Share

⁴ | Putri yang Enggan Pulang

Malam harinya benar saja. Baik Anthony, Richard, maupun Louis pulang ke rumah untuk makan malam bersama. Sayang sekali Celestine belum tampak keberadaannya di sekitar meja makan membuat Louis semakin jengkel dengan sosok Joseph Stefar si bajingan nyaris miskin. Namun, ia tak bermaksud menghancurkan malam pertamanya di Newcastle dengan berteriak memaki-maki nama Joseph Stefar di meja makannya. Ia memilih untuk diam seolah menikmati makan malamnya. Bahkan ketika adiknya, Virginia Wistletone, menawarinya segelas wine, ia hanya mengangguk tak menjawab ya atau tidak. Rasanya makan malam, malam itu, begitu sepi tak ada topik yang bisa dibicarakan.

Tapi setelah Richard Wistletone meneguk segelas winenya, ia berkata, "Seharusnya kita bersulang untuk kepulangan Louis!" Dan semua yang duduk di sana tersenyum mendengar ucapan Richard. Sebaliknya hanya Louis yang tampak begitu murung malam itu.

"Ada apa, Nak?" tanya ayahnya itu ketika tangannya masih memainkan garpu di atas piring tanpa menimbulkan bunyi yang keras sehingga tak menganggu siapa pun yang duduk di sana. Melihat putranya masih terdiam, Richard memilih untuk meneguk segelas wine lainnya. "Katakan saja," tambahnya tapi Louis tetap terdiam seolah bibirnya terjahit sehingga tak ada celah bagi katanya untuk menyelinap keluar melalui mulutnya.

Pria itu merasa khawatir dengan putranya yang tak tampak bahagia ketika pulang dari sekolah militernya. Kedua tangannya itu bertautan menatap Louis yang masih memandangi hidangan makan malamnya tanpa berpaling objek.

Anthony melanjutkan makan malamnya setelah menggeleng, sedangkan Virginia dan Fantine Wistletone menatap Louis seperti yang dilakukan Richard. Namun, hening, hanya hening yang diberikan Louis untuk menjawab pertanyaan ayahnya. Sedangkan Anthony sesekali melirik sekitarnya dari sudut matanya seraya mengunyah sepotong daging segar yang dilumuri saus yang baru saja diulapnya dari sudut bibirnya, karena terpeleset ketika akan masuk ke dalam mulut dan bertemu dengan lidahnya. Namun, tiba-tiba saja tangan Louis yang mengepal memukul keras wajah meja makan yang tersisa di samping piringnya membuat ibunya terkejut.

"Sialan! Ke mana Joseph membawa Celestine pergi?!" Mungkin pria itu sudah cukup bersabar menunggu kepulangan Celestine yang tak kunjung dijumpainya dan ia merasa sedikit khawatir karena Celestine pergi dengan seseorang seperti Joseph Stefar. "Kenapa tak ada yang menjemputnya pulang?" Seketika Richard dan Fantine menundukkan kepalanya membiarkan Virginia mengelap sudut bibirnya dan Anthony meneguk segelas winenya. "Pap? Ma?" Dengan begitu Richard dan Fantine kembali mengangkat wajahnya menatap putranya.

"Dia—"

Sebelum Fantine meneruskan kalimatnya Anthony sudah dulu memotongnya. "Dia tinggal bersama Joseph sekarang."

Jelas sekali pernyataan itu membuatnya terkejut bukan main. Bagaimana bisa kakaknya sekarang tinggal dengan seorang Joseph Stefar? Nafsu makannya hilang seketika sehingga Louis bangkit dari kursinya dengan kasar membuat ibunya berusaha menenangkannya, tapi terlambat. Louis sudah berlari keluar menarik kunci mobil dari gantungan dan segera mengendarai mobilnya dengan kecepatan yang agak tinggi menyisir pinggiran Newcastle untuk menemukan kediaman Joseph Stefar.

Mendekati lingkungan rumah keluarga Stefar, rumahnya masih tetap besar seperti dulu. Louis sedikit merasa heran, bagaimana bisa rumahnya tetap selamat meskipun usahanya sudah diambang kehancuran? Bahkan ketika Louis keluar dari mobilnya dan mengetuk pintu rumahnya, masih ada pelayan yang tersisa untuk membukakan pintu untuknya. Setelah memberi tahu maksudnya datang kemari, pelayan itu menghilang sekejap untuk memanggilkan Celestine Wistletone yang mungkin juga sedang makan malam.

Selagi menunggu kemunculan kakaknya itu, ia tak bisa berhenti berjalan mondar-mandir di depan pintu karena menolak untuk masuk tadi. Dan ketika kakaknya itu keluar, bola matanya melebar terkejut melihat sosok Louis di hadapannya.

"Louie?" panggilnya lalu memeluk pria itu erat sekali. "Aku sangat merindukanmu," tambahnya ketika kedua lengannya masih melilit tubuh Louis yang agak lebih besar dari sebelumnya.

"Aku juga, Celestine." Dan Louis pun menarik dirinya menjauh untuk menatap senyuman yang sama seperti empat tahun silam atau sebelumnya milik Celestine Wistletone. "Oleh karena itu, aku di sini untuk menemuimu."

Celestine mengelus pipi adiknya itu sekilas lalu memandanginya takjub. Celestine tampak baik-baik saja di mata Louis. Ia membayangkan wanita itu sudah memakai baju compang-camping sebab Joseph tak mampu membelikannya baju karena usahanya terancam bangkrut dan kakaknya pun harus menjual baju-baju bagusnya untuk membantu kekasihnya yang brengsek itu.

