Share

Senopati Arya Lembana

KABAR mengenai pembegalan yang dialami rombongan dari Wurawan langsung terdengar hingga Kotaraja. Sore itu juga petinggi keprajuritan Panjalu yang berwenang sudah mengetahui peristiwa tersebut.

Adalah sais gerobak yang membawa kabar muram ke Kotaraja. Lelaki berbadan tambun tersebut diperintah oleh Tumanggala. Awalnya ia menolak karena masih gemetar ketakutan. Namun Tumanggala berhasil meyakinkannya untuk pergi.

"Tinggal dirimu harapan kami. Jadi, aku mohon pergilah ke Kotaraja. Sampaikan kejadian ini pada Senopati Arya Lembana," ujar Tumanggala sebelumnya. Tepatnya tak lama setelah si prajurit memastikan kematian Ki Bekel Jayapati.

Sais gerobak terpekur sejenak. Rasa takutnya belum lagi hilang. Karenanya ia masih tidak dapat membayangkan harus pergi sendirian menembus hutan yang sepi, menuju Kotaraja yang jaraknya tidak bisa dibilang dekat.

"A-aku ... aku takut, Tumanggala," jawab sais gerobak akhirnya, berterus terang.

"Tidak ada yang perlu kau takuti," sahut Tumanggala. "Tak sampai dua penanakan nasi dari sini kau sudah akan tiba di Katang Katang. Selepas itu jalan yang kau lalui merupakan jalur ramai."

Sais gerobak membenarkan ucapan Tumanggala. Namun ia tidak langsung menyahut. Terdiam beberapa saat dalam kemelut pikirannya sendiri.

"Ba-bagaimana denganmu, Tumanggala? Juga Triguna?" tanya sais gerobak kemudian.

Selain takut, rupanya ia juga merasa ragu-ragu meninggalkan rekan-rekan seperjalanannya yang dalam keadaan terluka parah.

"Jangan pedulikan aku!" sergah Tumanggala seraya mengibaskan tangan. "Lukaku agaknya tidak terlalu parah. Dan Triguna akan aku obati sebisa mungkin. Semoga saja belum terlambat."

"Baiklah kalau begitu," sahut sais gerobak. Ia harus memberanikan diri. Kabar mengenai kejadian ini harus segera disampaikan pada pejabat berwenang di Dahanapura.

"Ingat, jangan beri tahu siapa pun mengenai hal ini sebelum kau menemui Senopati Arya Lembana," susul Tumanggala sebelum sais gerobak pergi.

Sais gerobak hanya mengangguk. Lalu dengan tergopoh-gopoh ia langsung menaiki salah satu kuda. Dan dalam beberapa kejap saja bayangan tubuhnya sudah hilang dari pandangan.

Sesampainya di Dahanapura, sais gerobak minta dipertemukan dengan Arya Lembana. Senopati tersebut adalah atasan Ki Bekel Jayapati. Sekaligus juga atasan tidak langsung Tumanggala dan Triguna.

Sontak kabar yang disampaikan sais gerobak membuat kaget sang senopati. Pasalnya, rombongan dari Wurawan yang dipimpin Ki Bekel Jayapati tersebut membawa upeti untuk Sri Maharaja Jayabhaya.

"Ini gawat! Benar-benar gawat!" desis Arya Lembana dengan wajah mengeras. Kedua tangannya terkepal kencang.

Suasana di dalam ruangan tersebut mendadak berubah mencekam. Sais gerobak hanya bisa menundukkan kepala. Sama sekali tak berani beradu pandang dengan sang senopati.

"Jadi yang masih hidup hanya tinggal dua orang?" tanya Arya Lembana kemudian.

"Benar, Gusti Senopati," sahut sais gerobak.

"Siapa saja? Bagaimana dengan Jayapati?" tanya sang senopati lagi.

"Sayangnya, Ki Bekel gugur, Gusti," jawab sais gerobak dengan nada menyesal.

"Apa?!" seru Arya Lembana kaget.

Sepasang mata sang senopati membelalak lebar mendengar itu. Ki Bekel Jayapati salah satu perwira rendah Panjalu berkemampuan di atas rata-rata. Bagaimana mungkin dapat dikalahkan oleh seorang begal?

Atau ini menjadi pertanda bahwa begal yang mengadang bukanlah gerombolan sembarangan? Kalau menilik dari keberanian mereka membegal rombongan kerajaan, jelas mereka bukan jenis begal kemarin sore.

"Yang masih hidup hanya dua prajurit, Gusti. Tumanggala dan Triguna. Itu pun mereka dalam keadaan terluka parah," tambah sais gerobak memecah kesunyian.

Arya Lembana menarik napas dalam-dalam. Kepalanya mendongak sedikit ke atas. Pandangannya menerawang ke arah langit-langit ruangan.

"Selain aku, siapa lagi yang sudah kau beri tahu mengenai hal ini?" tanya sang senopati kemudian.

"Tidak ada, Gusti Senopati. Tumanggala berpesan agar saya hanya memberi tahu kabar ini pada Gusti Senopati seorang," jawab sais gerobak.

