Share

3. Jomlo Ngenes

Pak Reza seakan baru tersadar dari lamunannya mengenai gadis kesayangannya, lalu memandang ke arahku dengan senyuman lebar.

“Ah…Tepat sekali Pak. Ben ini memang hidupnya muram dan suram sekali.” Ucap Reno yang ingin sekali kujambak rambutnya karena lancang. Dasar pria menyebalkan. 

“Lihat dulu… kalau kau mau bertemu dulu juga boleh. Walaupun ia hidup di negara berpergaulan bebas… bapak bisa jamin… ia menjaga dirinya dengan baik, urusan itu saya sampai sewa mata-mata untuk mengikutinya setiap hari.” Pak Reza meringis, ia sedikit malu dengan sikap over-protectivenya. “Dia cuma muter-muter, kampus.. apartemen… mall… restoran dan perpustakaan, sekali-kali ia pergi ke salon. Itu saja rutinitasnya setiap hari.” Jelas Pak Reza.

“Wah anak jaman sekarang… gak ada tuh Pak yang model begitu… pasti pada clubbing dan hang-out malem-malem.” Ucap Reno. Aku yang sebenarnya menjadi subjek obrolan perjodohan teman ibuku dan sahabat seumuranku hanya diam, melihat keduanya berbicara seperti sedang menoton pertandingan tennis. 

“Yah.. saya wanti-wanti memang, dia juga gak berani ngelanggar aturan dari saya.”

“Sudah Pak. Saya sih… sreg banget… kalau Ben dijodohkan dengan anak Bapak.” Ucap Reno spontan. Aku memukul bahunya kencang.

“Kau yang mau dijodohkan atau aku…? Kok kau yang bersemangat sekali.” Ucapku kesal akhirnya bersuara.

Pak Reza tertawa lepas. Ia sepertinya sangat terhibur dengan ucapanku dan Reno.

“Kalau Nak Ben mau… silahkan dilihat dulu fotonya… kalau minat.. bisa bertemu juga, dia ada di salah satu kampus besar di Sydney kok. Namanya juga hanya ada satu di seluruh Sydney. Faiza Suseno. Gak ada lagi mahasiswa di sana dengan nama itu selain anak saya.” Pak Reza tertawa.

Aku hanya mengangguk. “Saya pikirkan dulu Pak, saya masih banyak tanggungan… ada beberapa tempat yang harus saya kunjungi… ada beberapa proyek yang baru akan dimulai.” Ucapku, menolak secara halus. Namun aku berbicara sejujurnya.

“Ya. Anak saya juga baru akan selesai studinya akhir tahun depan kok. Dipikirkan dulu saja. Terima kasih… ucapkan kepada ibumu.” Pak Reza melirik ke arah bingkisan dari ibu. 

Aku mengangguk dan pamit untuk pulang. Sekali lagi ia memintaku untuk berpikir ulang mengenai tawarannya. Aku hanya mengangguk.

Aku dan Reno sedang berada di mobil, ia akan mengantarkanku ke bandara. Aku akan langsung terbang ke Seoul untuk penerbangan jam empat sore.

“Kau ini… kok kayak kau bapakku saja… kau yang ngebet jodohin aku dengan anaknya Pak Reza.” Protesku di mobil. Reno hanya tertawa. Ia menyetir dengan kecepatan stabil, untunglah saat ini jalanan sedikit lengang.

“Kau yang terlalu jual mahal. Kau sudah umur untuk menikah lagi. Lagian dimana-mana duda itu selalu pengen cepet nikah lagi… soalnya sudah tahu rasanya… dan sangat sulit untuk menahan hasrat….” Reno tertawa kencang, ia melirik sedikit ke arahku.

“Lagian… aku sudah mencari nama itu. Faiza Suseno. Mahasiswa manis asal Indonesia yang berkuliah di Sydney. Aku mengecek.. dia punya instagram… anaknya manis… penampilan modis dan terlihat ia cukup berprestasi di kampusnya.. ia ikut banyak organisasi.. sepertinya ia cukup popular.. karena banyak followernya dari negara luar.” Jelas Reno.

“Kalau kau belum menikah. Aku malah curiga… kau yang ada niat dengan anak Pak Reza itu.” Ejekku.

“Ha.. ha.. sorry aku setia dengan istriku. Lagi hamil pula. Aku melakukan semua ini untuk sahabatku yang sudah lama jones.”

“Hah? Jones?” Tanyaku. Apakah itu salah satu bahasa gaul di tempat ini? Biasanya aku paham berbahasa Indonesia, baru kali ini aku mendengar istilah itu.

“Jomlo ngenes.” Jawabnya tertawa terbahak-bahak. Pria ini… beruntung ia sahabatku sejak lama… kalau tidak aku akan memutus semua kerja sama dengannya. Lebih baik aku mencari pengacara yang tak banyak bicara sepertinya.

Reno meninggalkanku, ia langsung pulang setibanya aku di bandara. Aku menunggu panggilan untuk penerbanganku. Ada sebuah panggilan masuk. Ibu.

“Ya Bu?” Jawabku pada dering kedua.

“Kamu masih di Jakarta ya? Nomor ini nomor Jakarta kan?” Tanya ibuku dengan suara lembutnya.

“Iya. Aku sedang di bandara. Sebentar lagi aku akan terbang ke Seoul.”

“Ah… Ya. Ben. Mengenai perjodohan dengan anak Reza… Faiza… ibu akan senang sekali kalau kau menerimanya.” Ucap ibuku yang langsung seperti kilat menyambar. Berarti Pak Reza langsung menghubungi ibu. Ah… kalau ibu yang sudah bicara… aku bisa apa?

