Share

The Murder of The Grapefruit Pie Act 2

Sesuai dengan apa yang Lucius ucapkan kepada Lumiere, Keluarga Wysteria yang hanya terdiri dari Lucius, Lumiere, dan Lucian mengunjungi kediaman Baron Rogue. sang Baron yang merupakan penguasa tanah Durham ini mengundang mereka dalam rangka menyambut kepindahan mereka di kota ini, hal tersebut merupakan sudah menjadi tradisi tambahan bagi para bangsawan untuk menyambut sesamanya (dalam artian, sama-sama seorang bangsawan) saat mengunjungi wilayah kekuasaan mereka.

Kediaman Baron Rogue terlihat sedikit lebih kecil daripada kediaman mereka di Kota Durham. Letaknya pun cukup jauh dari pusat kota dan menyendiri. Maksudnya, tidak ada satupun tetangga  di sini. Seolah-olah Sang Baron menjauhkan dirinya dari pergaulan di pusat kota. Karena Baron Rogue memandang rakyat Durham sebagai orang rendahan yang setara dengan ternak.

"Mungkin ini tidak semewah makan malam di London. Tapi, silahkan dinikmati!"

Suasana di meja makan pada malam itu cukup tenang. Makanan yang dihidangkan di meja juga sedikit lumayan banyak dan terlihat lezat. Cukup mampu membangkitkan selera makan Lumiere yang menahan lapar sejak tadi sore karena kabar bahwa mereka mendapatkan undangan makan malam.

Walaupun sudah kelaparan. Sebagai seorang wanita, Lumiere tidak bisa mendahului untuk memakannya begitu saja jika ada seorang pria di meja makan. Dan sialnya, Baron Rogue sibuk mengobrol dengan kakaknya. Tanpa berniat memulai acara makan malam dan hanya meminum segelas air putih.

"Terima kasih sudah mengadakan pesta penyambutan untuk kami, Baron Rogue." Lucius berujar dengan mata yang melirik Lumiere yang terlihat sedang menyembunyikan ketidaksabarannya untuk menyantap daging steak di hadapannya.

"Tidak kok!" Sang Baron berujar sembari tersenyum senang, "Sebagai sesama penguasa Durham, bukankah lebih baik kalau kita bisa akrab?"

Lucius hanya tersenyum tipis. Mulai mengambil garpu serta pisau untuk memakan daging steak yang terhidang di hadapannya. Begitu sepotong daging berwarna coklat itu masuk ke dalam mulutnya, Lucius kembali melirik pada Lumiere yang mulai menikmati makan malamnya. Kepala Keluarga Wysteria itu tersenyum, cukup senang melihat sang adik terlihat bahagia.

"Belakangan ini saya tidak ada teman mengobrol karena tidak bisa bepergian jauh," ujar Baron Rogue dengan senyuman ramahnya dan kemudian melahap sepotong daging domba tersebut.

Lucius meletakkan garpu dan pisaunya lalu mengambil segelas anggur untuk ia minum, "Baron, silahkan."

"Ah, maaf. Aku memiliki riwayat penyakit hipertensi dan arteri koroner, jadi saya dilarang minum anggur oleh dokter pribadi saya," tolak Baron Rogue  seraya melirik ke sudut ruang makan ini di mana berdiri seorang dokter yang menatap Sang Baron cukup tajam, "Tuh, saya dipelototi terus sedari tadi."

"Saya bersyukur tentang pengetahuan di bidang kedokteran tidak hilang seperti teknologi karena perang dunia ketiga. Para dokter bisa mengetahui berbagai macam penyakit beserta obatnya." Baron Rogue melanjutkan ucapannya.

"Saya tidak bisa membayangkan kalau ilmu kedokteran juga ikut hilang," ujar Lucian menatap ramah Baron Rogue yang mengangguk setuju.

Baron Rogue menolehkan kepalanya untuk menatap Lucius yang kembali meminum anggurnya, "Tapi, Anda masih sangat muda ya?"

"Ah. Biarkan saya memperkenalkan diri lagi. Nama saya Lucius Crowe Wysteria..." ujar Lucius terdiam untuk beberapa, matanya bergulir menatap gelas anggur yang berada di tangannya. Di mata Baron Rogue, Lucius terlihat sedikit emosional saat akan melanjutkan ucapannya, "... orang tua kami meninggal saat terjadi kebakaran hebat di kediaman kami saat kami masih kecil. Karenanya, saya mewarisi gelar kebangsawanan dan aset keluarga di usia muda. Sangat jarang bukan seorang bangsawan menjadi kepala keluarga di usia muda, dan bahkan menjabatnya sebelum menginjak usia kedewasaan."

