Share

Harus Pulang

Emily bangun saat matahari sudah bersinar hangat. Di luar rumah pun sudah terdengar ramai oleh aktivitas warga dan orang yang berlalu lalang. Terdengar ramai suara anak-anak yang bermain, juga tukang sayur keliling yang terus berseru memanggil ibu-ibu pelanggannya, serta berisik suara motor yang melintas. Sepertinya cuma Emily yang baru saja bangun karena ternyata Inung pun sudah tak ada lagi di sampingnya.

Emily mencoba mengingat kiranya jam berapa dia tertidur. Pastinya hampir pagi karena jam tiga dini hari saja dia masih terjaga dan asyik mendengarkan suara detak jarum jam dinding sambil melepas pikirannya mengembara tak tentu arah. Dan rasanya Inung pun baru tidur saat menjelang pagi. Karena setelah mendengarkan cerita Emily semalam, dia pun sibuk menenangkan Emily yang kembali menangis.

Dengan mata yang masih mengantuk, Emily beranjak bangun dari tidurnya. Dia melangkah keluar dari kamar dan sedikit bingung mendapati rumah yang sepi.

Kemana Abian dan Inung? Sepi sekali rumah ini. Tapi pintu depannya terbuka lebar. Dan seperti ada seseorang di dapur. Apakah itu Inung?

Bau harum masakan pun menyapa penciuman Emily hingga selera makannya bangkit seketika. Dengan bergegas dia pun melangkah ke arah dapur. Emily berpikir dia akan menjumpai Inung di sana. Tapi ternyata yang dijumpainya adalah Abian. Laki-laki gagah itu sedang berdiri di depan kompor dengan menggunakan celemek berwarna biru. Dan saat menyadari kehadiran Emily di dekatnya, dia pun menoleh.

"Telurnya mau di dadar atau mata sapi?" tanyanya tanpa sebuah senyuman.

Emily yang tak menyangka akan mendapat pertanyaan seperti itu pun tergagap. "Huh? Eh, telur mata sapi," sahut Emily segera.

Emily berdiri memperhatikan Abian yang sedang memecahkan sebutir telur ke dalam mangkuk. Gerakannya begitu cekatan seperti orang yang biasa memasak. Lalu dengan gerakan cepat dia menaburkan sedikit garam di atas telur mentah itu. Dan kemudian menyalakan kompor.

Menunggu minyak yang di dalam wajan panas, Abian pun mengupas ketimun, yang lagi-lagi dilakukannya dengan gerakan yang cepat dan luwes sekali. Ya, Emily yakin jika laki-laki tampan penolongnya ini memang biasa memasak. Mungkin karena dia hidup sendirian, belum ada seorang istri yang melayani segala kebutuhannya.

Merasa diperhatikan, Abian pun kembali menoleh pada Emily. "Ada apa?" tanyanya.

"Nggak..., nggak apa-apa," sahut Emily pelan.

"Mandi sana! Setelah itu sarapan, lalu pulang! Jangan lagi keluyuran nggak jelas. Kalau ketemu orang jahat bisa bahaya," katanya dengan nada tegas.

"Mbak Inung mana?" tanya Emily karena tak melihat ada Inung di sana.

"Sudah pulang. Dia kan harus mengurus suaminya yang mau berangkat kerja," sahut Abian sambil memasukan telur ke dalam minyak panas.

"Oh," ucap Emily sambil terus berdiri memperhatikan Abian. Ada rasa kagum di hati Emily melihat Abian yang sedang asyik memasak. Sebab dia yang seorang perempuan saja tidak bisa melakukan itu. Emily tak pernah memasak. Bahkan berdiri di depan kompor seperti itu pun tidak pernah.

"Kenapa masih berdiri di situ?" tanya Abian mengejutkan Emily.

"Ya, saya akan mandi sekarang," kata Emily yang kemudian bergegas meninggalkan dapur.

Ya, tuhan.... Kenapa dia sekaku itu? Bahkan tak ada senyum di wajahnya sama sekali. Tapi tak apalah, yang penting dia seorang laki-laki baik yang telah menolongku.

Emily segera mandi dan mengganti pakaiannya dengan bajunya sendiri. Sesuai perintah Abian, Emily harus pulang ke rumahnya pagi ini. Emily tak membantah meski pun rasanya tak ingin menuruti.

"Kamu sarapan aja duluan. Saya mau mandi dulu," kata Abian ketika melihat Emily datang menghampiri. Ketika itu dia baru saja selesai menyiapkan sarapan di atas meja makan.