“Ibu ditelepon Pak Reza?”

“Ya. Ia bilang terima kasih. Ibu tanya bagaimana keadaan Fay. Dia bilang anak itu masih kuliah di Sydney. Ibu lupa.. ia pasti sudah jadi gadis yang manis saat ini… kenapa ibu masih terbayang gadis kecil dengan gigi ompong dan rambut kriwil meloncat-loncat main tali. Ha.. ha.. ia sudah besar. Lalu, Reza tadi cerita mengenai obrolan kalian. Ibu… kepingin Nak.” Ucap ibu yang sudah kupahami maksudnya. Ibu mau aku menerima perjodohan itu. Selama ini ibuku melalui hidup yang berat… dan walau bergelimang harta.. buktinya wajah ibuku tetap jarang tersenyum… apalagi yang bisa kuperbuat untuk membahagiakan satu-satunya jimat dalam hidupku kalau tak menjadikannya tersenyum?

“Ya Bu. Ben bilang akan memikirkannya. Ben belum lihat fotonya… dan tak tahu anak itu seperti apa… jadi..”

“Ibu punya. Setelah ini ibu kirim yaa. Kalau perlu… ibu temani kamu ke Sydney untuk bertemu Fay. Bagaimana?”

“Bu. Ben sedang sangat sibuk. Nanti Ben pikirkan lagi yaa.” Jawabku berusaha sopan dan tak menyakiti hati ibuku.

“Yah. Ibu hanya berharap. Ibu akan kirim fotonya yaa Ben. Jangan sampai traumamu dengan perempuan masih ada Ben. Tak semua perempuan seperti Bella. Ibu seumur hidup tak pernah selingkuh dari ayahmu.. bahkan saat ia tak ada dan meninggalkan ibu sendiri di dunia… ibu setia, ibu percaya kalau kami akan bertemu lagi di alam sana. Ibunya Faiza… Renatta, juga tak pernah selingkuh, Reza adalah pacar pertama sekaligus terakhir. Tak semua perempuan seperti Bella, Ben. Ada banyak sekali perempuan baik yang setia. Bukalah hatimu… ibu akan senang dan tenang kalau kau sudah menikah lagi… apalagi dengan anak mendiang sahabat ibu. Kau sekaligus membuat mendiang ibunya bahagia Ben.”

Aku hanya diam, kalau seperti ini… bisa dipastikan memang pernikahan itu akan terjadi. Aku pasrah. Kalau ibu sudah berbicara seperti itu… apalagi ia sudah bilang ia akan tenang. Ha… sudahlah.

“Ya Bu. Ben paham.”

Ibu mematikan sambungan telepon, lalu ada notifikasi pesan masuk. Dari ibu. Ternyata ibuku langsung mengirim foto perempuan itu. Ah.. dan dua buah video. Mungkin agar lebih jelas. Aku membatin dengan sarkas. Aku masih sangat malas memikirkan tentang perjodohan apalagi pernikahan. Sebuah angan yang masih sangat jauh untukku. Aku belum bisa membuka hati… apalagi setelah aku gagal lagi mendapatkan cintaku, Aisha.

Aku membuka foto yang menampilkan seorang perempuan berambut hitam dengan highlight coklat sedang menyesap sebuah minuman dingin dari gerai kopi terkenal. Wajahnya berpoles sebuah masker bewarna hijau. Sebuah caption di samping foto itu adalah …’Hulk versi cewek.’ Aku melihat foto itu langsung tersenyum geli. Percaya diri sekali orang ini… memasang foto seperti ini di Instagram. Dan kenapa Ibu mengirim foto ini kepadaku? Sebegitu menyedihkanyakah aku… ibu tahu, aku pasti akan tertawa melihat ini. Ibu menilai hidupku sangat suram karena kurang tertawa.

Aku membuka file pertama video yang dikirim ibu. Perempuan yang sama, kali ini bebas dari masker berwarna hijau. Ia mengenakan jeans dan blouse putih dengan rambut dikuncir ke atas. Ia sedang berdiri di atas podium, ia sedang membuka sebuah acara. Seorang gadis yang sangat percaya diri dan memang terlihat aktif di kehidupan organisasi kampus.

File kedua berisi sebuah video perempuan bernama Fay dengan close up. Ia seperti sedang bermonolog, entah untuk seru-seruan atau sebuah  challenge, yang jelas aku mendengar sorakan banyak orang dari belakangnya. ‘Hai calon jodohku nun jauh di sana… tolong kau nanti jangan melarangku menonton konser babang GD ya… sudah cukup aku tak diijinkan dengan si Papi… aku mau cepet-cepet nikah aja deh sama kamu.. biar diijinin liat konser BigBang.’ Ucapnya dengan wajah memelas, wajahnya memang manis dan memiliki raut wajah yang lucu. Ada beberapa suara di belakangnya, yang berteriak.. 'kau selalu tak memiliki pacar… siapa yang mau jadi jodohmu Faiza?' Ia mencebik dengan mulut yang lucu,  ‘Ih.. Fay. jangan sebut nama panjangku. Lagian jaman sekarang pria itu lebih suka yang orisinil. Segel. Asli. Bukan barang second!’ Ucapnya lagi. Lalu video berhenti.

Suara panggilan pesawatku datang. Aku mematikan ponselku dan berjalan menuju koridor yang akan membawaku menuju pesawat Garuda Indonesia. Selamat tinggal Jakarta, sampai jumpa lagi minggu depan. Batinku dan masuk ke dalam burung besi gagah itu.

Komen (1)
goodnovel comment avatar
Sitiwaniza Siti
betul tidak semua perempuan itujahat hanya sebilangan sahaja
LIHAT SEMUA KOMENTAR

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status