"Saya turut prihatin," ujar Baron Rogue dengan wajah tidak enaknya. Merasa bersalah karena sudah membuat seseorang membuka luka lamanya.

Lucius menatap sekilas Baron Rogue untuk memberikan senyumannya, "Tidak masalah. Lagi pula, saya sudah bangkit dari masa keterpurukan saya karena ditinggalkan oleh orang tua."

Mendengar ucapan tersebut, Lumiere menahan tawanya yang membuat Lucian menyenggol sikunya untuk menjaga sikap.

"Maaf," bisik Lumiere saat melihat tatapan tajam yang diberikan oleh adik bungsunya.

"Saya bekerja sebagai Kolonel Angkatan Darat di London. Tapi, sedang cuti untuk membantu para adik yang pindah ke sini." Lucius kembali melanjutkan penjelasannya mengenai Keluarga Wysteria kepada Baron Rogue, "Ini putri sulung sekaligus anak kedua, Lumiere Crowe Wysteria. Dia dosen matematika di Universitas Durham."

Lumiere tersenyum ramah dan sedikit menundukkan kepalanya, memberi salam hormat kepada Baron Rogue yang saat ini sedang menatapnya.

"Lalu, ini putra kedua sekaligus anak ketiga. Lucian Crowe Wysteria. Dia menggantikanku mengurus rumah dan administrasi wilayah kekuasaan," tambah Lucius seraya menatap Lucian yang tersenyum ramah, "Ah. Untuk Lumiere, dia mempunyai pekerjaan sampingan sebagai konsultan. Kalau Baron punya masalah, silahkan ceritakan saja kepadanya.”

"Hoo... begitu ya. Saya jadi terbantu! Kalau begitu, saya sedang butuh saran Anda. Lady Wysteria," ujar Baron Rogue seraya menatap Lumiere yang menghentikan acara makan daging steak nya untuk mendengarkan keluhan si pria tua tersebut.

"Silahkan," sahut Lumiere seraya memasang senyuman ramah khas miliknya.

"Tidak terlalu merepotkan kok. 15 tahun yang lalu, istriku meninggal tanpa meninggalkan anak."

Ekspresi Lumiere tampak sedikit mengeras. Keluhan Tuan Baron memang terdengar tidak begitu memusingkan. Hanya saja, topik yang dikeluhkannya mengetuk pintu hatinya sebagai perempuan.

'Meninggal tanpa meninggalkan anak'. Bagi Lumiere, kalimat tersebut seolah-olah menyalahkan Nyonya Rogue karena mati tanpa melahirkan anak untuk dijadikan pewaris. Jika ditelaah lebih dalam lagi. Wanita di mata pria hanyalah alat untuk menghasilkan keturunan.

Bagaimana tidak? Memperbanyak keturunan memang bagus bagi kelangsungan hidup ras manusia. Hanya saja, bangsawan pada era ini menganggap keturunan adalah hal yang harus mereka dapatkan setelah menikah.

Anak sulung pria akan dijadikan ahli waris. Anak kedua pria akan diberi gelar Count ataupun Baron dan diberi modal usaha. Sedangkan untuk anak perempuan. Baik itu sulung ataupun bungsu, mereka hanya dijadikan pion dalam politik. Hal apalagi kalau bukan pernikahan politik?

Putri dari keluarga Duke, Marquess, dan Earl bisa mencalonkan diri sebagai putri mahkota. Sedangkan Count, Viscount, dan Baron hanya bisa mengajukan permintaan politik kepada sesama ataupun kepada keluarga yang memiliki gelar di atas mereka. Selain itu, wanita bangsawan tidak dianjurkan bekerja ataupun bersekolah di sekolah campuran. Para wanita dituntut untuk belajar menjadi seorang istri yang baik. Merajut, mengatur keuangan, dan bagaimana menyenangkan suami di atas ranjang.

Lumiere sendiri mendadak melupakannya. Ia hanya fokus terhadap kesenjangan sosial antara si bangsawan dan di rakyat jelata. Tidak memikirkan bahwa ada juga kesenjangan di antara pria dan wanita. Di dalam hatinya. Lumiere merasa bersyukur karena ia tidak dikekang oleh aturan-aturan kuno yang kebanyakan membuat para wanita tidak bergerak secara bebas.