"Saya tunggu Mas Abi aja," sahut Emily. Dia merasa tidak enak jika sarapan duluan.

Abian tak menyahuti. Dia bergegas mengambil handuknya dan segera masuk ke kamar mandi. Sementara Emily berjalan ke ruang tamu dan duduk menunggu Abian di sana. 

Dari jendela ruang tamu itu, Emily bisa melihat aktivitas orang-orang yang ada di luar. Terlihat beberapa orang ibu yang sedang berkerumun mengelilingi seorang tukang sayur yang menggunakan gerobak. Mereka ramai bercanda dan tertawa. Bahkan abang tukang sayurnya pun ikut seru dalam candaan para pembelinya itu. Mereka tampak akrab sekali. Sepertinya lebih lama ngobrol dan bercandanya dari pada belanjanya. Hm, tapi Emily senang memperhatikan semua itu. Satu pemandangan hangat yang tak pernah Emily jumpai di sekitar perumahannya yang mewah yang memang selalu diselimuti sepi.

Ketika Emily sedang asyik memperhatikan semua itu, Abian yang rupanya sudah selesai mandi pun datang menghampiri. Dia mengajak Emily untuk sarapan. Emily pun segera berdiri dan mengikuti Abian ke ruang makan.

Mereka duduk berhadap-hadapan. Emily sedikit kikuk karena Abian tak mengajaknya bicara. Laki-laki itu menyendok nasi goreng yang tadi dibuatnya ke atas piring makannya. Lalu dia mengambil telur goreng, irisan ketimun dan juga kerupuk. Lalu dengan lahap menyantap sarapannya.

Pada suapan yang ketiga, dia berhenti dan menatap Emily dengan bingung karena dilihatnya Emily cuma diam, belum memulai sarapannya.

"Kenapa bengong? Kamu nggak suka sarapannya?" tanyanya hingga Emily tergugup.

"Oh, suka kok, mas," sahut Emily cepat sambil menyendok nasi goreng dan lauk- pauk yang disajikan Abian di atas meja.

Ketika memulai suapan pertamanya, Emily langsung terkejut. Ternyata nasi goreng buatan Abian itu luar biasa lezatnya. Entah apa bumbu yang dipakainya. Tapi lidah Emily begitu bahagia mencicipi masakan selezat itu.

Emily pun langsung lahap menyantap nasi goreng itu. Hingga sampai suapan terakhir, dia merasa masih ingin lagi. Tapi rasanya malu untuk nambah. Apa pantas jika dia melakukan itu? Sedangkan si tuan rumah saja cukup sarapan satu piring saja, tak rakus ingin nambah seperti dirinya.

"Kamu nggak nambah? Inung dan suaminya aja selalu nambah kalau makan masakan saya," kata Abian seolah mengetahui isi hati Emily.

"Apa boleh? Kok, Mas Abi tahu kalau saya pengen nambah?" tanya Emily.

"Kelihatan dari muka kamu," sahut Abian.

Emily pun menatap Abian dengan pipi yang bersemu merah. Benarkah itu? Oh, Emily jadi merasa malu. Dan seperti tahu isi hati Emily lagi, Abian segera menyendokan nasi goreng itu ke piring Emily. Di bibirnya terbias sedikit senyuman.

"Nggak usah malu begitu. Kalau emang belum kenyang, kamu boleh nambah sebanyak yang kamu mau. Saya lebih suka masakan saya dihabiskan dari pada terbuang."

Emily tersenyum, lalu kembali menyantap nasi goreng itu dengan nikmat. Siapa yang mengira jika laki-laki segagah Abian bisa membuat nasi goreng selezat ini? Mungkin dia memang pandai memasak. Hm, pantas saja dia punya toko roti.

"Sebentar lagi saya berangkat ke toko. Kamu harus pulang. Saya yakin orangtua kamu pasti udah kebingungan cari kamu dari semalam," kata Abian ketika Emily hampir menyelesaikan sarapannya.

Emily tak menyahut. Dia cuma mengangguk.

"Rumah kamu nggak terlalu jauh dari sini, kan?" tanya Abian lagi.

"Ya," sahut Emily singkat.

"Saya akan kasih kamu ongkos. Terserah kamu nanti mau naik apa. Ojek, taksi online atau angkutan umum lainnya. Yang penting kamu harus pulang ke rumah. Ngerti kamu?" kata Abian dengan tegas.

"Ya, mas," sahut Emily meski masih ragu untuk menuruti.

"Kalau kamu mau naik taksi biar saya pesankan dulu untuk kamu sebelum saya berangkat," kata Abian menawarkan.

