Share

Chapter 8: Sweet Ice Cream

Keesokan harinya,

Seperti elang yang menemukan target santapannya hari ini, Ruin menyorotkan pandangannya pada Ana dari jarak lima puluh meter ke bawah. Ana mungkin tak pernah menyadarinya, tapi letak rumah sakit yang berdekatan dengan taman tempat Ana menunggu Vanessa, memungkinkan Ruin bisa memperhatikan gadis itu dari balkon ruang kerjanya.

"Terakhir kali aku melihatnya tertawa seperti itu enam tahun lalu. Sekarang aku melihatnya lagi, benar-benar membuatku iri," Nara mendesah.

"Kau bilang dia kakaknya, tapi cara bicaramu seakan menunjukkan bahwa Julian adalah kekasihnya. Jangan lupa kalau aku masih belum membuat perhitungan padamu, kau diam saja saat kutanya soal keluarga Ana," sinis Ruin.

"Mau bagaimana lagi, Ana yang menginginkan seperti itu. Percaya atau tidak, kami bahkan bersandiwara bahwa rumah tangga kami baik-baik saja. Dan aku berani bertaruh hidup, sampai sekarang Julian tak tahu kalau Ana sakit. Setidaknya Julian akan menghajarku jika ia tahu," sekali lagi Nara menghembuskan napas payah. Ia terlalu takut membayangkan yang terjadi setelah ini. "Lagi pula aku yakin kau akan bersikap sama denganku, soal Julian dan Ana, aku bisa merasakan ada cinta di antara mereka, hanya saja cinta mereka terlarang."

"Tidak," Ruin menyela. "Aku tidak akan bersikap sama denganmu, jika mengatakan kebenaran lebih baik untuk Ana, aku akan mengatakannya."

Dokter Ruin berbalik pergi. Nara mengiringinya dengan pandangan heran, "Kenapa begitu?" tanggapnya. "Kau cemburu ya?" Nara dengan sedikit meledek.

Tidak lama ponsel Nara berbunyi, satu nomor yang tak dikenalnya, "Hallo!"

"Ini aku, Julian!"

"Oh, ada apa?"

"Hari ini... aku akan mengajak Ana dan Vanessa jalan-jalan."

Sejenak Nara tak bersuara, "Kakak," sebutnya datar. "Kau tak perlu meminta izinku untuk ini," lanjut Nara.

Kening Julian mengerut. Ia tak terlalu mengerti apa yang dikatakan Nara, "Baiklah!" ucap Julian sebelum mengakhiri pembicaraan mereka.

Nara yang masih mengintai dari atas balkon, merasa terluka sendiri melihat Ana begitu berusaha menutupi masalahnya di depan Julian. Tapi, jika diam adalah pilihan Ana dan membuatnya lebih bahagia, maka berbeda dengan Dokter Ruin, Nara tidak akan mengatakannya.

"Kau sudah hubungi Nara?" tanya Ana.

"Ya."

"Lalu? Apa katanya?"

Julian menaikan dua bahunya, "Dia bilang aku tak perlu minta izin untuk ini. Jadi, kita akan jalan-jalan!"

Senyum Ana melebar, "Kita akan kemana?"

Julian mulai berpikir. "Apa tidak sebaiknya tuan rumah yang menentukan," Julian mencoba memberi ide.

Mata Ana berbinar, "Ke pantai!" katanya dengan semangat.

"Setuju!"

Apa Julian sudah pernah mengatakannya, menjaga Ana, seperti menjaga harimau jantan. Dia liar dan punya otoritas sendiri terhadap dirinya. Anak ini tak bisa dikekang. Dia akan membengkokkan kerangka besi yang membatasi kebebasannya atau dia akan melukai dirinya sendiri untuk sebuah kebebasan itu. Untuk mencegah Ana terluka, Julian terpaksa membiarkan Ana bebas dan bertindak seperti apa yang ia mau. Tentunya perlu lebih banyak energi untuk menjaga Ana tetap baik-baik saja. Seperti hari ini, Julian mengemudi mobil terbuka, menembus pertahanan angin yang bertiup lebih kencang di daerah pesisir. Konsentrasinya terbelah pada Ana yang mencoba berdiri menantang angin, sambil berteriak tak jelas dan mulai berjoget mengikuti hentakan musik hip-hop. Sesekali Julian menarik baju Ana, menyuruhnya duduk dengan manis. Lagi pula itu sungguh berbahaya dan tentu saja memalukan.

"Apa?" teriak Ana pada Julian.

Perempuan itu belum mengerti saja rupanya. Dan Julian kira akan percuma jika ia jelaskan sekarang. Suara musik akan mudah menelan suaranya. Lebih buruknya lagi, Vanessa mulai meniru kelakuan ibunya, tidak perlu waktu lama untuk membuat gerakan mereka menjadi seragam.

Sampai di pantai, Julian memilih hanya bersandar di mobil. Ia mengambil kotak rokoknya dan menyalakan sebatang rokok. "Kalian duluan saja," katanya dengan mulut tersumpal rokok saat Ana mengajaknya turun ke laut.