"Celestine," panggil Louis dengan lembut membuat kakaknya kini menatap mata birunya yang tampak bercahaya karena lampu di atasnya. "Aku ke sini untuk menjemputmu." Senyuman Celestine agak tertahankan kala itu sehingga beberapa kerutan singgah di dahi Louis mengungkapkan perasaan bertanya-tanyanya yang terhapus karena kalimat, "Ayo pulang bersamaku. Aku juga sudah pulang sekarang. Aku khawatir sesuatu terjadi padamu jika kau bersama Joseph."

Tapi wanita itu menggeleng pelan dan berusaha menyingkirkan pagar yang membatasi sudut bibirnya agar bisa ditarik lebih tinggi lagi. "Tidak Lou, aku tak bisa. Aku harus tinggal di sini selama yang kubisa sampai kami membeli rumah kami sendiri."

Kedua alis Louis hampir bertautan ketika mendengar ucapan kakaknya itu.

"Apa maksudmu? Kau jangan bercanda, Celestine. Joseph tak akan membelikanmu rumah karena dia tak akan mampu dan dia tak akan mendapatkanmu. Setidaknya selagi aku mampu menahannya untuk tetap enam kaki jauhnya darimu atau enam kaki di bawah tempatmu berdiri." Louis mengakhirinya dengan senyuman singkat yang justru membuat Celestine menatapnya nanar ingin segera menarik diri dari adiknya itu. Namun, ia tak mampu karena Louis memegangi lengannya lebih keras ketika senyuman pria itu memudar seperti cat di pagar rumah keluarga Stefar yang mulai digantikan warna karat. "Kau tak benar-benar mencintainya, 'kan? Celestine? Karena cinta tidak nyata."

Begitulah akhirnya Celestine menemukan alasan untuk menarik tubuhnya menjauh dan menyingkirkan tangan Louis dari lengannya sehingga ia bisa membuat jarak antara keduanya ketika bulan memilih bersembunyi di balik awan malam tak sanggup menyaksikan pertengkaran keduanya yang tampaknya akan terjadi.

Wanita itu menundukkan kepalanya dalam-dalam seraya memeluk tubuhnya sendiri dengan erat tak membiarkan angin malam itu meniupi kulitnya di balik jaket wol berwarna maroon kegemarannya.

"Celestine?" Sepasang kaki Louis mendekat, tetapi langkahnya terhenti bersamaan dengan Celestine yang mengangkat kepalanya untuk menatap Louis dengan birunya yang menggelap.

Wanita itu menatap Louis dalam seolah kini ia merasa tubuhnya tenggelam dalam birunya yang gelap seperti lautan dalam. "Aku tak akan meninggalkan Joseph, Louie. Kami saling mencintai. Namun, sulit sekali bagi kalian memberikan satu detik untuk menatap kami bersama tanpa cemoohan dalam batin kalian. Aku hanya harus membuktikan bahwa Joseph itu pria yang pantas untukku."

Urat-urat di pelipis Louis seketika bermunculan menembus kulit putihnya. Wajahnya berubah menjadi jengkel dan tangannya sudah menggenggam siap melemparkan tinjunya kepada siapa saja. Jikalau di sini ada Joseph, mungkin Joseph adalah objek yang sesuai sebagai pelampiasan amarahnya.

"Kau ini kenapa, Celestine?! Tidakkah kau tahu Joseph tak baik untukmu?! Dia tak pantas mendapatkanmu! Dia itu brengsek!"

Sebentar saja kedua bola mata biru Celestine yang lebih cerah dari milik Louis berkilau karena air mata dan dengan penuh harap sedikit pengertian adiknya, ia berkata, "Tidak, Lou. Dia tak seperti yang kau pikir. Kukatakan, aku hanya harus mem—"

"Tutte quelle stronzate (semua itu omong kosong), Celestine!" selaknya memotong ucapan Celestine membuat wanita itu terdiam seketika dan Louis mencoba mendekat setelah menghembuskan nafasnya lalu kembali menggenggam kedua lengan atas Celestine. Dalam intonasi yang lebih rendah, ia berkata, "Tidak bisakah kau melihat sisi buruk seseorang dan berhenti beranggapan semua orang itu baik seperti yang kau harapkan? Joseph hanya memanfaatkanmu. Dia tak benar-benar mencintaimu. Dia menginginkan uangmu, uang kita, uang pap." Tapi Celestine menarik tubuhnya menjauh dari Louis dengan matanya yang berkaca-kaca. Pria itu mendekat dan menarik bahu kakaknya agar berhadapan langsung dengannya. "Kau harus meninggalkannya, Celestine."

"Aku tak bisa, Louie!" Kini Celestine membalasnya dengan nada tinggi amarahnya dan matanya sudah berair parah. Louis sudah mengatakan berkali-kali soal keburukan Joseph. Namun, Celestine bergumam, "Aku memiliki putri sekarang," yang membuat bibir pria itu terkatup tak tahu harus mengatakan apa setelahnya. "Aku memiliki putri dengannya. Seorang putri yang sangat cantik dan lemah. Namanya Abigail." Matanya masih berair dan setetes air mata baru saja menembus pelupuknya dan jatuh melewati pipi hingga turun ke bawah mengikuti gravitasi. "Kau harus melihatnya, Louie. Dia cantik sekali."

Louis justru menarik tubuh kakaknya itu ke dalam pelukannya dan mencium rambutnya sekilas. Seolah berita yang seharusnya tak pernah hadir di dunia mengetuk gendang telinga, hanya simpati dan kekecewaan yang Louis sisipkan sepanjang waktu ia memutuskan pergi untuk pendidikannya di akademi. Sebab ia tahu, Joseph Stefar tak akan menjamin kehidupan kakaknya sedangkan hal ini, begitulah tak terhindarkan sekarang.

Bab terkait

Bab terbaru

DMCA.com Protection Status