"Masalah pewaris, ya?" tanya Lumiere memandang sendu daging steak di hadapannya tersebut.

"Benar sekali! Saya juga tidak punya kerabat. Jadi, bisakah Anda bantu mencarikan kerabat jauh dari istriku?"

"Begitu ya? Maaf sekali saya tidak bisa membantu. Untuk mencari orang, sepertinya akan lebih cepat kalau meminta bantuan pada detektif," jawab Lumiere merasa tidak enak karena tidak bisa membantu menyelesaikan masalah yang dialami Baron Rogue.

"Detektif..."

Lumiere mengangguk tanpa melunturkan senyumannya, "Sekali lagi saya minta maaf karena tidak bisa membantu."

"Tidak. Saya juga baru menyadari dan menurut saya, apa yang Anda ucapkan tentang detektif merupakan sebuah saran bagi saya. Terima kasih atas sarannya, Lady Wysteria."

Lumiere mengangguk paham dan kemudian memandang sang Baron dengan tatapan datar namun memancarkan aura ketenangan, "Bicara tentang wilayah... Anda menarik harga yang tinggi dari para buruh tani di kota ini, ya?"

Baron Rogue tampak tertawa sebentar sebelum kemudian berujar, "Tentu saja! Penghasilan utama kaum bangsawan memang dari sana, bukan?"

Terdapat perubahan pada ekspresi wajah Lucian begitu mendengarnya. Sementara Lucius dan Lumiere tampak tidak menunjukkan reaksi apa pun.

"Biarpun di kampung. Tapi, kalau sudah waktunya Aseason Salon pengeluarannya tidak main-main. Gaji pelayan juga tidaklah murah. Belum lagi keperluan-keperluan mendadak yang kemunculannya seperti nama belakangnya," Lanjut Baron Rogue kemudian meminum segelas air putih.

Aseason Salon merupakan sebuah musim di mana acara-acara sosialisasi kaum bangsawan dilaksanakan. Banyak pesta dansa serta pesta minum teh diadakan. Musim ini juga menjadi ajang debut para gadis yang baru menginjak usia dewasa. Serta ajang pamer kekayaan tiap keluarga.

Dan Lucian tahu, betapa banyaknya uang yang harus mereka keluarkan saat musim itu tiba. Pasalnya, menggelar satu pesta saja tidaklah cukup. Dalam satu minggu, mengadakan pesta minum teh haruslah lebih dari dua kali. Kurang dari itu, harga diri sebuah keluarga akan turun.

"Tidak ada pilihan lain supaya bisa menjaga hidup kita yang sekarang. Banyak uang, makan sepuasnya, tidur dengan nyaman..."

Lucian mengernyit, sedikit tidak suka dengan ucapan yang Baron Rogue keluarkan dari mulut tuanya tersebut. Hidup senang di atas penderitaan orang lain, maksudnya begitu?

"...Toh, bisa dibilang. Mereka semua itu hewan ternak negara kita!"

TAK!

Dengan ekspresi wajah tenang, Lucius meletakkan gelas anggurnya cukup keras ke meja. Mengundang perhatian dari ketiga pria yang satu meja dengannya.

"Begitu ya... kami selalu berpindah-pindah. Dan di mana pun itu, bangsawan tetap sama saja," ujar Lucius tenang namun sejujurnya kalimatnya tersebut menusuk di hati. Namun, sepertinya Baron Rogue tidak menyadari kalimat menusuk tersebut yang sebetulnya ditujukan pada keserakahannya.

"Saya juga tahu, betapa banyak pengeluaran saat Aseason salon itu. Tapi, karena kami hanya ada bertiga. Pengeluaran kami bisa dibilang sedikit dan cukup tidak membuat pusing saat musim itu tiba," ujar Lucian setelah puluhan menit ia menjadi pendengar saja.

"Karena itu, kami bermaksud menurunkan harga sewa tanah kami," imbuh Lucius yang membuat Baron Rogue yang hendak melahap potongan dagingnya menghentikan kegiatannya tersebut.

BRAK!

Lucian dan Lumiere cukup terkejut namun mereka masih bisa mengontrol ekspresinya saat Baron Rogue menggebrak meja makan cukup keras. Merefleksikan keterkejutannya atas pernyataan yang di buat oleh Lucius.

"Earl, itu tidak boleh!" sentak Baron Rogue dengan ekspresi tidak terima terpasang di wajah keriputnya.

