti dia akan sadar dan mengenal postur tubuhnya. Yang dibonceng Bima tadi seorang gadis, tubuhnya mungil, rambutnya diikat. Amara melihat arlojinya sudah hampir setengah duabelas malam.

“Ra…!” Della memegang pundak Amara.

Dia langsung sadar akan lamunannya. Posisinya masih berdiri. Amara langsung duduk kembali di kursinya. Dia menarik nafas perlahan. Tenang Ra tenang.

“kamu gapapa?” Della bertanya lagi. Dia melihat temannya berwajah sedikit pucat.

“Aku…!” Amara menghentikan suaranya sesaat. Dia bimbang. Haruskah ia cerita ke Della perihal ini? Tetapi bukankah itu mengumbar aib Bima.

“Ya, Ra? Kenapa? Sini cerita!” kata Della.

Amara menelan ludah. Dia mencoba untuk mengatur nafasnya agar lebih stabil. “Aku gapapa!”

Della menyilangkan lengannya. Dia tahu bahwa temannya tidak baik-baik saja. tetapi mendesak Amara pun percuma. Dia tahu Amara orang yang akan berbicara jika perlu, dan diam jika dibutuhkan. “Pokoknya kalau kamu butuh aku bilang ya!”

Amara mengangguk. Dia kembali menyantap pesanannya. Tetapi sungguh hatinya tidak tenang. Berkali-kali dicek pesan masuk di handphonenya. Tidak ada chat sedikitpun dari Bima.

***

"Pagi Sayang" sebuah pesan singkat tertera di handphone Amara. Siapa lagi jika bukan Bima yang mengirimnya. Amara membuang nafas panjang. Haruskah dia bertanya perihal semalam?

Akhirnya dia membalas. Meskipun dengan perasaan kesal dan kacau. "Kemaren kamu ke mana? Aku chat ga dibales.

Tidak membutuhkan waktu yang lama. Bima sudah membalas chatnya, "Maaf, kemaren aku sudah tidur"

Bohong, batin Amara. Ketika menelpon kemarin ka Winda menjawab dia pergi ke minimarket. Namun dia masih memutar otak agar chat yang dia lontarkan tidak terlihat mencurigai. "Kamu sempet keluar lagi ga malem? Dingin banget loh semalem. Takutnya kamu kedinginan kalau keluar."

Sesuai dugaan, jawabannya membuat Amara mencibir. "Engga sayang, aku langsung tidur"

Bohong lagi, jerit batin Amara. Ternyata memang benar jika seseorang terlihat buruknya. Maka keburukan lainnya akan jelas terlihat. Namun Amara tidak menyerah. Dia harus mencari tahu kebenarannya. Dia melanjutkan teks chatnya, "Kata ka Winda kamu pergi"

Lama sekali Bima membalas. Sekitar beberapa menit barulah nada pesan masuk ke handphone Amara. Dia segera melihat jawaban dari kekasihnya tersebut, "Oh, iya sebentar kok gasampe sepuluh menit, udah gitu aku langsung tidur. Maaf ya"

Kenapa dia ga jujur, batin Amara. Perut Amara bergejolak tak karuan. Amara paham, jika emosi manusia tidak stabil maka hal tersebut akan beraakibat kepada badannya. Dia langsung bangkit untuk mencari air minum. Diminumnya air jernih yang telah dituangkan ke gelas tersebut. Kemudian dia kembali menarik nafas panjang.

Sejujurnya Amara benci jika dirinya terbawa emosi sejauh ini. Sebagai anak pertama, dia diajarkan oleh orangtuanya untuk mengontrol emosi. Dia tahu jika emosi menguasainya dampak buruk bisa terjadi. Maka dari itu dia memilih untuk mandi dan mendinginkan kepalanya.

***

Amara meneguk kopinya. Entah mengapa hari ini dia memilih untuk memesan Americano yang terasa masam dan pahit. Amara sejatinya memang menyukai kopi. Entah mengapa kopi membuatnya tenang jika sedang tertekan.

Hari ini Amara menolak ajakan Bima untuk bertemu. Hampir setiap hari Amara dan Bima bertemu. Entah itu hanya di kantin kampus, ataupun Bima yang mengunjungi kosan Amara, atau juga sebaliknya. Mereka menganggap kebersamaan sebagai suatu gift.

Amara beralasan jika dia ingin menulis skripsinya sendirian untuk mencari inspirasi. Dia juga memilih kedai kopi yang sedikit jauh dari kampusnya. Kedai itu cukup nyaman walaupun sederhana. Bentuknya pun unik, rumah mini yang dijadikan kedai kopi, dengan beberaapa payung tenda kecil di depannya serta plang penanda yang berjudul “secangkir kopi”. Amara baru pertama ke sini tapi dia menikmati suasananya.

Amara kembali melihat laptopnya. Wallbook Bima masih ada di sana. Amara sengaja tidak berkata apapun ke Bima jika memiliki akses Wallbooknya. Sejujurnya hari ini dia ingin menyelidiki tentang Gita.