Ana terlihat kesal, "Apa kau sudah menikah?" tanyanya tiba-tiba.

"Apa?" Julian heran.

Ana menaikkan alisnya, kali ini ia benar-benar menginginkan jawaban Julian.

Julian menggelengkan kepalanya.

"Kenapa? Berapa umurmu sekarang?" Ana mulai meremehkan Julian. "Tapi, memang akan sangat keterlaluan jika kau menikah tanpa mengundangku," Ana menginjak kaki Julian dengan high-hills-nya.

Julian mengaduh, "Hai! Kenapa tiba-tiba mempermasalahkan masalah pernikahan dan marah-marah padaku?"

"Kalau menikah, setidaknya Kakak tahu aturan tidak boleh merokok di hadapan perempuan, apalagi di hadapan anak kecil," Ana memberi penjelasan pada Julian.

"Sejak kapan ada aturan seperti itu?" lirih Julian.

Ana berbalik. Beberapa langkah menjauhi Julian. Vanessa masih dalam genggamannya saat itu. Hanya saja, Ana kembali berpaling pada Julian. "Kakak! Jangan-jangan kau juga tidak punya...," Ana membuat Julian penasaran.

"Apa?"

"Kau tidak punya pacar?" sahut Ana.

Julian diam saja.

"Oh... aku baru mengerti sekarang. Kakak ternyata menyukai laki-laki?"

"Hai!" keras Julian.

Ana tertawa hebat.

"Apa dalam rumah tangga tak ada aturan untuk tidak mengatakan hal-hal yang buruk di hadapan anak kecil?"

"Aku tidak mengatakan hal yang buruk, aku hanya mengatakan... fakta," Ana mundur beberapa langkah.

"Fakta?" desahan Julian terdengar.

"Sayang, ayo kita lari!" ajak Ana pada Vanessa. Buru-buru Ana melepaskan sepatunya dan melemparkannye ke arah Julian.

Ledekan Ana kali ini terdengar tidak nyaman. Bukan Julian namanya jika tidak berhasil menangkap Ana dan membuat wanita itu minta ampun kemudian menarik kata-katanya. Julian melempar punting rokok ke tanah dan segera mengejar Ana. "Awas kau, ya!" katanya.

Sekali lagi Julian ingin menyalakan rokoknya, tapi kemudian urung ia lakukan karena perasaan bersalahnya pada Ana dan Vanessa. Mungkin bukan masalah besar, tapi tatapan Ana langsung berbeda sekadar wanita itu melihat Julian mengeluarkan kotak rokok dari saku celananya. Ana merasa kecewa jika Julian tak mendengarkan kata-katanya.

Andai Ana tahu bahwa Julian perlu sesuatu untuk menenangkan pikirannya. Dia tidak punya cara lain selain rokok. Tanpa itu, Julian seperti pecandu yang adiksi terhadap heroin, tapi Julian tak tahu di mana mendapatkan benda itu. Tangannya bergetar, dadanya berdebar dan terasa panas sekujur tubuhnya. Tak lama Julian akan merasa mual dan untuk itu ia perlu menenangkan diri.

"Kenapa aku berada di sini?" Julian mulai menyesal. Ia menatap Ana dan Vanessa yang berlari-lari kecil di batasan ombak. Ia tahu ia akan dengan mudah menangkap Ana dan mengekangnya jika ia mau. Tapi, setiap Julian berada di dekat Ana, Julian merasa gugup. Perasaannya sendiri yang menyiksanya. Perasaan bersalah jika tangannya yang kotor menyentuh kulit wanita itu. Perasaan berdosa karena telah menghujani Ana dengan hasratnya yang gila. Bukankah ia hanya anjing peliharaan ayah Ana, yang tugasnya hanya setia dan menurut, tugasnya hanyalah menjaga Ana dan keluarga Segovia yang lain. Tidak seharusnya Julian berharap lebih.

"Aku adalah laki-laki," setidaknya itu yang akan dikatakan Julian saat ia berhasil menangkap Ana. Selebihnya, hanyalah barisan kata yang tak akan mungkin diungkapkan. Bahwa ada sesuatu yang menggodanya dari diri Ana, entah itu rambutnya yang tergerai indah, poni melengkung yang mempertegas keindahan matanya, atau kedipan lembut wanita itu. Sekarang wanita itu berada begitu dekat dengannya. Berkali-kali Julian ingin menarik Ana ke tempat di mana tidak seorangpun bisa melihat mereka, kemudian menahan wanita itu dengan tubuhnya sendiri. Entah apa yang akan dilakukannya kemudian, mungkin akan membuat jiwanya sendiri melayang dengan sebuah ciuman, atau Julian hanya akan menantang tatapan Ana dan mengatakan bahwa di hadapannya ada seorang laki-laki dengan sejuta keinginan terhadapnya, menciumnya, memeluknya, bahkan tidur dengannya. Bahwa dihadapannya ada seorang laki-laki yang sangat lemah, yang amat patut dikasihani. Dan jika Ana punya hati, Ana akan meletakkan laki-laki itu di pangkuannya, sejenak membiarkan laki-laki itu tidur seraya membelainya.