Lucius melirik sekilas kepada Baron Rogue lalu bertanya, "Kenapa? Apa alasannya saya tidak diperbolehkan melakukan hal tersebut?"

"Kalau Anda melakukan itu, petani di wilayahku tidak akan tinggal dia! Mereka akan meminta kepadaku untuk menurunkan harga sewa tanah dan pajaknya! Di dunia ini itu perlu yang namanya keseimbangan!" jawab Baron Rogue dengan suara yang meninggi.

"Tuan Baron. Selama kita hidup mewah, para penduduk di wilayah kekuasaan kita berusaha berhemat. Mereka membagi hasil kerja keras mereka dengan seperempat dari total penghasilan yang mereka dapatkan. Bukankah itu ketidakseimbangan?" tanya Lumiere seraya menatap tenang namun menusuk pada Baron Rogue yang tampaknya tak bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Suasana setelahnya semakin panas. Semenjak Lumiere mulai menunjukkan sikap menentangnya, baik Baron Rogue maupun kedua saudara laki-lakinya itu sama-sama terdiam. Bahkan, Lucian berkali-kali memberi kode pada kakak sulungnya tersebut untuk menghentikan Lumiere.

"Tuan Baron, terima kasih atas pesta penyambutannya. Malam semakin larut, kami mau pamit undur diri dulu." Lucius berujar setelah memahami salah satu kode yang diberikan oleh sang Adik bungsu.

Perhatian Baron mulai teralih, ekspresi ramah kembali terpasang di wajah penuh keriputnya. Bukan hal yang aneh lagi jika sesama bangsawan saling menjilat.

"Tidak masalah. Justru saya ingin meminta maaf karena sudah menyita waktu Anda sekalian," balas Baron Rogue seraya melirik kepada kepala pelayannya untuk mengantarkan kepulangan Keluarga Wysteria tersebut.

"Baron," panggil Lumiere saat mereka bersiap-siap untuk meninggalkan kediaman ini.

Sang Baron menatap Lumiere yang berekspresi datar, "Lupa diri karena kelas sosial, kita bisa dimakan oleh ternak, lho." Setelah mengatakan itu, Lumiere memberikan senyuman manisnya dan kemudian beranjak dari duduknya.

Baron tampak terdiam. Bahkan membiarkan ketiga anggota Keluarga Wysteria itu pulang dengan diantar oleh kepala pelayannya, "Dasar! Mereka itu dididik seperti apa sih? Dia bilang, bangsawan dimakan kelas bawah? Cih! Kita ini dilindungi oleh hukum negara ini!"

***

"Kalian sudah bekerja keras," ujar Lucian dengan senyuman canggungnya saat mereka sudah menaiki kereta kuda.

Lucian terpaksa mengucapkan kalimat tersebut karena suasana di dalam kereta kuda ini benar-benar menyesakkan. Putra bungsu Keluarga Wysteria itu bukan bermaksud ia tidak ikhlas mengucapkannya. Hanya saja ia sudah tidak kuat menghadapi suasana sesak yang diciptakan oleh kedua kakaknya tersebut.

Lucius yang duduk di hadapan kedua adiknya tersebut melirik kepada Lucian dan kemudian menarik nafasnya pelan, "Maaf, Lucian. Maaf sudah membuat suasana tidak nyaman di dalam kereta setelah makan malam."

"Tidak apa-apa kak! Saya tahu perasaan kakak campur aduk setelah mendengar perkataan Tuan Baron," ujar Lucian menggelengkan kepalanya pelan lalu menatap Lumiere, "Sebenarnya aku takjub pada Kak Lumiere."

Karena namanya disebut, Lumiere tersadar dari pikirannya dan menatap bingung pada Lucian yang tersenyum lembut, "Memangnya, hal apa yang sampai membuatmu takjub, Lucian?"

"Kak Lumiere sangat sempurna dalam mengatur emosi kakak! Kakak benar-benar terlihat tenang ketika beradu argumen sebelum kita pulang tadi," jawab Lucian membuka lebar kedua tangannya dan memeluk erat kakak perempuannya tersebut.

Lumiere hanya tertawa kecil untuk menanggapi tingkah Lucian yang seperti anak kecil. Sementara Lucius, pemuda itu hanya tersenyum menahan gemas melihat interaksi kedua adiknya tersebut.

"Aku ingin cepat-cepat memberi hukuman pada Tuan Baron."

***

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status