"Nggak usah, mas. Biar saya naik angkutan umum aja," tolak Emily.

Abian pun mengeluarkan dompetnya dan mengambil beberapa lembar uang kertas, lalu memberikannya pada Emily. Empat lembar uang kertas berwarna biru pun Emily terima dari laki-laki penolongnya itu. Gadis itu tersenyum.

"Terima kasih, Mas Abi," ucapnya sopan.

"Ingat, jangan pernah kabur lagi dari rumah. Anak gadis kok kabur-kaburan seperti ini."

Emily diam. Abian memang tak mengetahui alasan Emily pergi dari rumah. Jadi wajar saja kalau dia bicara seperti itu. Siapa pun tak kan membenarkan seorang gadis yang kabur dari rumah. Sebab itu sepertinya memang satu tindakan yang salah meski pun alasan di balik itu kadang begitu kuat.

Pukul sembilan kurang, Inung kembali datang. Dia tampak sudah berpakaian rapi.

"Udah rapi, Bi? Yuk, berangkat!" ajak Inung pada Abian. 

Abian mengangguk. "Hari ini jalan kaki lagi, Nung. Motor masih di bengkel," katanya.

"Nggak masalah, kok. Kan nggak jauh juga tokonya," sahut Inung santai.

"Mbak Inung juga mau ke toko?" tanya Emily pada Inung.

"Saya kerja di toko Abi. Tapi nggak sampai malam. Sore saya pulang. Soalnya harus masak untuk makan malam suami dan beres-beres rumah," sahut Inung.

"Wah, hebat! Kerja cari uang tapi nggak lupa sama tugas seorang istri," puji Emily kagum.

"Itu harus, Mil. Tugas sebagai istri emang nggak boleh kita lupakan. Sehebat apa pun karier kamu di luar rumah, tapi di dalam rumah, kamu tetaplah seorang istri yang punya kewajiban untuk melayani semua kebutuhan suami," sahut Inung seperti sebuah nasihat.

Emily tersenyum. "Semoga saya mendapatkan suami yang baik satu hari nanti," ucapnya serupa do'a.

Inung pun cepat mengamini kata-kata Emily itu.

Ketika itu Abian tampak sudah siap untuk berangkat ke toko. Dia melangkah keluar diikuti oleh Inung dan Emily. Dan setelah mengunci pintu, dia pun segera mengajak kedua perempuan yang bersamanya itu untuk berangkat.

"Kamu bisa naik kendaraan umum di depan komplek nanti. Tukang ojek juga banyak di sana," kata Abian pada Emily.

"Loh, kalau mau naik ojek mah sama suami saya aja. Suami saya tukang ojek. Ojek online sih sebetulnya. Tapi sering juga dapat permintaan dari tetangga untuk mengantarkan ke satu tempat. Mumpung Bang Adam masih di rumah, biar saya minta dia untuk antarkan kamu pulang," kata Inung menawarkan.

Emily pun langsung setuju. Dari pada harus mencari ojek dulu, kan, lebih baik naik ojek dari sana saja. Tidak perlu jalan sampai keluar komplek segala. Emily sudah malas untuk jalan kaki yang agak jauh. Kakinya masih terasa pegal.

Inung pun segera kembali ke rumahnya untuk memberitahukan pada suaminya kalau Emily ingin menyewa jasanya untuk mengantarkan dia pulang pagi ini. Sementara itu Abian dan Emily menunggu di depan rumah Abian. Beberapa pasang mata dari ibu-ibu tetangga tampak memperhatikan. Tapi Abian dan Emily acuh, pura-pura tidak tahu dengan semua itu.

Tak lama Inung kembali bersama dengan suaminya, Adam. Suami Inung itu pun tersenyum ramah pada Emily. Emily membalas senyuman itu sambil memperhatikan wajah Adam yang terlihat ramah. Hm, lain sekali dengan Abian yang berwajah dingin dan seolah jarang tersenyum, pikir Emily. Padahal kalau saja dia murah senyum, pasti wajah tampannya itu akan tampak semakin menarik. 

"Hati-hati," pesan Inung pada suaminya dan juga Emily. Lalu pada Emily dia berbisik pelan, "Kamu harus kuat."

Emily mengangguk dan tersenyum. Lalu setelah mengucapkan terima kasih pada Abian dan Inung, dia pun pulang kembali ke rumahnya. Hatinya pun berdebar. Sanggupkah dia?

Komen (1)
goodnovel comment avatar
Fahmi
Diapun kembali kerumah
LIHAT SEMUA KOMENTAR

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status