"Bagus!" sergah Arya Lembana. "Kalau begitu sekarang juga antarkan aku ke tempat kejadian."

"Baik, Gusti," sahut sais gerobak seraya menunduk hormat.

Beberapa saat kemudian Arya Lembana dan sais gerobak meninggalkan gerbang Kotaraja. Sang senopati membawa satu pasukan bersenjata lengkap. Terdiri atas dua lusin prajurit.

Tepat saat gelap mulai merayap, Arya Lembana dan pasukannya tiba di tempat rombongan Ki Bekel Jayapati dibegal. Puluhan obor yang mereka bawa membuat bagian hutan tersebut terang benderang.

Sewaktu mereka tiba, Tumanggala tengah melumuri luka di dada Triguna dengan berbagai dedaunan obat. Prajurit muda itu langsung menyembah hormat begitu melihat kehadiran Arya Lembana.

"Gusti Senopati," sambut Tumanggala dengan takzim.

Arya Lembana tak menanggapi. Kepalanya berputar, memandang berkeliling dengan tatapan mata berkilat-kilat. Tampak geraham sang senopati bergerak-gerak. Pertanda tengah menahan amarah.

Kejap berikutnya Arya Lembana melangkah menghampiri tubuh kaku Ki Bekel Jayapati. Terdengar suara mendengus ketika senopati Panjalu itu melihat keadaan sang bekel.

"Siapa yang telah melakukan perbuatan keji ini?" tanya Arya Lembana kemudian, masih dengan memandangi mayat Ki Bekel Jayapati.

Agak takut-takut, Tumanggala mendekati Arya Lembana. Lalu berdiri beberapa langkah di belakang senopati tersebut.

"Orang itu mengaku sebagai Ranasura, Gusti Senopati. Begal Alas Wengker," jawab Tumanggala dengan tenggorokan tercekat.

"Hmm, sudah aku duga," sahut Arya Lembana sembari balikkan badan. Pandangannya yang tajam tertuju pada Tumanggala. Si prajurit sendiri tertunduk.

"Gerombolan itu memang sering sekali mencari gara-gara di sekitaran tempat ini. Tapi untuk kali ini perbuatan mereka sudah sangat keterlaluan. Mereka harus menerima akibat dari apa yang telah mereka lakukan hari ini," tambah sang senopati.

Setelah diam beberapa saat, Arya Lembana lantas membagi pasukan yang ia bawa dari Kotaraja menjadi dua bagian. Yang pertama terdiri atas enam belas orang, diberi perintah untuk melacak tempat persembunyian Begal Alas Wengker.

Pasukan kecil ini langsung bergerak. Mereka berpencar menjadi empat regu. Masing-masing regu terdiri atas empat orang dan menuju ke satu arah.

Tugas mereka hanyalah mengetahui letak tempat persembunyian Begal Alas Wengker. Karenanya para prajurit itu dipesankan agar selalu berhati-hati. Jangan sampai keberadaan mereka diketahui para begal yang diintai.

"Siapa pun di antara kalian yang terlebih dahulu mengetahui tempat persembunyian kawanan begal keparat itu, segera kembali ke Kotaraja dan melapor padaku," pesan Arya Lembana sebelum enam belas prajurit tersebut pergi.

Sedangkan delapan prajurit lainnya bertugas mengawal sang senopati kembali ke Dahanapura. Sebelum itu, mereka diperintahkan untuk terlebih dulu mengurus mayat-mayat yang ada di sana.

Arya Lembana dan rombongan tiba di Dahanapura sebelum tengah malam. Sang senopati memerintahkan agar Tumanggala ditempatkan dalam satu kamar khusus dan dikawal ketat. Prajurit muda itu tidak boleh keluar dari kamar tanpa izin.

Lalu Triguna dikirim ke balai pengobatan dalam pengawalan ketat. Ia dilarang keras menceritakan kejadian yang baru saja dialami kepada siapa pun. Termasuk pada tabib istana yang kelak mengobatinya.

Tak hanya bagi Tumanggala dan Triguna, larangan sama juga disampaikan Arya Lembana pada delapan prajurit yang tadi mengawalnya.

"Ingat, apa yang terjadi pada rombongan Jayapati jangan sampai kalian ceritakan kepada siapa pun. Cukup kita saja yang tahu," pesan sang senopati sebelum membubarkan delapan prajurit tersebut.

"Aku tidak mau kejadian tadi bocor ke luar lingkaran pasukanku. Lebih-lebih lagi sampai bocor ke telinga Rakryan Rangga atau pun Rakryan Tumenggung!" tegasnya.

Delapan prajurit di hadapan Arya Lembana mengangguk patuh. Mereka paham betul, ini perkara gawat. Berani melanggar larangan tersebut sama saja minta mati!

***

Kebo Rawis

Sekedar mengingatkan, kotaraja adalah sebutan bagi ibukota kerajaan. Yakni tempat di mana sang raja bersemayam dan merupakan pusat pemerintahan. Pada masa Raja Jayabhaya, kotaraja Kerajaan Panjalu adalah Dahanapura.

| Sukai

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status