Sejauh yang Amara ketahui, Gita masih SMA. Tidak diketahui secara pasti kelas berapa. Hanya diketahui SMA tempatnya bersekolah. Rupanya SMAnya terletak tak jauh dari kediaman Bima. Amara menduga mungkin saja mereka berkenalan karena jarak sekolah dan rumah Bima dekat?

Amara bukan lagi anak kecil, dia tidak bisa dibohongi dengan makna chat di dalam percakapan Bima dan Gita. Tetapi Amara ingin mengetahui lebih tentangnya. Kenapa Bima bisa melakukan hal semacam itu? Apakah benar cewek yang dilihatnya tadi malam adalah Gita? Kenapa Bima berbohong sejauh itu terhadapnya? Apakah ini bukan pertama kalinya?

Saking fokusnya Amara mencari tahu siapa Gita. Dia tidak sadar jika ada seseorang yang memperhatikanya. Barulah Amara sadar ada yang memperhatikan saat pandangannya menjauhi Laptop untuk mengambil cangkir kopinya. Mata mereka bertemu.

Dia terus memperhatikan Amara. Tentu saja Amara merasa tidak nyaman dibuatnya. Sebelum dia memutuskan untuk pergi atau pindah tempat duduk orang tersebut menyapanya, “Maaf saya membuat kamu tidak nyaman ya?”

Amara akhirnya memberanikan diri untuk balas menatapnya. Laki-laki tersebut tergolong tampan. Raup wajahnya tegas. Dari pakaian yang dikenakan terlihat bahwa dia merupakan karyawan di kedai kopi tersebut.

“Ya ada apa?” tanya Amara. Tatapannya terlihat risih. Amara tidak biasa diperhatikan seperti itu. Haruskah dia melaporkan tindakan karyawan yang kurang sopan tersebut?

“Saya Satria, saya sejak tadi memperhatikan logo kampus yang ada di depan laptop yang kamu gunakan!” cerita Satria.

Logo berwarna merah dengan gambar berbentuk buku tersebut memang logo kampus Amara. “ini logo kampus saya ka!”

“Saya juga kuliah di sana!” kata Satria.

Ah sekarang Amara mengerti. Satria merasa jika dia bertemu teman kampusnya. Pantas saja dia memperhatikan Amara.

“Jurusan apa ya? Semester berapa?” tanya Amara.

“Saya jurusan sejarah. Untuk semester saya angkatan tua. Sedang skripsi!” jawab satria, “kamu?”

“Psikologi!” jawabnya. “sudah lama bekerja di sini?”

Satria mengangguk, “saya bekerja di sini sejak kuliah semester empat!”

Amara memperhatikan lebih teliti lawan bicaranya. Dia bisa menyimpulkan jika umur dan angkatan Satria jelas lebih tua dibandingkan dirinya. Sepertinya lawan bicaranya ini telat lulus, jika tidak kenapa dia harus berucap angkatan tua di sana.

“Setiap hari di sini?” tanya Amara.

“Iya setiap hari. Saya harus mencari biaya untuk skripsi. Kalau kamu sudah skripsi sebaiknya siapkan tabungan. Butuh biaya tidak sedikit untuk penelitian!” kata Satria.

“Kenapa memilih menjadi karyawan di sini? Barista?” tanya Amara.

Satria tersenyum. “karena kopi bisa mengajarkanmu banyak hal!”

***

Amara melemparkan tubuhnya ke atas ranjang tidurnya. Hari ini pikirannya lebih tenang. Di saat dia dilanda rasa penasaran akan Gita dan sikap Bima, dia menemukan teman baru bernama Satria. Ternyata Satria asik diajak bicara, kedai “secangkir kopi” juga akan menjadi tujuannya jika dia membutuhkan teman atau melepas beban pikiran. Tempatnya pun tergolong dalam nuansa nyaman.

Ketika mengobrol tadi, pikirannya jadi jauh dengan Bima ataupun Gita. Meskipun tetap ada rasa penasaran. Dia sedikit lega. Kopi memang bisa mendamaikan suasana hati.

Amara mengambil ponselnya. Chat yang dia kirim ke Bima belum dibalas. Terakhir Amara berkata bahwa dia akan mengerjakan skripsi di kedai kopi. Dia pikir waktunya di kedai kopi cukup lama. Lebih dari dua jam. Tetapi dibaca saja belum isi pesan darinya. Apakah Bima masih ada kelas? sepertinya tidak.

Akhirnya Amara menjelajah ke akun Binstagramnya. Waktunya pas sekali dengan Bima yang yang mengupload story di sosial media tersebut. Akhirnya Amara membuka story Bima. Matanya langsung terperanjat melihat story tersebut. Tanpa sengaja dia menggigit ujung bibirnya. Di story terlihat postur seorang gadis sedang selfie. Gadis itu tidak lain adalah Gita.

Rainfall

Halo semua, dengan Rainfall di sini. Jangan lupa klik tombol + untuk meletakan cerita ini di library kalian ya. Tinggalkan review dan kesan kalian juga setelah membaca. Terimakasih

| Sukai

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status