"Menyerah, ya?" Ana menjatuhkan dirinya di samping Julian.

Julian melirik Ana sejenak dan terpaksa tersenyum. Hal yang lucu ketika seorang laki-laki tidak bisa berkompromi dengan perasaannya sendiri. "Mau kubelikan es krim?" Julian membuat tawaran, yang sebenarnya ia perlu lebih banyak ruang untuk tak terlalu dekat dengan Ana.

Julian belum menyadari, pelan-pelan ketenangan terjalin seperti selimut yang dipakaikan seorang ibu pada anaknya yang setengah tertidur. Ada Ana di tengah-tengah antara dirinya dan Vanessa, dan beberapa pasang muda-mudi yang memilih sudut tertentu sambil memandang ke lautan yang telah dihujani cahaya jingga. Ada benda bulat raksasa di hadapan mereka. Julian tak mengerti kenapa orang senang menanti matahari terbenam, apa mereka tak takut hari yang indah akan menghilang ditelan kepekatan malam.

"Sayang! Makan es krimnya yang benar dong!" Ana setengah berteriak. Sedikit membuat Julian terusik. Wanita itu sibuk membersihkan mulut Vanessa yang dilumuri es krim dengan bibirnya sendiri.

Julian mengerutkan keningnya, ia heran darimana Ana mendapatkan kebiasaan aneh seperti itu. Ya. Walaupun sah-sah saja jika itu cara Ana agar bisa terus menciumi anaknya.

Dan tiba-tiba Ana berpaling, "Kau sama saja," katanya melirik tajam pada Julian.

Sepertinya Ana tak sadar karena ia baru saja menyenggol tangan Julian dan membuat es krim di tangan Julian terdorong ke mulutnya sendiri. Jadilah mulut Julian belepotan.

"Apa maksudmu?" Julian sedikit meninggikan nada suaranya, ia merasa terintimidasi oleh tatapan Ana yang seakan menyalahkannya, "kau seharusnya minta...," kata-kata Julian tertahan. Ana menarik pipi Julian dan seketika bibir Ana menyentuh bibir Julian. Wanita itu melumati bibir Julian berkali-kali, diiringi isapan lembut yang hangat. Sebelumnya tak pernah membuat Julian berpikir bahwa rasa es krim bisa begitu manis. Rasa asing yang mampu mendebarkan jantungnya dan membuat tubuhnya terasa panas. Julian tidak ingin menganggapnya serius, bahwa itu hanya sikap spontan dari Ana. Namun, tetap saja Julian merasa berada di posisi paling jahat sekarang, seorang yang mengaku sebagai seorang kakak, menyimpan perasaan begitu dalam pada adiknya sendiri yang telah menikah. Memang ada banyak yang mengatakan tidak mungkin terjalin cinta di antara dua orang saudara, tapi lebih banyak yang tahu bahwa Ana dan Julian bukan siapa-siapa. Semuanya mungkin terjadi, tapi tentu saja Julian tidak ingin merusak hubungan Ana dengan Nara, dan tentu saja tentang kesetiannya, hanya karena perasaan Julian yang meluap ke permukaan. "Apa yang kau lakukan?" suara Julian terdengar berat.

Ana menjauhkan bibirnya. Ia tentu merasakan desahan napas Julian saat bicara, dan pandangan laki-laki itu yang berbeda dari sebelumnya. Ana menyapu bibirnya dengan punggung tangannya, "Kau suka cappuccino latte?" ucap Ana kemudian. "Sejujurnya aku tak terlalu suka hal berbau kopi, selain karena aromanya, tentu karena sedikit rasa pahitnya," jelasnya.

Julian melongo, "Apa dia membahas soal rasa es krim yang barusan kumakan? Aku bahkan tidak menyadarinya," pikirnya. Ia benar-benar ingin tahu apa yang ada dalam pikiran Ana sekarang, bagaimana perasaannya saat menyentuhkan bibirnya pada Julian, karena tidak bisa dipungkiri Julian menikmatinya, ingin menikmatinya lagi, dan itu mengganggunya.

Julian memandang Ana cukup lama. Kening Ana yang mengerut dan matanya yang memancarkan keputusasaan. Julian tak mengerti pancaran mata seperti apa itu, seakan-akan Ana membaca kemarahan di benak Julian dan perasaan bersalah menyusup pelan-pelan di benak Ana.

"Kau tidak suka, ya? Maaf!" kata Ana kemudian.

Julian berpaling. Tidak ada alasan ia kira untuk Ana meminta maaf padanya. Julian hanya merasa dirinya terlalu berlebihan menanggapi sikap Ana yang mungkin jadi kebiasaan hidupnya. Julian tidak tahu bagaimana harus menjelaskan pada Ana, tidak masalah jika ia lakukan itu pada Vanessa atau suaminya sendiri, tapi bukan pada kakak laki-lakinya.

"Sudahlah! Kita pulang!"

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status